Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
12
Lapor Hansip
28-11-2021 08:03

Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya?

Tubuh kita dapat berfungsi sebagaimana mestinya karena sistem pertahanannya yang dapat diandalkan. Yap betul sekali, sistem imun kita adalah suatu sistem pertahanan yang menangkal infeksi dan penjajah dari luar tubuh dan bekerja tanpa henti untuk memastikan kesehatan kita tidak terganggu. Tanpa mereka nyawa kita akan selalu terancam di saat terpapar sesuatu yang asing, tapi apakah kalian tahu apa saja sel darah putih atau leukosit yang merupakan bagian dari sistem tersebut?

Quote:Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya?
sumber

Pertama, coba kita lihat organ-organ yang terlibat dalam sistem ini, terdapat 8 yang akan kita bahas yaitu adenoid, pembuluh darah, sumsum tulang, kelenjar getah bening, pembuluh limfa, timus dan amandel.

Adenoid adalah suatu kelenjar yang berlokasi di bagian atas di dalam mulut kita yang bertanggung jawab dalam memproduksi sel darah putih atau antibodi yang akan mengecil seiring waktu dan menghilang disaat kita sudah dewasa, sama dengan timus yang bertanggung jawab dalam memproduksi dan pematangan sel-sel imun yang juga menghilang setelah pubertas. Berikutnya sumsum tulang adalah suatu jaringan yang ditemukan di rongga rongga tulang yang memproduksi antibodi, lalu ada kelenjar getah bening suatu organ yang terletak di beberapa lokasi di seluruh tubuh seperti ketiak, supra dan infraclavicular dan lain-lainnya.

Organ ini membantu mencari suatu cairan yang disebut getah bening yang berisi sel darah putih, mereka saling terhubung oleh pembuluh limfa, lalu ada yang namanya limpa spleen yaitu tempat dimana sel darah putih tersimpan, ada juga yang namanya amandel yang bertugas menjebak kuman yang kadang kita hirup dan mengeluarkan antibodi untuk melawan kuman-kuman tersebut. Sedangkan untuk membunuh darah sesuai teman kalian dia berfungsi sebagai jalur untuk sel darah putih berkeliling ke seluruh tubuh.

Setelah mengetahui organ yang terlibat dalam sistem imunitas kita, coba kita lihat macam-macam selnya, sel-sel darah putih ini dibagi menjadi dua grup yaitu granulosit dan agranulosit. Pertama untuk kelompok granulosit terdapat mesofil yang akan aktif pada reaksi alergi, saat terinfeksi sel ini akan mengeluarkan suatu zat kimia bernama histamin yaitu suatu marker untuk reaksi alergi. Histamin juga membantu dalam vasodilatasi agar pembuluh darah dapat berdilatasi dan memudahkan sel darah putih keluar dari pembuluh untuk membantu melawan infeksi.

Selanjutnya ada eosinofil yang terlibat dalam Kekebalan terhadap parasit, yang ketiga dan terakhir dalam kelompok ini neutrofil dibagi menjadi dua yaitu neutrofil batang dan neutrofil segment, mereka bertugas sebagai garis pertahanan pertama dalam melawan infeksi bakteri atau jamur. Berikutnya didalam kelompok agranulosit terdapat limfosit dan monosit, limfosit ini mempunyai sel tipe T dan B, sel T akan menstimulasi sel B untuk bekerja atau secara langsung melawan infeksi seperti bakteri, virus, jamur dan lain-lainnya. Sel B akan fokus dalam membuat protein bernama antibodi yang akan bertarung melawan infeksi, sedangkan pada saat infeksi monosit akan bergerak keluar dari pembuluh darah dan berkembang menjadi sel yang bernama makrofag yang akan menelan seluruh benda asing dan menghancurkannya di dalam.

Quote:Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya?
sumber

Kira-kira begitulah struktur dari sel darah putih yaitu bagian dari sistem imun tubuh kita dalam menjaga kesehatan, melawan benda-benda asing yang berusaha masuk. Tanpa mereka benda-benda asing tersebut akan masuk dan tanpa terdeteksi kemudian menyebar, lalu tumbuh dan dapat berakibat fatal. Walaupun dalam beberapa infeksi dibutuhkan beberapa hari bagi tubuh kita untuk membuat cukup banyak sel yang bertugas melawan benda-benda asing ini. Maka dari itu beberapa gejala dapat timbul sementara, bagaimana menurut kalian? bukankah sistem pertahanan tubuh kita? yuk komentar dibawah, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : Dari SINI
Diubah oleh Si.jonii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
0 Anggota • 906.4K Threads
Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya?
28-11-2021 12:25

Kalau sel darah lain selain sel darah putih gimana gan?

Boleh gan singgah ke Thread ane tentang
balon-balon di Parade Macy's Thanksgiving 2021 kemarin



emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan


Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya?

Mohon di klik si Pikachu ya gan and sis

Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya? Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya? Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya? Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya? Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya?
Pikachu butuh Cendol nya agan and sis
Ternyata Sel Darah Putih Sangat Berperan Didalam Tubuh Kita, Gak Percaya?
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia