Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
101
Lapor Hansip
25-10-2021 09:29

Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?

Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?
Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?

Halo agan sista sekalian. Pada kesempatan kali ini ane akan membahas negara-negara yang sukses memindahkan ibukota negaranya. Pada awal september 2013 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono SBY berkunjung ke kazakhstan, saat berada di negara itu sby mengungkapkan kekagumannya pada astana ibukota kazakhstan. Ia menilai negara itu sukses memindahkan ibukota negaranya dari almatic ke astana/nursultan.

Atas dasar itu pula SBY kemudian punya keinginan untuk memindahkan ibukota dari jakarta ke daerah lain. Bahkan kemudian membentuk tim kecil untuk mengkaji rencana tersebut kendati hasil kegiatan tersebut tak diketahui. Kemudian kini bergulir kembali wacana tersebut di masa presiden jokowi. Nah kembali lagi ke judul, berikut negara-negara yang sukses memindahkan ibukota nya. Let's talk about it.

Quote:
1. Brazil

Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?

Siapa yang gak tau sama negara yang satu ini. Salah satu negara yang paling banyak menghasilkan pemain sepakbola berprestasi ini ternyata pernah juga mindahin ibukotanya lho gans. Banyak yang mengira kalau ibu kota brasil adalah rio de jenero. Padahal ibu kota ini sudah resmi dipindahkan sejak 1960 ke brasilia. Pusat pemerintahan brazil yang baru ini di desain oleh arsitek bernama oscar niemeyer.



Quote:
2. Kazakhstan

Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?

Saat presiden SBY berkunjung ke kazakhstan pada 2013, negara itu terbilang baru memindahkan ibukotanya pada tahun 1997. Pemerintahan kazakhstan sepakat memindahkan ibukota dari al makki ke asnara alasannya al makki merupakan pusat bisnis dan kota dengan populasi terbesar di negara itu.



Quote:
3. Myanmar

Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?

Salah satu negara di asia tenggara, negara berkembang, sekaligus negara yang pemerintahan nya dipimpin oleh militer ini hingga kini masih banyak yang menyebut ibukota myanmar adalah yangon. Padahal ibu kota itu sudah pindah pada 2005 ke naypyidaw, ibukota baru ini terletak 320 km dari utara yangon.



Quote:
4. Nigeria

Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?

Nigeria merupakan negara federal dari afrika. salah satu negara terpadat di afrika ini awalnya menetapkan ibu kota negara nya adalah lagos. Namun untuk menghindari kepadatan penduduk, pusat pemerintahan dipindahkan ke abuja pada tahun 1991. Dan itu dinyatakan berhasil karena menjadi salah satu wilayah metropolitan terbesar di dunia.



Quote:
5. Pakistan

Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?

Salah satu negara yang dianggap selalu memiliki kesalahpahaman dengan india ini ternyata pada tahun 1959 memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara nya dari karaci ke islamabad. Hanya butuh waktu 2 tahun untuk membangun ibukota pakistan yang baru ini. Wah kalo dipikir-pikir nih yang dipindahkan gak hanya pemerintahannya aja, tetapi beserta pejabat dan pegawai nya ya. Dan pakistan sukses hanya dalam waktu segitu.



Kalau indonesia nanti gimana ya? Sukses apa gak nih. Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane saat observasi sosial media aja ya. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf hehe. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?
Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
0 Anggota • 906K Threads
Negara-negara yang Sukses Pindahkan Ibukotanya! Indonesia Gimana?
25-10-2021 10:09
mending pindahlah....ntar DKI jakarta berubah jadi kota biasa saja gk ada lagi 4 walikota jakbar,jaktim dan the jak lainnya.
jadi kabupaten jakartaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
Auto Banned
25-10-2021 11:40


Jakarta ga mungkin jd kota biasa.. dia sudah terlalu luar biasa.

Yg kemungkinan jd kota biasa justru ibukota baru... Sepi... Hahaha
-1
profile picture
kaskus addict
25-10-2021 13:10
ga bisa gitu bre. yg ada Administrasinya berantakan nanti.
-1
profile picture
kaskus addict
27-10-2021 05:11
Mana bisa kota berubah jadi kabupaten
-1
profile picture
kaskus maniac
28-10-2021 01:33
Ibukota barupun paling butuh 10-20 tahun buat sama seperti jakarta yg sekarang bahkan bisa lebih
0
profile picture
kaskus addict
28-10-2021 07:13
Jakarta tetap Kota lah
0
profile picture
kaskus addict
28-10-2021 08:00
gak mungkin jd kabupaten lah..cuma berubah dari daerah khusus ibukota Jakarta menjadi kota Jakarta..paling begitu
0
profile picture
aktivis kaskus
28-10-2021 08:55
pusat pemerintahan pindah, pusat bisnis n hiburan kan tetap di Jakarta
0
profile picture
kaskuser
28-10-2021 09:05
@chigo.ji3kalo 10-20 tahun mah kecepetan om, minimal 100 tahun baru bisa nyamain Jakarta, lagian Pembangunan di sana juga ga di barengin sama Infrastruktur yang memadai, Jaringan Internet dll juga ga mungkin secepat DKI Jakarta.

Mestinya Pola Pikirnya di Ubah dulu, sampe sekarang ajh yg di liatin cmn Desain apa adanya, ga dikasih tau Jaringan Internet yg bakal tersedia, Jaringan Listrik seperti apa dan Infrastuktur penunjang lainnya kaya gmn. kalo cmn bangun Gedung semua negara juga bisa, cmnkan jadi sayang kalo ga di barengin sama Infratruktur yg baik, dari semua lini.

Orangkan mau Transmigrasi karna Harapan Hidup di daerah baru bisa meningkat, kalo ujung2nya Harga Pangan Mahal, Akses Susah, tempat Sosial kaya Mall dll ga ada, ya pasti pada milih Stay dulu 10-20 Tahun lagi di Jakarta, Surabaya dan Kota Besar Lainnya.
0
profile picture
kaskus addict
28-10-2021 09:41
@chigo.ji3 @Klontot pindah pusat pemerintahan itu cuma alibi bre. nyatanya orang-orang berduit tetap akan berlomba memperbanyak aset berupa tanah dan bangunan.
-1
Memuat data ...
1 - 9 dari 9 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia