Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
210
Lapor Hansip
24-10-2021 21:59

Dari Windows User menjadi Linux User

Dari Windows User menjadi Linux User
Hai gaes ane disini, dan kali ini ane mau sekedar cuap-cuap alias bercerita sejarah perkenalan ane dengan makhluk yang namanya komputer, bajak membajak software, data hilang karena virus dan akhirnya disadarkan oleh linux yang free dan open source. Tapi sebelumnya ane minta maaf bila ada kata yang kurang berkenan dihati gansis disini. Ane juga ga share tentang cara install linux nya karena disini tentu sudah banyak suhu yang bikin thread tentang itu.

Sebagai seorang yang selalu kepo ane selalu ingin mencoba tahu dan mencoba hal baru. Selama hal itu tidak berbahaya atau melanggar hukum. Ane menggunakan komputer dan mempelajarinya sudah sangat lama, tepatnya sejak sekolah menengah pertama .

Dari awal ane belajar komputer windows lah yang ane gunakan. Waktu itu ane mulai belajar dengan sistem operasi windows 2000, terus juga pernah pakai windows 95 dan windows 98. Dan tentu saja windows Xp adalah yang paling Ok buat ane, ringan dan enak aja gitu dipakai. Dan sekarang ane masih stay di windows 10 meski sudah ada windows 11 yang masih banyak bug nya itu.

Dari Windows User menjadi Linux User

Dulu ane mengira kalau komputer dari pabriknya itu sudah include dengan windows dan langsung bisa dipakai, ternyata enggak. Harus diinstall dahulu dengan sistem operasi dan berbagai aplikasi lainnya agar bisa jalan dan digunakan. Dulu ane kira windows itu gratis karena semua orang komputernya selalu pakai windows. Ternyata enggak, windows itu bayar dan mahal banget. Tak heran banyak orang menggunakan crack agar windowsnya bisa dijalankan full untuk selamanya.

Ane waktu pertama punya laptop juga install windows dengan cara crack, dan tentu saja karena crack adalah bajakan pastilah tidak sesempurna versi originalnya. Selalu saja ada masalah yang ane hadapi dan temui ketika menggunakannya. Mulai dari terdeteksi antivirus, sampai sistem operasi yang tidak bisa diupdate. Bahkan yang lebih apes pernah data ane hilang karena ternyata pada crack windows itu ada malwarenya.

Kemudian pada saat memasuki kuliah di fakultas ilmu komputer, ane dikenalkan oleh salah satu dosen dengan sistem operasi beserta software-softwarenya yang gratis dan open source, yang artinya sistem operasi berserta aplikasi didalamnya bebas didistribusikan dan kita ubah semau kita. Sistem operasi itu bernama Linux. Pikiran ane pun berubah waktu itu untuk memulai belajar dan mencoba menggunakan menggunakan si linux ini. Dosen ane bilang, kalau karya kita mau dihargai maka hargailah karya orang lain dengan tidak membajak software bila kita tidak mampu membelinya. Dan bila kita menggunakan hasil bajakan itu untuk mencari rejeki maka rejeki itu pun jadi haram.

[img]https://miro.medium.com/max/1080/1*tw9_87WnsXHj2Kpld2zruw.jpeg[/img]

Kata-kata dari dosen ane itu lah yang bikin mind blowing banget, beliau merupakan programmer yang software karya-karyanya sudah banyak dipakai orang. Jadi ya wajar saja bila beliau tidak suka dengan pembajakan software yang marak terjadi alias tidak punya etika orang yang melakukan pembajakan itu. Seperti mendapat pencerahan, dari sejak itu lah ane mulai sedikit demi sedikit mempelajari linux.

Melakukan pencarian di mbah google adalah kebiasaan ane untuk menemukan jawaban atas segala hal, termasuk dalam belajar menggunakan linux ini. Dann…. Ternyata linux itu ga mudah gaes, ane yang terbiasa dengan sistem operasi GUI alias berbasis grafis kesulitan ketika berhadapan dengan sistem operasi yang berbasis text base. Tapi ane akui linux itu sangat ringan bila dibandingkan windows meski harus dibayar dengan segala kerumitannya.

Sampai suatu ketika ane dan temen-temen kampus lagi duduk-duduk mengerjakan tugas, ada diantara kami yang menggunakan linux tapi tampilannya GUI bukan text base seperti yang selama ini ane ketahui. Dia lalu bilang kalau linux yang dia pakai adalah ubuntu, dan ubuntu memang dibuat untuk memudahkan orang yang baru pertama kali menggunakan linux tanpa ribet. Dan dengan sangat senang ane pun minta file masternya untuk kemudian dibuatlah bootable dengan flashdisk. Dan benar saja ane langsung suka dengan si ubuntu ini, karena mudah digunakan oleh pemula seperti ane.

Dari sejak saat itu ane mau benar-benar meninggalkan windows bajakan dan segala software bajakan lainnya. Tapi susah gaes, banyak software yang dipakai di kampus ane yang pakai windows dan dicrack. Misalnya untuk membuat skripsi, ada aturannya harus menggunakan font Times New Roman yang dimana font itu adalah milik Microsoft dan hanya ada di windows. Jadi terpaksa lah ane masih pakai windows tapi kali ini udah ada di laptop saat pertama kali ane beli.

Dari Windows User menjadi Linux User

Hingga ane lulus dan kerjapun masih windows yang digunakan untuk keperluan kantor, mereka beralsan windows sudah menjadi kebiasaan dan ga mau pindah ke linux karena ribet. Kantor ane itu pakai windows bajakan plus dengan segala macam software bajakan didalamnya.

Tapi ya karena itu komputer kantor jadi ya sudahlah apa mau dikata. Namun untuk komputer pribadi ane tetap pakai linux, dan sudah berbagai macam linux yang ane coba. Dannn akhirnya balik lagi ke ubuntu.

Memang sihh linux itu masih kurang support untuk game sekelas AAA dan hardware-hardware terbaru. Ane sampai sekarang belum mengerti, kenapa para produsen hardware tidak membuat driver untuk linux,kenapa selalu untuk windows. Dan para produsen game besar tidak menggarap game mereka untuk sektor linux ini.



Sekian thread yang menjabarkan perubahan ane dari windows user menjadi linux user. Ane tentu bukan bermaksud untuk mengajak gansis untuk meninggalkan windows dan beralih ke linux. Butuh waktu,proses,dan usaha agar semua itu bisa terjadi.



Dan silahkan share juga pengalaman gansis selama menggunakan linux di kolom komentar, apa masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya.

emoticon-Toastemoticon-Traveller



gambar1
gambar2
gambar3

gambar4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk untuk memberikan balasan
computer-stuff
Computer Stuff
0 Anggota • 49.1K Threads
Dari Windows User menjadi Linux User
28-10-2021 07:35
ane lebih pilih bayar daripada pake linux.
modal windows oem gratisan dari laptop.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
newbie
30-10-2021 15:37
kalo gitu sampean ga bayar dong omemoticon-Ngacir
0
profile picture
newbie
31-10-2021 21:27
@escshift tapi legal menurut saya. Sekarang banyak laptop yang bundling windows
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia