News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
65
Lapor Hansip
29-11-2021 16:03

Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun

Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun Biayai Organisasi

Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun


Quote:JAKARTA, KOMPAS.TV - Fitria Sanjayaterduga terorisme yang ditangkap Densus 88 Antiteror mengaku pihaknya dari Yayasan Baitul Mal Abdurrahman bin Auf (Laz BM ABA) mampu merengkuh dana publik hingga 28 miliyar per tahun.
Dana ini untuk membiayai seluruh aktivitas yang diduga terkait dengan terorisme organisasi Jamaah Islamiyah (JI).

Dalam pengakuannya, Fitria Sanjaya yang merupakan salah satu pimpinan Yayasan BM ABA mengaku bahwa memang tidak ada audit yang dilakukan oleh organisasi maupun pihak dewan syariah di yayasan tersebut.

Fitriabjuga mengakui bahwa Farid Okbah yang ditangkap di Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu adalah salah satu  petinggi lembaga itu. 
Soal keuangan ini, menurutnya, pihak Yayasan cuma melihat besaran angka yang disetor untuk organisasi.

“Pada tahun 2014 sebagai contoh, yang harus disetor ke jamaah Islamiyah (ditargetkan) 500 juta, ternyata saya mampu 50 juta, tahun selanjutnya hanya mampu 150 juta. Mereka para dewan Yayasan majelis ABA melihat kita dari hasil kuota yang disetorkan,” papar Fitria Sanjaya kepada KOMPAS TV, Jumat (26/11).

Meski begitu, kata dia, jumlah secara total dari pelbagai kotak amal dan yayasan yang terafiliasi dengan yayasan ini mencapai jumlah fantastis.

“Tapi secara keseluruhan meningkat, pernah total sampai Rp 28 miliar dalam setahun, terjadi tahun 2019. Waktu itu kami saja setor Rp 480 juta,” paparnya.  

Adapun dalam operasi penangkapan terakhir di Bekasi, Jawa Barat, Densus 88 menangkap petinggi Lembaga Amal Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf, setelah sebelumnya telah menangkap Farid Okbah dan Ahmad Zain An-Najah.
Yayasan amal milik JI diketahui bisa mendapat Rp 14 miliar per tahun secara rata-rata dan terus meningkat hingga pernah mencapai Rp 28 niliar pada tahun 2019 lalu. Fitria Sanjaya sendiri ditangkap pada 2020 oleh Densus 88.  

Pengakuan dari Fitria Sanjaya ini mengafirmasi dugaan aliran pendanaan kelompok JI.
Sementara dalam keterangan persnya, Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah bukti besaran uang yang digunakan kelompok ini. 
"Ada yang bilang (keterangan tersangka) bisa sampai Rp70 miliar setahun sebenarnya (keuntungan). Tapi kami tidak punya bukti itu dalam konteks pemeriksaan laporan begitu," katanya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (26/11/2021).
Sampai sekarang, Densus 88 terus meneyelidiki skema pendanaan untuk kelompok JI; ditemukan melalui kegiatan kotak amal hingga kegiatan fundraising lainnya.


SUMBER

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
0 Anggota • 630.4K Threads
Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun
29-11-2021 16:38
Jadi ingat dulu ketika belum viral kotak amal teroris semacam ini

Dapat kembalian receh, di dekatku ada kotak yatim-piatu, temanku bilang masukkan saja uangku, receh kembalian ke situ

Aku tidak mau, dengan alasan alamat tidak aku kenal dan sudah banyak yang ngisi kotak kayak gini di mana², toko, warung, warnet dll

Mending aku berikan langsung berupa makanan kepada yang benar-benar membutuhkan, fakir beneran, yaitu gelandang orang gila itu

Ehh, temanku, suami istri yang berkerudung dan jidatnya ada tandanya itu ngatain aku pelit

Lha fakta ya aku sampaikan bahwa itu amal yatim-piatu itu tersebar di mana-mana da di dekatku ada panti asuhan yang sering kelebihan, sering ya, makanan bantuan, sampai² sering dibagi-bagikan ke sekitar oleh orang panti asuhan itu karena berlebih
Ibaratnya memberi sumbangan pada panti asuhan tersebut sama dengan menggarami laut

Sedang banyak gelandangan orang gila yang kurang makan, aku berikan saja ke mereka, kok masih tetap dibilang pelit

Heran, tidak bisa membedakan siapa yang benar-benar membutuhkan
Diubah oleh kanggelandaftar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 16:59
Semilyar cara kadrun dan pendukung teroris mengiring yg tidak mau mengikuti suruhan mereka kok


emoticon-Traveller
0
profile picture
kaskus geek
29-11-2021 17:00
Bener banget. Selama ini kita membayangkan panti asuhan itu kayak asrama bobrok yg penghuninya hidup menderita. Padahal selalu ada bantuan yg datang ke mereka. Kalau bulan puasa mereka sampe nolak2 bantuan karena tiap hari selalu ada undangan hajatan atau buka puasa bersama

(Saking lancarnya sampai banyak yg menjadikan panti asuhan sbg sumber pendapatan emoticon-Big Grin )
0
profile picture
aktivis kaskus
29-11-2021 17:09
Bener bro, yayasan sama panti itu intinya mau mentahnya aja. Soal stok makanan mereka sudah lebih dari cukup
0
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 17:11
@khafidz99 sudah lama, banyak panti asuhan bisa pasang baliho besar, kalau duit tidak berkelebihan, bisa pasang baliho besar dari mana ?

Dulu beberapa kali aku isi duit ke kotak yatim-piatu, tapi setelah tahu sendiri, ibarat menggarami laut, sudah tidak pernah sampai sekarang
0
profile picture
aktivis kaskus
29-11-2021 17:13
@kanggelandaftar @khafidz99 mereka intinya cari dan untuk keperluan mereka sendiri. Bahkan panti yatim di samping rumah ane rata2 masih sanak saudara pengurus sendiri dan masih ada orang tuanya. Saya fikir ini termasuk jual beli manusia dengan bermodalkan rasa iba.
0
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 17:18
@ridzki.bjibun ada beberapa panti asuhan yang aku tahu sendiri, penghuninya ada, anak-anak sekolah semua, tapi halamannya kotor, berumput liar tidak terurus

Aku tanya pada orang terdekat di panti waktu itu, kenapa tidak diajari itu anak-anak panti mengurusi halaman panti yang kumuh begitu

Katanya orang² yang dengan panti, jawabnya sama, sedang bersekolah

Memang habis pulang sekolah ngapain ?, Katanya tidak ngapain, ada di panti

Jadi mau terima sumbangan, tapi mengurus kebersihan sendiri tidak mau, heran
0
profile picture
kaskus holic
29-11-2021 18:18
Panti asuhan kalau pas awal merintis susah kok. Sampai ikut nebeng buka sumbangan di tempat-tempat ibadah. Tapi kalau dah lancar, dikit-dikit rumah di sebelahnya dibeli hingga satu daerah jadi milik panti emoticon-Ngakak
0
profile picture
aktivis kaskus
29-11-2021 18:25
@kanggelandaftar nah itu dia. Kalo di samping rumah bener2 parah. Mereka di taro di ruangan kaca yg menghadap jalan raya, jadi setiap kegiatan mereka di liat sama orang lewat. Apa itu bukan human traficking ya?
0
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 18:41
@betadine yang tidak pernah penyumbang dan orang lain ketahui, berapa jumlah sumbangan tiap bulan, tiap tahun

Berapa bagian yang didapat oleh pemiliknya

Ada kesengajaan
0
Memuat data ...
1 - 9 dari 9 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia