Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
226
Lapor Hansip
04-12-2021 07:54

4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Sinetron. Apa yang terlintas di benak agan ketika mendengar kata tersebut? Tentu saja adalah tayangan stripping setiap hari tanpa jeda, tanpa alur yang jelas, tanpa plot terencana, dan bahkan asal ada orang gerak dan berdialog di frame maka masyarakat kita pasti akan menontonnya. Ya, tak usah bersusah payah bikin cerita bagus ataupun budget besar untuk mencari cuan dengan sinetron tv. Cukup bikin adegan dan cerita ngasal maka rating pun tinggi.

Tapi tahukah agan, dibalik semua kelucuan sinetron Indonesia ternyata ada beberapa hal yang memang seolah menghina kecerdasan penontonnya? Ada banyak sih, tapi ane akan membahas beberapa di antaranya saja gan.

1. Polisi Menangkap Tersangka Pakai Seragam
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Polisi macam apa yang memburu buronan, penjahat atau tersangka dengan memakai seragam dinas? Yang ada karena penampilannya mencolok para tersangka akan sadar dan kabur duluan. Sering sekali kita lihat adegan polisi menangkap tokoh jahat dalam sinetron dengan memakai seragam. Kalau di aslinya polisi yang menangkap para pelaku kriminal jelas adalah divisi reskrim yang selalu menggunakan pakaian preman.

Ciri khas dialognya dalan adalah "Anda kami tahan!"

2. Iklan Masuk dalam Cerita
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
Iklan zaman sekarang memang sangat brutal dalam mempromosikan produknya termasuk ikut masuk dalam adegan cerita. Suasana sinetron mendadak berubah ketika iklan sudah masuk ke dalam cerita. Si antagonis bahkan mendadak jadi baik ketika mempromosikan produk yang sudah membayarnya.

Ini jelas menghina kecerdasan penonton karena promosinya begitu brutal dan sangat memaksakan sekali. Oh iya, sodara ane kan suka nonton sinetron Kian Santang dan sinetron itu settingnya zaman dulu. Adegannya ada karakter yang makan mie instan dan camilan masa kini. emoticon-Ngakak (S).

3. Adegan Rumah Sakit yang Tak Masuk Akal
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
Ingat salah satu ciri khas sinetron Indonesia? Ya, hampir selalu ada adegan di rumah sakit. Anehnya adegannya selalu konyol, mulai dari kepala yang selalu diperban walaupun penyakitnya bukan di kepala, sampai peran dokter yang selalu terlihat bodoh dan nyaris tidak berguna. Ya mungkin pemeran dokternya adalah aktor yang kurang piawai, tapi nggak kayak gitu juga kali.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin." emoticon-Ngakak

4. Episode Ribuan, Cerita Entah kemana
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Ciri khas sinetron Indonesia adalah ketika rating naik maka sampai kapan pun tidak akan pernah tamat. Ketika rating turun dan anjlok maka segera ditamatkan. Maka, jangan heran kalau ceritanya tak punya muara yang jelas. Para pembuatnya seolah merendahkan kecerdasan penontonnya dengan cerita yang semakin tidak jelas dan tak karuan.

Nah, ada lagi gan yang mau nambahin? emoticon-Ngakak

Quote:Referensi:
https://www.kompasiana.com/muhammads...etron-indonesi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
makgendhis dan 45 lainnya memberi reputasi
46
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
0 Anggota • 905.9K Threads
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 11:01
ane merindukan serial2 tv lolal yg sebagus semacam serial SDAS, lupus, cerita cinta, Lika liku laki2, dsb nya.... gan.......... emoticon-Frown
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
badbironk dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus geek
04-12-2021 11:50


Itu Film tahun berapa dan seberapa banyak yang memiliki televisi tahun itu...
1
profile picture
kaskus geek
04-12-2021 12:19
Udh d pastikan ente udh tua
1
profile picture
aktivis kaskus
04-12-2021 17:02
Lupus bikinnya mahal dan episodenya sedikit gan, ga cocok lah sama stasiun tipi yg pengen masukin iklan sebanyak-banyaknyaemoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus freak
04-12-2021 17:15
@carozzeria


Saat serial tv LUPus msh diperankan ama sepasang aktor aktris utama spt diatas, critanya masih bgs bngt.... Tp .... Entah kenapa, tiba2 peran ke2 aktor aktris utama nya yg sdh sekeren itu..... di ganti ama pemain2 yg lain secara tiba2.... Sehabis itu critanya lngasung terjun bebas tuk tenggelam ke palung laut, gan......ane segera cabut, gak prnah nonton lg........... emoticon-Mewek
0
profile picture
aktivis kaskus
04-12-2021 17:30
@yoseful Wah kayanya yg lu tonton lebih tua dari yg gw tonton ya gan, gw kalo ga salah pernah nonton yg tahun 2000an pas masih kelas 1 apa 2 sdemoticon-Ngakak

Setelah cek wiki kayanya yg gw tonton lupus milenia deh, soalnya gw inget ada NAIF nya.
2
profile picture
kaskus freak
04-12-2021 17:41
@carozzeria

Iya lah.... Yg ane tonton itu serial tv lupus yg versi awal bngt, gan..... Sdh bagus2 alur crita nya, eh tiba2 di reboot semua crita nya beserta aktor dan aktris utama nya..... Wadehel tuh stasiun tv nasional nya ybs, gan..... emoticon-Frown
0
profile picture
aktivis kaskus
04-12-2021 18:03
@yoseful Wah jaman segitu gw masuk sd aja belum gan, lu tahun 90an udah jadi anak smp/sma nih pasti.
1
profile picture
kaskus freak
04-12-2021 18:17
0
profile picture
aktivis kaskus
04-12-2021 18:24
@yoseful Wah iya bener ada yusup bin sanusiemoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
04-12-2021 21:09
Lupus tu ada bukunya ya kan om?
Ali topan dulu sempet denger tp gatau deh tu bagus pa nggak
2
profile picture
aktivis kaskus
04-12-2021 21:16
@mr.pintar Lupus ada bukunya gan, dulu gw sering baca di perpus jaman SD. Ceritanya enak ringan. Jadi bisa bayangin jadi remaja di era 80 dan 90an. Satu buku itu isinya kumpulan cerpen jadi rasanya pas baca ya kaya baca komik slice of life.

Ali topan dulu sering denger cuma ga pernah nonton, malahan gw pernahnya nonton mandragade 1 episode kalo ga salahemoticon-Ngakak

3
profile picture
kaskus addict
04-12-2021 21:19
@carozzeria nah kan bener ada...soalnya dlu guwa kalo ke tokbuk pasti tu buku ada tuh entah bes seller ato gimana gatau jg soalnya gw cuma beli buwat koleksi doramemon ajaemoticon-Ngakak
Njirrr tu monyong lebi populer dr si ali gra2 nyomongnya tuemoticon-Leh Uga
2
profile picture
kaskus geek
04-12-2021 21:32
@yoseful @carozzeria saya juga tahunya lupus melenia, sama olga sepatu roda.
2
profile picture
kaskuser
04-12-2021 23:34
Lupus dan Olga sama2 diangkat dari serial buku saku yg pada awalnya tampil sbg cerita seri di majalah remaja mingguan HAI (udah alm kali ya tu majalah?)
1
profile picture
kaskus freak
04-12-2021 23:42
@akudanme

Ah..... Majalah hai..... Majalah kawula muda pd saat itu..... Lalu majalah kawanku....... emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
05-12-2021 01:28
@yoseful @akudanme vacaan gw pas diperpus dolo emoticon-Cool
1
profile picture
kaskus addict
06-12-2021 12:36
haha Lika Liku Laki Laki, hampir lupa sama yang satu ini gan.
thanks udah ngingetin
1
profile picture
kaskus maniac
07-12-2021 13:59
[mention]Cekidot![/mention] yg bulenya namanya Jurek Blezinsky
1
profile picture
07-12-2021 14:30
Kasian anak jaman now ga tau betapa pelit papinya Lupus emoticon-Ngakak
1
profile picture
aktivis kaskus
07-12-2021 15:42
@bulumata.tanpak yg lahir tahun 90an aja ga banyak yg tauemoticon-Ngakak
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia