Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
12
Lapor Hansip
01-12-2021 13:52

Hari AIDS Sedunia, Begini Pola Hidup Sehat Penderita HIV agar Panjang Umur


Hari AIDS Sedunia, Begini Pola Hidup Sehat Penderita HIV agar Panjang Umur

Setiap tanggal 1 Desember, dunia memperingati Hari 
HIV/AIDS . Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat soal virus tersebut.

Sampai saat ini, virus HIV/AIDS masih dianggap tabu oleh sebagian orang. Mereka cenderung menjauhi penderitanya, bukan penyakitnya. Untuk itu, di Hari Aids Sedunia ini, diharapkan bisa meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap pasien yang mengidap virus tersebut.

Dilansir dari Alodokter, HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Orang yang terdiagnosis virus tersebut tentu harus ekstra hati-hati menjaga pola hidupnya. Sebab, kondisi mereka sangat berisiko untuk bisa terpapar penyakit lain dan bisa menyebabkan komplikasi.

Namun, terinfeksi HIV/AIDS bukanlah akhir dari segalanya. Kamu tetap bisa hidup layaknya orang lain dengan sehat dan bugar, asalkan melakukan kebiasaan yang baik dan benar.

Untuk itu, seperti kutipan Hello Sehat ada beberapa tips untuk para penderita HIV/AIDS di Hari Aids Sedunia ini, agar hidup mereka bisa lebih panjang.


1. Rajin Minum Obat

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah rajin minum obat-obatan sesuai resep dokter. Meski agak sulit untuk sembuh, penderita HIV bisa menjalani pengobatan untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain sekaligus mengendalikan gejala HIV dan risiko komplikasi.

Sangat penting bagi para pasien HIV/AIDS untuk rutin minum obat sesuai dengan yang resep dokter. Pasalnya, HIV bisa berkembang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, melewatkan satu dosis pengobatan dapat menyebabkan virus kebal alias resisten terhadap obat-obatan.


2. Rutin Berolahraga

Selanjutnya, pasien HIV/AIDS juga perlu rutin melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Penelitian menemukan bahwa olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang justru dapat membantu para pasien HIVD/AIDS terhindar dari berbagai risiko infeksi virus lainnya.

Pilihlah jenis olahraga yang kamu suka dan tidak terlalu berat. Entah itu yoga, berlari, bersepeda, berenang, atau bahkan sekadar jalan kaki. Melakukan sesuatu hal yang memang kamu sukai dapat membuatmu bahagia karena melakukannya tanpa beban.


3. Berhenti Merokok

Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, maka harus segera setop. Pasalnya, efek dari rokok jauh lebih berbahaya untuk pasien HIV/AIDS. Maka, dengan menghindari dan berhenti merokok bisa membuat pasien HIV/AIDS jauh lebih sehat dan bugar.

Tak cuma lebih sehat secara fisik, tapi juga mental. Kondisi emosionalmu jadi lebih stabil. Hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan pasien HIV/AIDS.


4. Jaga Pola Makan

Tak cuma aktivitasnya saja yang perlu kamu ubah, pola makan juga harus berubah jika kamu terinfeksi virus HIV/AIDS. Asupan makanan yang baik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita Aids dan HIV, meringankan gejala, serta mencegah terjadinya komplikasi HIV.

Pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung gizi seimbang yang meliputi protein, karbohidrat, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Jangan lupa, hitung juga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.


5. Kelola Stres dengan Baik

Satu lagi pola hidup untuk pasien HIV/AIDS ialah menjaga stres dengan baik. Tanamkanlah semangat bahwa terinfeksi virus tersebut bukanlah akhir dari segalanya.

Kamu tetap bisa hidup normal layaknya masyarakat biasa. Hanya saja kamu perlu memperhatikan kondisi kesehatan dengan lebih hati-hati. Jangan merasa depresi dengan kondisimu karena bisa berdampak buruk pada sistem imun.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
0 Anggota • 19.7K Threads
Hari AIDS Sedunia, Begini Pola Hidup Sehat Penderita HIV agar Panjang Umur
03-12-2021 10:29
Untuk penderita terus semangat menghadapi penurunan imun akibat terjangkit.
Untuk keluarga pengidap kondisi ini, marilah kita suport agar dia hidup sehat
Bagi orang tua mungkin ini kelalaian kita menjaga anak kita, disaat mereka dewasa mungkin kontrol kita sedikit lemah, tetapi yang pasti saat mereka kecil kita mungkin teledor kurang memberi pemahaman resiko adanya penyakit ini.
Bagi saudara dia adalah bagian dari keluarga kita yang takkan bisa terputus seumur hidup
Bagi lingkungan, dia adalah bagian dari kebersamaan pada masa lalu dan dukung agar dia bisa lebih baik saat ini dan akan datang.
Semoga HIV bisa ditemukan obatnya
0 0
0
profile picture
kaskus geek
10-12-2021 19:06


bijak sekali komennya gan.. ya gan kita harus yakin setiap penyakit pasti ada obatnya.. smg obatnya lekas ditemukan. aamiin.
1
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia