Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
131
Lapor Hansip
26-11-2021 08:26

Mengapa Tes Perawan Tidak Masuk Akal, Sehingga Harus Dihilangkan?

Belakangan ini Angkatan Darat Indonesia menggumumkan penghentian penerapan tes keperawanan dalam proses rekrutmen mereka, beberapa dari kalian mungkin akan bernafas lega dan bergembira dan sebagian lagi mungkin sedang bertanya apa alasannya?

Quote:Mengapa Tes Perawan Tidak Masuk Akal, Sehingga Harus Dihilangkan?
Jawaban singkatnya tes keperawanan tidak memiliki validitas ilmiah, melanggar HAM dan justru membawa dampak buruk terhadap para perempuan yang menjalaninya baik secara fisik maupun mental, untuk jawabannya kalian harus simak sampai habis ya.

Sebelum kita menelaah mengapa tes keperawanan bermasalah? kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sebenarnya tes ini dilaksanakan. Tes keperawanan atau tes dua jari ini dilakukan dengan cara memasukkan dua jari ke dalam vagina untuk mengecek apakah selaput dara masih utuh, selaput darah atau hymen merupakan selaput tipis yang terdapat pada lubang vagina dan sepanjang yang kita ketahui selaput ini tidak memiliki fungsi yang jelas. Logika dibalik tes keperawanan adalah jika seseorang belum pernah berhubungan seksual sebelumnya berarti selaput daranya pasti masih utuh masuk akal kan? iya tapi ada satu masalah, pernyataan tersebut 100% salah. Keberadaan selaput dara tidak dapat menentukan apakah seseorang pernah berhubungan seks sebelumnya atau tidak,

Hal tersebut dikarenakan tiga hal, pertama seorang perempuan dapat terlahir tanpa selaput dara, kedua selaput dara dapat robek akibat hal selain hubungan seks, ketiga darah dapat tetap utuh meskipun seorang perempuan sudah pernah berhubungan seksual. Tidak semua perempuan memiliki selaput dara yang sama seperti selaput dara yang menutupi lubang vagina secara total atau selaput dara yang tidak ada sama sekali sejak lahir juga dapat terjadi dan seks bukanlah satu-satunya penyebab selaput darah pecah.

Mengangkat beban, berenang, bersepeda, menggunakan tampon dan lainnya semua dapat menyebabkan selaput darah pecah dan terkadang bahkan tanpa disadari. Selebihnya selaput dara tidak bersifat seperti pembungkus plastik yang bisa jebol justru lebih mirip ikat rambut yang fleksibel sehingga terkadang dapat juga terjadi selaput darah tidak pecah walaupun sudah berhubungan seks. Jadi, sebenarnya konsep perawan itu bukan suatu aspek biologis yang bisa kita ukur atau ditentukan secara pasti, tidak ada penanda jelas pada tubuh seorang perempuan yang bisa dijadikan indikasi keperawanannya sama seperti laki-laki. Keperawanan itu secara medis tidak ada, konsep keperawanan tidak lebih dari suatu label yang diciptakan dan dibentuk oleh nilai-nilai masyarakat bukan sains.

Selain tidak memiliki validitas ilmiah sama sekali, tes keperawanan juga ditemukan dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental bagi orang yang menjalaninya, proses tes ini menyakitkan dan traumatis serta dapat meningkatkan resiko infeksi apabila dilakukan dengan tidak higienis, perempuan yang menjalani tes ini juga mengalami tekanan psikologis yang sangat besar yang kemudian berdampak pada depresi, kecemasan dan bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan bunuh diri. Belum lagi dampak sosial yang dialami apabila hasil tesnya tidak perawan, pengucilan dari keluarga serta komunitas sekitar lazim terjadi dan ini semua akibat hasil tes yang bahkan tidak valid.

Quote:Mengapa Tes Perawan Tidak Masuk Akal, Sehingga Harus Dihilangkan?

Jadi, mengingat semua itu Mengapa tes keperawanan baru sekarang mulai dihilangkan? jawabannya adalah karena banyak orang masih menilai kehormatan perempuan hanya dari riwayat seksualnya tanpa melihat sifat-sifat yang justru membuat seseorang menjadi terhormat seperti kepintaran, kebaikan, keberanian dan ambisinya. Tes keperawanan adalah tindakan melanggar privasi yang hanya menyebabkan penderitaan bagi yang menjalaninya, tes yang bahkan tidak didasari ilmu medis yang jelas, praktek yang sudah sebaiknya kita tinggalkan karena nilai diri seseorang tidak bisa kita nilai hanya dengan dua jari.

Bagaimana menurut gansis sekalian? mari kita diskusikan dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 123 & 4
Diubah oleh Si.jonii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
0 Anggota • 906.2K Threads
Mengapa Tes Perawan Tidak Masuk Akal, Sehingga Harus Dihilangkan?
26-11-2021 10:57
Tes perawan pasti dilakukan oleh dokter ahli dan di tempat steril. jadi tulisan TS yg bilang infeksi dan tdk hiegenis itu hasil ngimpi TS.
dia pikir yg ngetes perawan adalah prajurit tni dan dilakukan di barak... geblek...

Sedangkan efek psikologis juga ga mendasar. Secara dilakukan oleh ahli.

Meniadakan tes keperawan hanya akan menjadi preseden buruk klo ga perawan adalah hal biasa.

Apa jadi nya tni yg terhormat justru mempromosikan ilang perawan tidak apa2.

ga heran sex bebas menjadi hal biasa...
Diubah oleh red.mind
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beautifulmind11 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
profile picture
kaskus maniac
26-11-2021 11:29
Bukan, tapi mempromosikan hal-hal-tidak-penting-tidak-berguna hilangkan saja
1
profile picture
kaskus geek
26-11-2021 12:19
Nach....
0
profile picture
kaskus addict
26-11-2021 13:14
tapi kalau tidak perjaka gimana gan?
2
profile picture
kaskuser
26-11-2021 13:32
serius nanya, mendingan cewe ga perawan tapi hatinya baik, atau perawan tapi hatinya iri dengki?

bingung kan?
1
profile picture
kaskuser
26-11-2021 13:47
mantap
0
profile picture
kaskus addict
26-11-2021 14:01
@terakhirx krn kehormatan bukan hal penting bagi ente...
1
profile picture
kaskus addict
26-11-2021 14:03
[MENTION]blue_louvre[/MENTION] lebih baik perawan dan baik hati...
1
profile picture
kaskus addict
26-11-2021 14:33
misalkan korban perkosaan gak dirugikan ngab dengan tes ini ?. yang seharusnya dia mungkin punya kemampuan atau skill yang layak harus sirna dengan tradisi kolot + harus menanggung trauma seumur hidup, bayanginnya aja ane ga sanggup ngab.
0
profile picture
newbie
26-11-2021 16:03
Ane tanya dong. Ada tes keperjakaan jg ngga sih? Kalo ga ada kenapa hanya perempuan yg harus tes keperawanan? Kenapa laki-laki ngga ada? Apa artinya ga perjaka adalah hal biasa? Apa dengan ini jg mempromosikan hilangnya keperjakaan tidak apa2 tapi masalah kalo hilang keperawanan?
Terus gimana kalo misal korban pemerkosaan? Perempuan yg selaputnya robek karena aktifitas olahraga atau terjatuh. Apa mereka jg ga berhak ikut?
2
profile picture
kaskus geek
26-11-2021 16:06
@AiCups
krn perawan ada segel/selaput dara.


Laki mana ada selaput nya mak.


Dr ciri2 luka di selaput dara bisa di simpulkan "buka segelnya" Dari apa dan bagaimana.
Dokter yg bisa itu...
Atau sedikit orang kek dukun bayi/paraci yg bisa.

emoticon-Toast
1
profile picture
newbie
26-11-2021 16:09
@pulaukapok ya itu gan makanya, ane setuju kalo tes keperawanan ditiadakan. Biar adil, yang laki ga ada tes, yang perempuan juga. Agan red.mind ini seakan-akan memojokkan perempuan yang selaputnya robek. Padahal sudah dijelaskan TS kalo selaput dara itu rawan robek bukan cuma karena berhubungan sex aja.
0
profile picture
kaskus addict
26-11-2021 16:27
@pulaukapok @AiCups

Setuju, harus adil. jangan cuma perempuan yang diberatin
0
profile picture
kaskus geek
26-11-2021 16:29
Anu....@AiCups masih perawan?
0
profile picture
newbie
26-11-2021 16:33
@pulaukapok udh ngga gan. Ane udh nikah.
0
profile picture
kaskus geek
26-11-2021 16:36
@AiCups waktu mlm pertama, belah durian sama suaminya kan?
0
profile picture
newbie
26-11-2021 16:39
@pulaukapok iya gan. Terus kenapa?
0
profile picture
kaskus geek
26-11-2021 16:41
@AiCups
Pernah nanya suami.

Enaknya wik wik pas belah duren atau setelah bertahun-tahun?
0
profile picture
kaskus addict
26-11-2021 18:42
@riko10 apakah tamatan sma ga dirugikan dg syarat loker harus sarjana? Dia mungkin punya skill yg layak..

Atau apakah yg cuma nilai skul pas2an ga dirugikan tidak dapat beasiswa? Dia mungkin pintar cuma pas malas aja wkt ujian.

Kesimpulannya Setiap tempat punya syarat utk bisa lolos. Yg mrk anggab penting.. tdk melulu skil.. tp aspek2 lain jg dinilai.
1
profile picture
kaskus addict
26-11-2021 18:44
@AiCups @pulaukapok jgn bicara adil klo soal gender. apakah tentara wanita bisa ditugaskan perang digaris depan pertempuran? Ngga kan...

Laki dan perempuan punya kodrat yg berbeda. maka syaratpun pasti berbeda.
1
profile picture
kaskus geek
26-11-2021 20:07
Selaput dara robek bukan dari sex aja gan bisa aja karena hal lain
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 25 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia