News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
65
Lapor Hansip
29-11-2021 16:03

Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun

Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun Biayai Organisasi

Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun


Quote:JAKARTA, KOMPAS.TV - Fitria Sanjayaterduga terorisme yang ditangkap Densus 88 Antiteror mengaku pihaknya dari Yayasan Baitul Mal Abdurrahman bin Auf (Laz BM ABA) mampu merengkuh dana publik hingga 28 miliyar per tahun.
Dana ini untuk membiayai seluruh aktivitas yang diduga terkait dengan terorisme organisasi Jamaah Islamiyah (JI).

Dalam pengakuannya, Fitria Sanjaya yang merupakan salah satu pimpinan Yayasan BM ABA mengaku bahwa memang tidak ada audit yang dilakukan oleh organisasi maupun pihak dewan syariah di yayasan tersebut.

Fitriabjuga mengakui bahwa Farid Okbah yang ditangkap di Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu adalah salah satu  petinggi lembaga itu. 
Soal keuangan ini, menurutnya, pihak Yayasan cuma melihat besaran angka yang disetor untuk organisasi.

“Pada tahun 2014 sebagai contoh, yang harus disetor ke jamaah Islamiyah (ditargetkan) 500 juta, ternyata saya mampu 50 juta, tahun selanjutnya hanya mampu 150 juta. Mereka para dewan Yayasan majelis ABA melihat kita dari hasil kuota yang disetorkan,” papar Fitria Sanjaya kepada KOMPAS TV, Jumat (26/11).

Meski begitu, kata dia, jumlah secara total dari pelbagai kotak amal dan yayasan yang terafiliasi dengan yayasan ini mencapai jumlah fantastis.

“Tapi secara keseluruhan meningkat, pernah total sampai Rp 28 miliar dalam setahun, terjadi tahun 2019. Waktu itu kami saja setor Rp 480 juta,” paparnya.  

Adapun dalam operasi penangkapan terakhir di Bekasi, Jawa Barat, Densus 88 menangkap petinggi Lembaga Amal Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf, setelah sebelumnya telah menangkap Farid Okbah dan Ahmad Zain An-Najah.
Yayasan amal milik JI diketahui bisa mendapat Rp 14 miliar per tahun secara rata-rata dan terus meningkat hingga pernah mencapai Rp 28 niliar pada tahun 2019 lalu. Fitria Sanjaya sendiri ditangkap pada 2020 oleh Densus 88.  

Pengakuan dari Fitria Sanjaya ini mengafirmasi dugaan aliran pendanaan kelompok JI.
Sementara dalam keterangan persnya, Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah bukti besaran uang yang digunakan kelompok ini. 
"Ada yang bilang (keterangan tersangka) bisa sampai Rp70 miliar setahun sebenarnya (keuntungan). Tapi kami tidak punya bukti itu dalam konteks pemeriksaan laporan begitu," katanya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (26/11/2021).
Sampai sekarang, Densus 88 terus meneyelidiki skema pendanaan untuk kelompok JI; ditemukan melalui kegiatan kotak amal hingga kegiatan fundraising lainnya.


SUMBER

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
0 Anggota • 629.9K Threads
Pengakuan Eksklusif Fitria Sanjaya, Yayasan Amal JI Raup Rp 28 Milyar Per Tahun
29-11-2021 16:07
Gila, buat yg beginian bisa.
Tapi kenapa kondisi masyarakat gak membaik ya?
Taruhlah duit itu buat biaya guru honorer, pinjaman petani biar nggak kena tengkulak, dll. emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 16:31
Guna negara buat apa cuii kalo hal mendasar gini masih ngambil duit dr rembukan warga
0
profile picture
kaskus addict
29-11-2021 16:35
@accelero Nunggu negara dari duit pajak yg nggak jelas?
Mending patungan begini. Crowdfunding. Seikhlasnya 2000, 500, kalau banyak yg dermawan bisa dapat Milyar juga kan.

Daripada ini, duit milyaran tapi nggak transparan. Malah buat bayarin yg nggak bener
1
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 16:38
@matcha.tea.1402 ada sih itu yg kyk basarnas yayasan yg terdaftar mereka mainnya di anak jalanan sama anak yatim piatu

Temen gua ada yg jadi pengejar anak2 yatim yg disponsori lembaga ini

Tp ya lucu kalo terlalu ngarep ke hal ginian, bubarin aja negara kalo masih minta sumbnagan dr rakyat
3
profile picture
kaskus addict
29-11-2021 16:40
Seringkali orang lebih mudah bersedekah ketika judulnya urusan akhirat.

Contoh di lingkungan RWku, pas mau renov tempat ibadah bisa terkumpul M. Tapi pas RW mau memperbaiki jalan di kampung, cuma terkumpul belasan juta.
Padahal jalan dipakai sama2. Salah satu alasannya ya gitu, "saya kan udah bayar pajak, jalan ini kan tanggungan negara".
Tapi apa susahnya bersedekah buat orang banyak kalau memang mampu?

Garis bawahi ya, kalau sebenarnya memang mampu.
3
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 16:44
idealnya begitu, sayangnya orang macam kamu cuma segelintir, gak punya jabatan pula😁
1
profile picture
kaskus maniac
29-11-2021 16:44
@matcha.tea.1402 lah kan alasanya logis

Rumah ibadah gak ada dana dr oemeruntha, jalan ada dana dr oemerintah

Rumah ubadha tnaggung jawab warga, jalan tanggung jawab negara
0
profile picture
kaskus addict
29-11-2021 16:54
@accelero Negara kalau mau mengeluarkan uang, nggak sembarangan. Ada rencana anggaran yg perlu dibahas sama anggota dewan, ada prioritas program yg lain, dll.

Kalau tentang duit negara yg dikorup aku nggak komen ya. Bejat memang para koruptor itu.

Nah, di sisi lain ini ada masyarakat yg sebenarnya mampu untuk membantu.

Bisa menggalang dana untuk renov rumah ibadah sampai M, itu bagus sekali. Dan seharusnya semangat bersedekah itu juga ditularkan untuk fasum lain.
Nggak cocok juga kan kalau sedekah terhenti karena ada pikiran, ah ini kan sudah jadi tugasnya negara.
1
profile picture
kaskus addict
29-11-2021 23:26
Ane kalau nyumbang gak pernah kewat kotak amal mesjid , apalagi kotak amal di depan indomaret. Langsung aja ke bazarnas. Apalagi sumbangan2 buat palestine . Gw ogah banget
1
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia