News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
40
Lapor Hansip
18-10-2021 14:55

[UPDATE] Jepang Sibuk Mencegat Pesawat Asing | 70 Su-57 Siap Beroperasi Tahun 2027

Segmen update kembali hadir untuk menghilangkan kegabutan agan dan sista, kali ini ada dua kabar menarik dari Jepang dan Rusia. Mari kita simak beritanya, dimulai dari Jepang emoticon-Cendol (S)

Jepang Sibuk Mencegat Pesawat Asing


Jepang ternyata cukup sibuk pada tahun 2021 ini, sepanjang periode April-September 2021 JASDF (Pasukan Beladiri Udara Jepang) telah menerbangkan 390 pesawatnya dalam misi scramble guna menghalau pesawat asing yang coba memasuki wilayah udara Jepang. Mengutip laporan news.yahop.co.jp Kementerian Pertahanan mengumumkan pada tanggal 15 Okober 2021 bahwa, misi scarmble yang dilakukan JASDF meningkat 19 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Secara khusus, misi scramble untuk pesawat China meningkat, terhitung 70% dari total keseluruhan. Menurut kementerian, jumlah pencegatan terhadap pesawat China meningkat 47 kali menjadi 281 kali, sekitar 72% dari total pesawat yang dicegat. Sementara pesawat Rusia yang dicegat menurun 32 kali menjadi 102 kali, yaitu sekitar 26%.

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi menunjukkan pada konferensi pers setelah pertemuan Kabinet pada hari yang sama, bahwa "jangkauan kegiatan telah diperluas tidak hanya ke Laut China Timur tetapi juga ke Samudra Pasifik dan Laut Jepang, dan telah lama- penerbangan jarak jauh telah dikonfirmasi." “Kami terus melakukan kegiatan aktif,” katanya.


Quote:
[UPDATE] Jepang Sibuk Mencegat Pesawat Asing | 70 Su-57 Siap Beroperasi Tahun 2027

F-15J milik Jepang.

Foto: JASDF



China dengan industri kedirgantaraannya memang terus memproduksi alutsista dalam jumlah yang banyak, mulai dari pesawat tak berawak dan pesawat berawak. Maka tidak heran jika Jepang dibuat sibuk selama tahun 2021 ini. Pada tanggal 24 Agustus 2021 lalu misalnya, sebuah drone Tengoen TB-001 Scorpion milik People's Liberation Army (PLA) yang berkualifikasi MALE (medium altitude long endurance) diketahui terbang ke Laut China Timur di sebelah barat laut Okinawa.

Kemudian sehari kemudian pada tanggal 25 Agustus, sebuah drone yang juga berkualifikasi MALE jenis Harbin BZK-005 terpantau terbang bolak-balik di atas Selat Miyako. Dan yang terakhir pada 26 Agustus, drone TB-001 Scorpion lainnya melakukan penerbangan serupa melalui Selat Miyako. Selain ketiga drone tersebut, pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2021, JASDF melaporkan kemunculan pesawat patroli maritim Shaanxi Y-8Q dan satu pesawat intelijen elektronik Shaanxi Y-9JB yang terbang menemani drone tersebut.

Menanggapi terbangnya alutsista milik China tersebut, JASDF kemudian mengirim F-15J untuk mencegat dan menggiring mereka keluar dari wilayah laut Jepang. Dengan meningkatnya potensi ancaman pelanggaran wilayah oleh pesawat asing milik China setiap tahunnya, maka JASDF wajib meningkatkan kesiapan para kru dan pesawatnya.


70 Su-57 Beroperasi Pada Tahun 2027


Berita kedua kali ini masih terkait angkatan udara, kali ini datang dari Rusia. Pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu, Rostec selaku perushaaan yang menangani penjualan dan pengiiman alutsista Rusia mengatakan bahwa 70 Su-57 akan beroperasi bersama Angkatan Udara Rusia pada tahun 2027. Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh media Rusia, TASS. Rostec memambahkan bahwa beberapa pesawat Su-57 sudah mulai dikirim tahun ini.

Rostec membuat pengumuman tersebut untuk mengomentari sebuah artikel di majalah National Interest yang berbasis di AS, yang mengklaim bahwa pesawat tempur siluman generasi kelima Sukhoi Su-57 "tidak mungkin memasuki layanan operasional sebelum 2027."

“Pesawat generasi kelima Rusia tidak membuat Barat merasa mudah. ​​Pesawat tempur Su-57 dan Checkmate sering menjadi fokus berita palsu. Fakta tidak benar yang tidak ada hubungannya dengan kenyataan telah dipublikasikan. Lebih dari 70 pesawat akan dikirimkan pada 2027, termasuk beberapa pesawat tempur tahun ini," kata Rostec dalam sebuah pernyataan yang ditulis dalam artikel TASS.


Quote:
[UPDATE] Jepang Sibuk Mencegat Pesawat Asing | 70 Su-57 Siap Beroperasi Tahun 2027

Foto: Aerotime.aero



Sukhoi Su-57 adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima buatan Rusia yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara, darat, dan laut. Jet tempur Su-57 memiliki fitur teknologi siluman (stealth) dengan penggunaan material komposit yang luas. Pesawat mampu mencapai kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik onboard paling canggih, termasuk komputer onboard yang kuat (yang disebut sebagai electronic second pilot), serta beberapa inovasi lainnya. Khususnya persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat.

Rencananya Angkatan Udara Rusia akan menerima 22 pesawat tempur Su-57 pada akhir tahun 2024, dan jumlah pesawat itu akan meningkat menjadi 76 pada tahun 2028. Sebagai tambahan informasi pesawat tempur Su-57 pertama dikirim ke Angkatan Udara Rusia pada tahun 2020.

Nah, demikian dua update singkat dari Rusia dan Jepang. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: news.yahop.co.jp& TASS
Ilustrasi Foto: JASDF & Aerotime.aero
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l4r20 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
militer-dan-kepolisian
Militer dan Kepolisian
0 Anggota • 2.1K Threads
[UPDATE] Jepang Sibuk Mencegat Pesawat Asing | 70 Su-57 Siap Beroperasi Tahun 2027
18-10-2021 15:09
Hmm..... Su 57 nya tsar rusia itu apa mmg sdh pasti bakal bs jd siluman jet tempur yg sesakti spt serial jet tempur siluman ala f22 n f35 toh, gan.......
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia