Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
9
Lapor Hansip
08-09-2021 14:35

Cara Membuat Belajar di Rumah Menjadi Nyaman

Pada pandemi COVID-19 ini membuat pelajar harus belajar penuh dari rumah agar menghindari penyebaran COVID-19 di sekolah yang menjadikan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring).  Belajar di sekolah adalah tempat yang paling efektif untuk belajar, agar kalian bisa belajar seperti di sekolah dan nyaman selama belajar, kalian perlu melakukan beberapa penyesuaian.
Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat belajar daring kalian menjadi nyaman :

1. Merubah Rumah Menjadi Sekolah

Dalam hal ini kalian bisa membuat ruangan di rumah layaknya ruang kelas di sekolah. Ruangan harus diisi lengkap dengan meja belajar, kursi standar, piranti kelistrikan untuk mengisi daya gawai dll. Selain itu, penting juga memastikan sirkulasi udara yang berkualitas di ruangan yang lebih baik lagi jika dilengkapi dengan pendingin ruangan atau kipas angin. Dengan begitu, perasaan berada di ruang kelas akan hadir di rumah sehingga belajar jadi nyaman dan tidak mudah jenuh.

2. Koneksi Internet Harus Stabil

Hal Ini sangat penting agar selama kelas daring tidak ada gangguan jaringan seperti suara yang terputus atau video yang terganggu. Jika rumah kalian menggunakan WIFI, salah satu cara untuk menjamin kualitas jaringan baik adalah dengan mendekatkan perute (router) WIFI di kamar atau ruangan yang menjadi tempat belajar. 

Jika tidak menggunakan WIFI, maka yang perlu kalian lakukan adalah memilih provider yang paling bagus di wilayah tempat tinggal masing-masing. Pemerintah sejak awal sudah memberikan bantuan kuota belajar yang masih terus mengalir hingga saat ini yang membuat kalian tidak perlu khawatir dengan kuota internet.

3. Hindari yang Mengganggu Fokus

Salah satu masalah terbesar dalam belajar daring di rumah adalah hal-hal yang bisa mengalihkan atau bahkan mengganggu fokus kalian. Kondisi yang membuat sulit ada di rumah, karena tidak ada teman yang sama-sama belajar, dan tidak ada guru yang memberikan pelajaran serta pengawasan secara bersamaan.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari hal-hal yang bisa mengganggu fokus seperti televisi, ponsel, hingga bermain game.

4. Siapkan Makanan Ringan

Terkadang kondisi seperti belajar secara daring yang memiliki waktu belajar cenderung tidak teratur. Bahkan bisa dalam satu hari penuh, siswa harus ada di depan gawai atau laptop masing-masing yang tentu saja akan terjadinya kebosanan. Maka dari itu untuk menghindari rasa bosan dan jenuh, kalian bisa memakan cemilan atau makanan ringan. 


Sumber : https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/meski-di-rumah-saja-begini-cara-belajar-yang-nyaman-selama-pandemi?utm_source=kaskus
0
Masuk untuk memberikan balasan
buku
Buku
0 Anggota • 8.4K Threads
Cara Membuat Belajar di Rumah Menjadi Nyaman
Lapor Hansip
24-10-2021 22:50
Balasan post kitasiapa0
bisa dicoba gan caranya emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia