Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
175
Lapor Hansip
17-10-2021 16:33

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Menurut KBBI, agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Tuhan sendiri merupakan istilah yang mana artinya adalah sesuatu yang diyakini, dipuja dan disembah oleh manusia sebagai yang mahakuasa, mahaperkasa dan sebagainya.

Secara umum (menurut apa yang disembah) agama dibagi menjadi tiga yakni agama spiritual, agama ideologis dan agama interpersonal.

Agama spiritual merupakan agama yang mempercayai hal-hal supranatural yang mana percaya akan benda-benda yang tidak berwujud (seperti roh dan semacamnya). Agama seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu adalah contoh agama spiritual dan agama inilah yang diakui di Indonesia serta tingkatannya paling tinggi.

Agama ideologis adalah sebuah bentuk kepercayaan pada sebuah ide atau gagasan yang mana penganutnya percaya bahwa sebuah tindakan dapat memberikan pengaruh besar bagi dunia. Contoh agama ini adalah liberalisme, komunisme, veganisme, feminisme dan lain-lain (percaya atau tidak segala 'isme' itu bisa dianggap sebagai agama).

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Dan yang terakhir adalah agama interpersonal. Agama ini adalah sebuah bentuk kepercayaan atau harapan terhadap seseorang. Kendati levelnya jauh lebih rendah dibandingkan dua agama lain namun agama inilah yang paling berbahaya. Contohnya adalah… agama BTS.

Percayakah Anda bahwa agama adalah sesuatu yang bisa dengan mudah menggerakkan manusia? Agama memberikan harapan pada mereka yang putus asa dan menjanjikan manusia akan suatu hadiah yang akan kita dapatkan bila kita menuruti ajaran agama dengan baik. Agama adalah satu-satunya pegangan bagi kita di dunia yang serba tidak pasti ini dan tanpa agama semuanya akan menjadi abu-abu.

Agama adalah pegangan hidup yang paling penting dan karnanya juga siapapun yang bisa 'mengontrol' sebuah agama akan mendapatkan kekuasaan yang amat besar. Contohnya adalah Samuel Shenton, pendiri asosiasi bumi datar. Dia menjual propaganda kepada orang-orang dan meyakinkan sebanyak mungkin orang bahwa mereka sudah ditipu oleh elite global dan foto bumi bulat dari luar angkasa adalah palsu.

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Apa yang bisa Shenton jual untuk meyakinkan orang-orang? Yang dia jual adalah harapan. Banyak orang yang merasa bahwa pemerintah sudah merampok uang dari masyarakat demi kepentingan orang-orang di dalamnya dan projek luar angkasa hanyalah alasan pemerintah untuk menyelewengkan lebih banyak uang pajak. Mereka yang merasa kecewa dengan pemerintah secara alami akan memakan umpan yang Shenton berikan karna mereka memiliki musuh yang sama, pemerintah.

Dan dengan semakin banyak orang yang bergabung (dan tentunya semua anggota wajib membayar iuran) Shenton pun berhasil mengumpulkan cukup banyak uang. Ini adalah contoh penggunaan agama untuk kepentingan diri sendiri.

Praktik penggunaan agama demi kepentingan pribadi sebenarnya sudah terjadi sejak dahulu sekali. Sekitar tahun 1250 SM Firaun sudah mempraktekkan hal ini dengan mengakui dirinya sendiri sebagai Tuhan tertinggi dan dengan itu dia menetapkan pajak pada rakyatnya demi membangun istana, piramida, emas permata dan banyak hal lainnya. Meski demikian jika di masa sekarang ada orang yang mengaku sebagai Tuhan atau raja maka orang tersebut sangat mungkin berakhir di penjara. (Rip Sunda Empire).

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Meski demikian bukan berarti praktik semacam ini sudah menghilang. Ada banyak orang diluar sana yang menggunakan agama untuk membenarkan perbuatan mereka dan memaksa para pria untuk menumbuhkan janggut (iya, saya bicara tentang taliban). Ada juga banyak ajaran sesat yang awalnya tampak seperti pengajian namun ujung-ujungnya berakhir pada MLM.

Perkumpulan, organisasi atau bahkan grup facebook yang dari depan mengagung-agungkan agama namun sebenarnya didirikan dengan tujuan tertentu adalah contoh agama spiritual yang sudah melenceng dari jalannya, atau mungkin lebih tepatnya adalah agama spiritual yang dimanfaatkan dan sejujurnya membuat agama semacam ini adalah yang paling mudah dibanding membuat agama ideologis maupun interpersonal.

Ditangan seorang yang ahli agama adalah senjata yang luar biasa. Jika seseorang memiliki kepercayaan dari jutaan pengikut setia maka bukan tidak mungkin bagi orang tersebut untuk menggulingkan presiden. Seperti itulah seseorang dapat membuat 'agama' nya sendiri. Kumpulkan para pengikut dengan memberi mereka harapan, takut-takuti mereka dengan neraka dan kambing hitamkan seseorang untuk menjadi musuh bersama, jika semua faktor dieksekusi dengan baik maka agama tersebut akan kokoh mengakar di negeri ini meski sebenarnya agama tersebut adalah penipuan berskema besar.

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Jadi apa? Jadi tetaplah berpikir menggunakan akal sehat. Agama adalah sebuah tuntunan hidup dan jika Anda merasa agama Anda membuat hidup Anda semakin terasa buruk maka Anda seharusnya tahu apa yang harus Anda lakukan.

Hahhhh…. Agama adalah sebuah topik yang amat sensitif karna menyangkut kepercayaan seseorang. Bila tulisan saya ini menyinggung Anda atau apapun yang Anda percayai maka saya minta maaf, semua yang tertulis disini hanyalah kegabutan semata dan tak perlu dianggap serius. Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


Sumber: Dari berbagai sumber
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
starcrazy dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk untuk memberikan balasan
Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata
17-10-2021 16:49
betul itu

agama itu hanya keyakinan, faith, religion
hanya bisa dipercaya saja


bukan kebenaran, truth, or scientific yg bisa dibuktikan nyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
profile picture
kaskus geek
17-10-2021 16:59
Uniknya, agama spiritual tidak bisa dibuktikan ada tapi juga tidak bisa dibuktikan tidak ada. Meski demikian agama semacam ini bisa bertahan begitu lama.
1
profile picture
kaskus addict
17-10-2021 17:18
@ih.sul kalo agamanya, bisa dibuktikan.
Yg ga bisa dibuktikan adlh tuhan dr masing2 agama.

bagaimana bisa membuktikan kalo memang tidak ada?
1
profile picture
kaskus geek
17-10-2021 17:42
@qulit.qulup bagaimana bisa dibuktikan kalau itu tidak ada? Buktikan bahwa itu tidak ada. Hmm...
1
profile picture
kaskus addict
17-10-2021 17:49
@ih.sul lha yg mengklaim ada kan cuma umatnya aja.
bagi bukan umatnya apakah mengklaim ada?

Dan sesuai kaidah ilmiah, sains, alias manusia modern yg berpendidikan, pihak pengklaimlah yg harus membuktikan. Bukan pihak yg tidak mempercayai klaim tersebut.

Disebut juga, burden of proof
4
profile picture
kaskus addict
17-10-2021 18:00
@qulit.qulup @ih.sul

Bagaimana membuktikan yg tidak ada ?
Gampang,

Saya bisa buktikan pak jokowi tidak ada disini.
Kepada pak jokowi, silahkan muncul,...ada? Ato tidak ada?



Tidak ada
2
profile picture
kaskus geek
17-10-2021 18:02
1
profile picture
kaskus addict
17-10-2021 18:04
Yg ntu jokowi kw 5emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 02:12
Bukan tidak bisa dibuktikan

Mungkin toolnya belum dutemukan atau kemampuan manusia belum sampai sana

Contoh mikroba

Baru bisa dilihat setelah mikroskop ditemukan

Pdhl itu mikroba ada dimana2 dan manuska tidak mengetahuinya
1
profile picture
kaskuser
19-10-2021 09:19
ga ada kewajiban bagi pemeluk agama untuk meyakinkan org lain bahwa Tuhan itu ada. kecuali jika memaksa org lain untuk percaya, maka dia wajib membuktikannya.
0
profile picture
aktivis kaskus
19-10-2021 11:03
@qulit.qulup @ih.sul Jangan mbulet dong gan, kalau ada perlu di buktikan, kalau ga ada kenapa harus dibuktikan?
1
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 12:12
@qulit.qulup @ih.sul @manda03 salah dalam penelitian deskriptip

Yg percaya dan yg tidak percaya harus membuktikan, ini menunjukkan kalo argumen/ pendapat mereka benar
0
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 12:36
@accelero @qulit.qulup @ih.sul @manda03 udah dibuktikan tuh ama agan yg di atas bahwa emang gak ada. Kalau ada, dipersilahkan bagi tuhan untuk balas postingan di sini.
emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 12:38
@qulit.qulup @ih.sul @manda03 @mat.piere pake asumsi?

Metodenya apa?

Pake Alat apa?

Yg menunjukkan kalo tuhan gak ada
0
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 12:45
@accelero @qulit.qulup @ih.sul @manda03 pake panggilan lah. Kan dia maha segala galanya. Apa yg dia mau bisa dia buat dalam sekali jentikan jari. Sekarang saya panggil dia buat ngepost di trit ini kalau dia ada. Gak ada kan?
0
profile picture
kaskus addict
19-10-2021 13:35
@accelero apakah mikroba diklaim maha segalanya?
0
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 13:49
@qulit.qulup jaka sembung bawa golok
0
profile picture
kaskus addict
19-10-2021 13:57
@accelero nah kan.

tuhanmu diklaim maha segalanya, tp nongolin diri untuk pembuktian dia exist aja ga bisa.
atau mungkin klo pembuktian fisik susah, ga perlu fisik deh, suara aja.

nah mikroba, gak diklaim maha segalanya, klo dia ga bisa dengan sengaja menampakkan diri, ya ga ada masalah

atau jangan2 bukti yg km ajukan bahwa tuhanmu ada tu seperti ini?

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata
0
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 15:00
@qulit.qulup lo tonton intesteller gih, ngapain the ONE nemuin mahluk dimensi 3 hahaha

Emang lo siapa? Ngapain presiden amerika nemuin lo, yg butuh siapa, lo apa presiden amerika?

Presiden amerika gak butuh pengakuan lo kalo dia eksis,

Itu cuman logika
0
profile picture
kaskuser
19-10-2021 15:19
@accelero @qulit.qulup
agan ini ada benarnya.
Jika Dia Tuhan, dan Dia ingin kita sebagai manusia imenyembah Nya, apa susahnya bagi Tuhan untuk menampakkan diri Nya? atau spt perkataan agan ini, bisa saja Dia muncul dan membalas postingan ini

Bahkan scr logika, jika Tuhan menampakkan diri Nya, bukankah akan menghentikan perdebatan dan konflik atas nama agama? Jika mau jujur, ada brp banyak konflik di dunia yang mengatas namakan agama?

Ane bkn seorg atheis, saya sangat meyakini iman ane. Ttp ane paham keresahan org2 yg kaga percaya atas eksistensi Tuhan dan ane sama sekali ga mau nge judge.
0
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 15:24
@accelero @qulit.qulup presiden amerika gak nemuin kita ketika disummon. Fine. Mungkin dia gengsi.

Presiden amerika gak nemuin kita ketika ada yg teriak2 nama dia. Fine. Mungkin dia sibuk.

Presiden amerika gak nemuin kita waktu ada yg terbunuh atas nama dia. Fine. Mungkin ada tugas kenegaraan.

Presiden amerika gak nemuin pengikutnya yg membantai orang lain atas nama dia. Fine. Mungkin dia pemalu.

Trus apa gunanya dia jadi presiden? Butuh kiamat dulukah baru dia mau nemuin kita?

Jawabannya sih gampang. Seandainya dia itu ada, dia itu gak mau dan gak sanggup ketemu kita. Sama seperti virologist yg menciptakan virus. Bagi si virus, virologist itu mungkin tuhan yg menciptakan mereka. Tapi apakah si virologist peduli ama nasib each and every one virus?

Kita ini hanya proyek sains dia. Dan siapa tau juga, kalo kita ini hanya sekelompok virus yg menghuni sel yg dinamakan bumi?
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 40 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia