News
Batal
KATEGORI
link has been copied
39
Lapor Hansip
20-10-2021 21:02

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional


JAKARTA - Pembiayaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) diperkirakan akan terus berlanjut hingga ke tahap operasional dan perawatan KCJB.

Agus Pambagio, pengamat transportasi sekaligus kebijakan publik, menilai alokasi APBN tidak saja digunakan pada konstruksi lanjutan KCJB. Namun, pemerintah akan terus menggelontorkan kas negara untuk mendanai biaya operasional dan perawatan kereta.


Asumsi tersebut didasarkan pada beberapa indikator. Pertama, pembengkakan biaya (cost overrun). Indikator ini mengacu pada perhitungan PT KAI (Persero) sebagai konsorsium BUMN atau PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).



Cost overrun KCJB diperkirakan mencapai USD4,9 miliar atau setara Rp69 triliun. Penyebab utama cost overrun adalah biaya capital output ratio (COR) untuk engineering procurement construction (EPC) sebesar USD4,8 miliar atau Rp68 triliun.


Padahal, hitungan awal capital expenditure (capex) KCJB berada di angka USD6,07 miliar. Jumlah itu terdiri dari EPC USD4,8 miliar dan USD1,3 miliar untuk non-EPC.

Menurut Agus, dengan nilai cost overrun yang bombastis itu, maka penggunaan APBN dalam skema penyertaan modal negara (PMN) kepada KAI pun akan sangat besar. Mustahil, kata dia, jika kas negara hanya digelontorkan pada tahap konstruksi kereta saja. Sebab, tidak akan menolong kelanjutan proyek strategi nasional (PSN) tersebut.


"(Kalau hanya untuk konstruksi) Gak bakal menolong kalau menurut saya. Kecuali digelontorkan banyak uang, belum beroperasi, belum perawatan, ini masih membangun. Nanti operasinya mau menambah berapa lagi," ujar Agus saat dikonfirmasi, Senin (18/10/2021).

Sementara, kebutuhan biaya konstruksi diprediksi mencapai Rp120 triliun. Belum termasuk perkiraan pembengkakan yang saat ini tengah diaudit BPKP. Untuk memfinalisasi dan menyukseskan proyek di sektor transportasi itu, pemerintah akan tetap menggunakan APBN sebagai alternatif.


Indikator kedua adalah tidak ekonomis atau menguntungkan. Agus menilai pendapatan dari okupansi penumpang dan biaya operasional dan perawatan kereta tidak seimbang. Biaya operasional kereta per tahun diperkirakan mencapai Rp5 triliun - Rp10 triliun.



"Nanti kalau sudah beroperasi, saya perkirakan itu antara Rp5 triliun-Rp10 triliun per tahun. Itu gimana (cari) duit-nya? Kan ada biaya pembangunan sekarang, terus ada operasi, operasinya siapa yang bayar selulernya, itu duitnya bayarnya berapa? Terus penumpang, sehari katakan delapan kali, itu siapa yang mau naik? Bayar listrik, bayar pegawai, bayar sewa, bayar stasiun berapa, ya dihitung aja," katanya.


Ihwal keuntungan, Kementerian BUMN telah menghitung pengembalian modal proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan diperkirakan terjadi pada 40 tahun mendatang. Perkiraan ini merupakan perhitungan konservatif Kementerian BUMN dengan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, berdasarkan hitungan kasar pengembalian modal KCJB akan sama seperti Mass Rapid Transit (MRT).

"Secara konservatif, hitungan kami tetap payback period untuk equity-nya itu, ini ya 40-an tahun. Tapi kita belum tahu ya, ini hitungannya masih kasar. Ini kan mirip-mirip dengan MRT," ujar Arya.

sumbernya

Biar tekor yang penting kesohor emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 05:28
Quote:Original Posted By loungerkaskus


Biar tekor yang penting kesohor emoticon-Malu


Quote:Original Posted By Aparatkaskus
Ga beda dgn jual jalan tol yaitu sama2 kontoI


Quote:Original Posted By wa2n43
pastilah ..
biaya operasional kereta cepet musti di subsidi
(sama spt ~LRT palembang ~ krl jabotabek~mrt bulus monas )


Quote:Original Posted By localsecurity
Wasyu boncos


Quote:Original Posted By odjay05
sohor kan biar kefilih lg drun
inperahstruktur smakin maju ditangan pakede
gigiemoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By norlandtio
Yang katanya ndak balik modal ampe kiamat emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By keongjalanan
bagi kita dia dongok, namun bagi cina dia bawa hoki.
wkwkwkwk....


Quote:Original Posted By pilemon889
Buset BEP nya 40 thn
Minimal 4x ganti presiden baru balik modal
Itu pun kalo itungan nya tepat, kl ada add on kasus korupsi maka BEP nya "kapan-kapan"

Itungan bisnis spt ini disetujui dan dikerjakan dgn percaya diri dan penuh kebanggaan, ampun dah

emoticon-Cape d...

Hampir 1 generasi usia produktif di lewati utk bs BEP
Kl sebuah perusahaan di dirikan dgn itungan spt ini, keburu owner nya mati jg blm BEP

emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By music9000
rangkuman omongan agus dgn presiden:

tanpa tender dan ditunjuk langsung presiden
bunga 2 % pertahun
tidak rasional singgah di satu tempat
mahal tanpa subsidi
disubsidi pun blm tentu ad yg naik
kerugian bisa triliunan

blm lagi dari sisi tempat pemberhentian menurut warga setempat
suka banjir besar, jalanan sempit, jauh

selamat menikmati para JENIUS emoticon-Ngakak

oh ya kata agus, setelah diajak naik kereta sama jinping
OM JENIUS suka makanya minta dibuatin emoticon-Ngakak

model model JENIUS ini yg disukai CHINA
berikutnnya nanti GANJAR
tiba tiba hanyut aja tuh natuna berpindah tangan


Quote:Original Posted By bagong2018
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

GIF


Quote:Original Posted By Zedcool
Arya Sinulingga itu kerjanya ngapain aja... jadi jubir cuman pasang badan


Kalo ente2 kaga suka ama Owi , Presiden Indonesia yg terfilih secara adil dan demokrasi

Silahkan ente2 findah dari Indonesia

Gitu aje kok refot

Kaga ferlu samfe mewek kayak anjing terkaing2 berjamaah geto , samfe kesurufan segala

Situ sehat ??

Kebanyakan minum kencing unta made in warga ngarab ??


Yg kaga tahan derita ngeliat Owi jadi Presiden terfilih dan berfrestasi ..silahkan meweq dipojokan emoticon-Ngakak

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional



profile-picture
profile-picture
profile-picture
keongjalanan dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
profile picture
kaskus maniac
21-10-2021 07:35
Brt kalo ga suka liat wan avoed.. gimana dong
1
profile picture
kaskus geek
21-10-2021 08:22
Buset saudara tirinya bagong2018


emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus maniac
21-10-2021 09:05
Rekap sekaligus bbrp komeng lalu di reply dgn 1 komeng yg kaga ada nyambung nya ama sekali ama komeng2 yg di rekap

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Ciri khas buzzer goblok bin idiot
Kaga mampu counter argumen malah ngebacot soal pilpres lah, pindah negara, dsb

Pagi2 udh pamerin goblok dimari, td sarapan taik padat ato cair?


emoticon-Leh Uga
3
profile picture
kaskus maniac
21-10-2021 09:09
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
22-10-2021 12:58
@gmc.yukon cabut dari jakarta dong..eh palingan juga kebanyakan cebongerp tinggalnya di luar jkt, org2 kismin yg diumpanin uang buzzerp
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia