News
Batal
KATEGORI
link has been copied
39
Lapor Hansip
20-10-2021 21:02

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional


JAKARTA - Pembiayaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) diperkirakan akan terus berlanjut hingga ke tahap operasional dan perawatan KCJB.

Agus Pambagio, pengamat transportasi sekaligus kebijakan publik, menilai alokasi APBN tidak saja digunakan pada konstruksi lanjutan KCJB. Namun, pemerintah akan terus menggelontorkan kas negara untuk mendanai biaya operasional dan perawatan kereta.


Asumsi tersebut didasarkan pada beberapa indikator. Pertama, pembengkakan biaya (cost overrun). Indikator ini mengacu pada perhitungan PT KAI (Persero) sebagai konsorsium BUMN atau PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).



Cost overrun KCJB diperkirakan mencapai USD4,9 miliar atau setara Rp69 triliun. Penyebab utama cost overrun adalah biaya capital output ratio (COR) untuk engineering procurement construction (EPC) sebesar USD4,8 miliar atau Rp68 triliun.


Padahal, hitungan awal capital expenditure (capex) KCJB berada di angka USD6,07 miliar. Jumlah itu terdiri dari EPC USD4,8 miliar dan USD1,3 miliar untuk non-EPC.

Menurut Agus, dengan nilai cost overrun yang bombastis itu, maka penggunaan APBN dalam skema penyertaan modal negara (PMN) kepada KAI pun akan sangat besar. Mustahil, kata dia, jika kas negara hanya digelontorkan pada tahap konstruksi kereta saja. Sebab, tidak akan menolong kelanjutan proyek strategi nasional (PSN) tersebut.


"(Kalau hanya untuk konstruksi) Gak bakal menolong kalau menurut saya. Kecuali digelontorkan banyak uang, belum beroperasi, belum perawatan, ini masih membangun. Nanti operasinya mau menambah berapa lagi," ujar Agus saat dikonfirmasi, Senin (18/10/2021).

Sementara, kebutuhan biaya konstruksi diprediksi mencapai Rp120 triliun. Belum termasuk perkiraan pembengkakan yang saat ini tengah diaudit BPKP. Untuk memfinalisasi dan menyukseskan proyek di sektor transportasi itu, pemerintah akan tetap menggunakan APBN sebagai alternatif.


Indikator kedua adalah tidak ekonomis atau menguntungkan. Agus menilai pendapatan dari okupansi penumpang dan biaya operasional dan perawatan kereta tidak seimbang. Biaya operasional kereta per tahun diperkirakan mencapai Rp5 triliun - Rp10 triliun.



"Nanti kalau sudah beroperasi, saya perkirakan itu antara Rp5 triliun-Rp10 triliun per tahun. Itu gimana (cari) duit-nya? Kan ada biaya pembangunan sekarang, terus ada operasi, operasinya siapa yang bayar selulernya, itu duitnya bayarnya berapa? Terus penumpang, sehari katakan delapan kali, itu siapa yang mau naik? Bayar listrik, bayar pegawai, bayar sewa, bayar stasiun berapa, ya dihitung aja," katanya.


Ihwal keuntungan, Kementerian BUMN telah menghitung pengembalian modal proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan diperkirakan terjadi pada 40 tahun mendatang. Perkiraan ini merupakan perhitungan konservatif Kementerian BUMN dengan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, berdasarkan hitungan kasar pengembalian modal KCJB akan sama seperti Mass Rapid Transit (MRT).

"Secara konservatif, hitungan kami tetap payback period untuk equity-nya itu, ini ya 40-an tahun. Tapi kita belum tahu ya, ini hitungannya masih kasar. Ini kan mirip-mirip dengan MRT," ujar Arya.

sumbernya

Biar tekor yang penting kesohor emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 07:16
Dulu... di tahun 1986 ... TOL BELMERA diprediksi bakalan rugi. emoticon-Big Grintetapi tetap dibangun oleh pak Harto... emoticon-Big Grin

Emang rugi benaran karena sampai tahun 1988 kenderaan yg lewat sana sedikit sekali....cuma bus doang yg masuk lewat pintu Tj. Morawa keluar pintu Ampelas dan itupun kalau macet total di Tj. Morawa-nya... emoticon-Ngakak (S)

Kalau truk pada ogah lewat jalan tol padahal mempersingkat waktu dari daerah industri Tj. Morawa kalau mau ke Belawan...emoticon-Big Grin bahkan truk tangki CPO PTPN lebih milih jalan umum dari pada bayar TOL... emoticon-Big Grin

Pernah karena penasaran, saya coba hitung dari atas jembatan tol di IKIP Medan... sehari palingan rata-rata 100 menurut saya yg ke Belawan. emoticon-Ngakak (S)


Tetapi... dengan berkembangnya cara berfikir manusia....emoticon-Big Grin
Jalan TOL tersebut ramai sekarang emoticon-Big Grin

Jadi butuh waktu untuk membuat ramai, emoticon-Big Grin
Tergantung pemerintah bagaimana caranya. emoticon-Big Grin

Karena...untuk kasus tol Balmera, bisa rame karena pemerintah ogah-ogahan memperbaiki seluruh jalan alternatif ke belawan, makanya supir" lebih takut patah AS roda belakang daripada keluar duit TOL pada akhirnya .. emoticon-Ngacir
0 0
0
profile picture
kaskus addict
21-10-2021 07:39
nanti mungkin juga begitu
kereta api reguler argo parahiyangan berhenti beroperasi dibilang rusak
dipaksa naik kereta cepat
1
profile picture
kaskus maniac
21-10-2021 07:41
@YauAreRocks

Tidak menurut saya, tetapi fasilitas-nya akan diperbaiki seiring naiknya harga tiket. emoticon-Big Grin

Dan... cargo dilarang masuk ke dalam KA karena akan disiapkan KA Kargo. emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
21-10-2021 13:19
@phithor mungkin kereta reguler tidak langsung dihentikan
cuma dikurangi dari 19X jadi 15X terus menurun
0
profile picture
kaskus maniac
21-10-2021 16:41
@YauAreRocks

Porsi reguler tetap... karena harus menutupi biaya double track emoticon-Big Grin

Tebakan saya adalah...

1. Paket 1.............. biaya TOL akan Naik, pajak kenderaan pribadi naik + pengenaan pajak karbon untuk kenderaan Non UMUM... emoticon-Big Grin


2. Paket 2.............. kerjasama dengan swasta untuk buat klaster baru perumahan mewah dekat stasiun.... dan sekarang mereka sedang memulainya dengan kabar buruk emoticon-Ngakak (S)

0
profile picture
kaskus addict
21-10-2021 17:25
@phithor kalo penumpang parahiyangn gk digeser ke kereta cepat kerugiannya besar

banyak yg menduga ini pesanan developer
0
profile picture
kaskus maniac
21-10-2021 17:37
@YauAreRocks

Yg di geser itu pengguna mobil pribadi... bukan pengguna KA emoticon-Mad

Itu bisa kok di aplikasikan... tinggal mau atau tidak saja pemerintah emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus maniac
22-10-2021 13:01
@YauAreRocks @phithor persekongkolan jahat buat menutupi kejahatan..sungguh sangat jahat
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia