Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
175
Lapor Hansip
17-10-2021 16:33

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Menurut KBBI, agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Tuhan sendiri merupakan istilah yang mana artinya adalah sesuatu yang diyakini, dipuja dan disembah oleh manusia sebagai yang mahakuasa, mahaperkasa dan sebagainya.

Secara umum (menurut apa yang disembah) agama dibagi menjadi tiga yakni agama spiritual, agama ideologis dan agama interpersonal.

Agama spiritual merupakan agama yang mempercayai hal-hal supranatural yang mana percaya akan benda-benda yang tidak berwujud (seperti roh dan semacamnya). Agama seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu adalah contoh agama spiritual dan agama inilah yang diakui di Indonesia serta tingkatannya paling tinggi.

Agama ideologis adalah sebuah bentuk kepercayaan pada sebuah ide atau gagasan yang mana penganutnya percaya bahwa sebuah tindakan dapat memberikan pengaruh besar bagi dunia. Contoh agama ini adalah liberalisme, komunisme, veganisme, feminisme dan lain-lain (percaya atau tidak segala 'isme' itu bisa dianggap sebagai agama).

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Dan yang terakhir adalah agama interpersonal. Agama ini adalah sebuah bentuk kepercayaan atau harapan terhadap seseorang. Kendati levelnya jauh lebih rendah dibandingkan dua agama lain namun agama inilah yang paling berbahaya. Contohnya adalah… agama BTS.

Percayakah Anda bahwa agama adalah sesuatu yang bisa dengan mudah menggerakkan manusia? Agama memberikan harapan pada mereka yang putus asa dan menjanjikan manusia akan suatu hadiah yang akan kita dapatkan bila kita menuruti ajaran agama dengan baik. Agama adalah satu-satunya pegangan bagi kita di dunia yang serba tidak pasti ini dan tanpa agama semuanya akan menjadi abu-abu.

Agama adalah pegangan hidup yang paling penting dan karnanya juga siapapun yang bisa 'mengontrol' sebuah agama akan mendapatkan kekuasaan yang amat besar. Contohnya adalah Samuel Shenton, pendiri asosiasi bumi datar. Dia menjual propaganda kepada orang-orang dan meyakinkan sebanyak mungkin orang bahwa mereka sudah ditipu oleh elite global dan foto bumi bulat dari luar angkasa adalah palsu.

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Apa yang bisa Shenton jual untuk meyakinkan orang-orang? Yang dia jual adalah harapan. Banyak orang yang merasa bahwa pemerintah sudah merampok uang dari masyarakat demi kepentingan orang-orang di dalamnya dan projek luar angkasa hanyalah alasan pemerintah untuk menyelewengkan lebih banyak uang pajak. Mereka yang merasa kecewa dengan pemerintah secara alami akan memakan umpan yang Shenton berikan karna mereka memiliki musuh yang sama, pemerintah.

Dan dengan semakin banyak orang yang bergabung (dan tentunya semua anggota wajib membayar iuran) Shenton pun berhasil mengumpulkan cukup banyak uang. Ini adalah contoh penggunaan agama untuk kepentingan diri sendiri.

Praktik penggunaan agama demi kepentingan pribadi sebenarnya sudah terjadi sejak dahulu sekali. Sekitar tahun 1250 SM Firaun sudah mempraktekkan hal ini dengan mengakui dirinya sendiri sebagai Tuhan tertinggi dan dengan itu dia menetapkan pajak pada rakyatnya demi membangun istana, piramida, emas permata dan banyak hal lainnya. Meski demikian jika di masa sekarang ada orang yang mengaku sebagai Tuhan atau raja maka orang tersebut sangat mungkin berakhir di penjara. (Rip Sunda Empire).

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Meski demikian bukan berarti praktik semacam ini sudah menghilang. Ada banyak orang diluar sana yang menggunakan agama untuk membenarkan perbuatan mereka dan memaksa para pria untuk menumbuhkan janggut (iya, saya bicara tentang taliban). Ada juga banyak ajaran sesat yang awalnya tampak seperti pengajian namun ujung-ujungnya berakhir pada MLM.

Perkumpulan, organisasi atau bahkan grup facebook yang dari depan mengagung-agungkan agama namun sebenarnya didirikan dengan tujuan tertentu adalah contoh agama spiritual yang sudah melenceng dari jalannya, atau mungkin lebih tepatnya adalah agama spiritual yang dimanfaatkan dan sejujurnya membuat agama semacam ini adalah yang paling mudah dibanding membuat agama ideologis maupun interpersonal.

Ditangan seorang yang ahli agama adalah senjata yang luar biasa. Jika seseorang memiliki kepercayaan dari jutaan pengikut setia maka bukan tidak mungkin bagi orang tersebut untuk menggulingkan presiden. Seperti itulah seseorang dapat membuat 'agama' nya sendiri. Kumpulkan para pengikut dengan memberi mereka harapan, takut-takuti mereka dengan neraka dan kambing hitamkan seseorang untuk menjadi musuh bersama, jika semua faktor dieksekusi dengan baik maka agama tersebut akan kokoh mengakar di negeri ini meski sebenarnya agama tersebut adalah penipuan berskema besar.

Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

Jadi apa? Jadi tetaplah berpikir menggunakan akal sehat. Agama adalah sebuah tuntunan hidup dan jika Anda merasa agama Anda membuat hidup Anda semakin terasa buruk maka Anda seharusnya tahu apa yang harus Anda lakukan.

Hahhhh…. Agama adalah sebuah topik yang amat sensitif karna menyangkut kepercayaan seseorang. Bila tulisan saya ini menyinggung Anda atau apapun yang Anda percayai maka saya minta maaf, semua yang tertulis disini hanyalah kegabutan semata dan tak perlu dianggap serius. Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


Sumber: Dari berbagai sumber
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
starcrazy dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Masuk untuk memberikan balasan
Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata
17-10-2021 16:38
Dulu orangtua saya pernah berobat ke orang yang sebenarnya mirip dukun tapi pengobatannya dengan membakar kertas bertuliskan bahasa arab. Dulu saya pikir itu ayat alquran tapi sebenarnya itu apaan ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ableh80 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus addict
17-10-2021 17:17
Emg ayat quran, atau doa khusus dari pemuka agama.

islam di endonesa udah terasimilasi dengan kepercayaan tradisional. Sehingga sistem religi yg ada disini berbeda dengan arab.
0
profile picture
aktivis kaskus
17-10-2021 18:55
@qulit.qulup bukan gan , itu tulisan arab . dulu dukun bisa di lihat secara kasat mata namun dengan perkembangan zaman mereka lebih sulit dideteksi oleh indra pengelihatan bahkan ada yg bergelar sebagai pemimpin umat Islam namun yg umum itu mereka selalu memberikan syarat syarat tertentu yg tidak sesuai syariat Islam itu sendiri , bedanya sama Dai yg benar adlh mereka hanya menyampaikan selebihnya dia mengembalikan ke Allah
1
profile picture
aktivis kaskus
17-10-2021 19:04
dan perlu untuk diketahui , dukun bukan hanya ada di indonesia namun diarab sana ada juga bedanya disana ada kementrian khusus menangani hal trbst . jadi jangan kira dukun itu ciri khas indonesia malahan dukun indonesia bisa dikatakan murid lah kalo buat dukun arab , gimana ngga ? orang dukun disana itu mainannya ekstrim bahkan jinnya itu lebih dari yg ada diindonesia . kalo disini yg terkenal itu nyi roro disana mah itu sekelas jin ifrit , disana yg terkenal adlh bapaknya jin yaitu iblis
0
profile picture
kaskuser
17-10-2021 19:07
Namanya rajah, dibuat dukun untuk mengelabui orang agar percaya bahwa ilmu yang dia dapat itu dari Allah atau jin islam. Padahal yang gitu2an semuanya perbuatan syirik.
5
profile picture
kaskus addict
17-10-2021 22:55
@mutemax8176 dr sepengalamanku, untuk bacaan doa emg dari quran, yg biasanya di mix dengan bahasa setempat.

kalo tulisannya, arab gundul.
bahasa melayu/jawa/daerah, tp ditulis pake aksara arab.

Kalo pake bau2 arab seperti tulisan/solat hajat/doa walopun pake bahasa daerah tu doanya ditujukan ke tuhan arab yg disembah muhammad.

Kalo ke mythical being/deity lain, ga perlu pake yg berbau arab dalam ritusnya.

*kecuali untuk bau2an, seperti minyak, bukhur, dupa, bunga, ini universal. Banyak sistem religi make wangi2an dalam ritus ibadahnya.
termasuk islam.

hanya saja mungkin berbeda di bentuknya aja.
1
profile picture
aktivis kaskus
18-10-2021 09:26
@qulit.qulup Doa itu bisa berasal dari ucapan seseorang maupun penggalan Surah Al Quran , maka didalam Islam ketika seseorang berbicara pada manusia itu diwajibkan yg baik baik atau diam . Kalo urusan gaib dalam Islam tidak boleh umat Islam mencampuri itu , dulu masyarakat jahiliyah arab (mungkin sekarang masih ada) menyembah patung ( berhala ) seperti

Berhala Hubal

Berhala Latta

Berhala Uzza

Berhala Manat

Berhala Dzu Al-Halas, letaknya antara Mekkah & Madinah

Dan lain-lain.
Dalam bahasa Indonesia, kata berhala diartikan sebagai patung para dewa. Adapun dalam islam, berhala ini menunjuk setidaknya pada 3 hal yakni:

Asnam, adalah benda-benda yang terbuat dari batu, emas, kayu, perak dan tembaga yang menyerupai makhluk dan disembah.

Awsan, adalah segala yang terbuat dari bahan-bahan sama seperti asnam namun mengambil bentuk bukan makhluk melainkan bentuk tertentu baik kecil atau besar.

Ansab, adalah batu yang disembah walau tidak memiliki bentuk tertentu , Ansab ini kebanyakan difungsikan sebagi tempat pemujaan , pertanyaannya apakah yg dipake oleh mrk saat menyembah patung trsbt adalah Ayat Al Quran atau bukan ? tentu kalo orang yg ngga paham mungkin akan mengira itu Ayat Al Quran , tapi yg paham pasti akan langsung bisa membedakan hal trsbt . prihal wewangian sudah dicontohkan oleh Nabi kami , gimana , dimana dan kapan harus make wewangian
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 09:46
@mutemax8176
1. Kenapa tidak boleh mencampur bahasa dalam doa?
Justru kalo tidak boleh mencampur, maka membuktikan bahwa tuhan tsb tidak maha segalanya.
Krn mewajibkan doa/permintaan yg ditujukan kepadanya hanya dalam bahasa tertentu. Alias si tuhan cuma tau bahasa tertentu.

Toh semua org pasti memohon sesuatu yg baik terjadi padanya.

2. Sebenernya ga ada org yg memyembah patung/pohon/dsb.

Hal2 tsb hanyalah SIMBOL deity yg mereka sembah.
Sama seperti org islam yg melakukan ritus religi menghadap ka'bah.
atau melempar jumrah ke tugu yg dianggap setan.
apakah ka'bah = tuhan?
apakah tugu = setan?
kan engga, hanya sebagai simbol aja.

3. Setiap "org pintar" pasti akan memberi bacaan doa.
nah bukannya ini sangat mudah untuk di crosscheck dalam kitabsuci islam?
kalo saya yg ke dukun, dikasih bacaan, saya pasti nanya ini dari quran ya? Surat apa ya?

4. Apakah ortu TS tidak menyembah tuhannya muhammad? Namun menyembah ansab menggunakan bacaan2 dari si dukun?
kupikir engga jg.
sang ortu tetap menyembah tuhan arab, namun ketika berdoa menggunakan metode yg dicampur dengan petunjuk si dukun.
0
profile picture
aktivis kaskus
18-10-2021 11:36
@qulit.qulup Perasaan gue ga pernah ngmng doa itu ngga boleh dalam bahasa selain arab , gue ngmng kalo berbicara ke sesama manusia itu yg baik baik atau diam karena ucapan adalah doa dan Gue baru denger kata ini loh dari orang selain Islam " Hal2 tsb hanyalah SIMBOL deity yg mereka sembah" , setiap orang ntah itu temen , relasi bahkan praktisi yg menyembah patung gue tanya rata rata mrk ngasih jawaban " ini ( Patung ) adalah jelmaan tuhan mrk " , beda jawaban ketika gue tanya keguru agama semua ngejawab kalo ummat Islam menjadikan ka'bah sebagai arah (kiblat) dia beribadah karena diperintahkan oleh Allah Jalla Fi ' ulla , gue pribadi gue ga mau nyebut orang begitu dengan istilah orang pintar . akan lebih pas jika sebaliknya orang bodoh kenapa ? karena dia dikasih petunjuk ada Tuhan namanya Allah tapi masih meminta selain Allah , bukankah ketika seseorang yg sudah dikasih tau tapi masih tetep aja ngga ngerti kita nyebutnya orang bego bukan pintar? gue kasih tau ciri ciri setan manusia (dukun) :
ketika ditanya siapa yg menciptakan langit dan bumi serta segala isinya dia ngejawab Allah artinya seorang muslim tapi dengan semua keyakinan itu mereka masih menyekutukan Allah sebagai Tuhan dalam arti lain mereka meminta selain Allah . Prihal Ortu TS gue bisa menyimpulkan kalau mrk dan TS sendiri adalah orang yg hanya ikut ikutan dalam hal beragama , tidak ubahnya seperti orang awam yg tidak tahu apa apa dan hanya mengikuti perkataan orang yg dianggapnya benar tanpa mempelajari kandungan kata trsbt . dalam arti lain hanya ingin instan tanpa mau melihat proses , kalo salah mungkin gue terlalu berfikir terlalu jauh
0
profile picture
kaskuser
18-10-2021 11:52
Maap nih, ka'bah itu bukan simbol of deity tapi sebagai penentu arah (titik patok hadapan untuk menyembah). Yang pada awalnya, titik ini pertamakali menghadap ke baitul maqdis di palestina. Ka'bah juga adalah titik 0 bertemunya garis horizontal dan vertical. Dimana Allah sering menurunkan para malaikatnya ditempat ini.

Nggak ada istilahnya ka'bah dijadiin simbol sembahan. Pada dasarnya saja, Islam sudah melarang penggunaan benda apapun sebagai perantara.
Arab gundul yang dibuat dukun itu bukan doa, dan nggak ada artinya sama sekali. Malah kalo dibacapun terkesan ngasal, dan seringkali menyamai kosakata bahasa jawa atau bahasa2 lainnya yang dikehendaki para dukun. Dan itu semua untuk mengelabui. Doa yang afdhol itu bahasa arab, karena al quran diturunkan dengan bahasa arab dan penduduk alam barzakh termasuk malaikat dan jin memakai bahasa arab.
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 12:05
@.blackbird.
1. titik 0 ketemunya horizontal vertical?
ngaco drmn lagi ini?

2. Klo bukan simbol, harusnya dihancurin gpp dong?
lalu apa maksud lempar jumroh kpd tugu phallus?
Apakah tugu tersebut adlh setan? Kan engga, melainkan hanya sbg simbol saja.

3. Arab gundul tetap doa, tergantung artinya dan pengharapan dr org tsb.
Kalo si malekat atau si tuhan gak mampu memahami doa selain bahasa arab, suruh lengser aja.


@mutemax8176
1. lha kalimat di alinea pertamamu yg tidak boleh mencampur?

2. Jawaban temenmu klo patung adalah jelmaan jelas ngaco emoticon-Big Grin
ada ribuan patung, berarti tuhannya ada ribuan? Tapi merujuk ke 1 objek yg sama?
oleh krn itu kusebut simbol.
atau mungkin km nanya ke org yg tidak bisa memberi kosakata yg tepat.

3. Ada tuhan namanya allah? Itu cuma dipercaya bagi yg nyembah dia. Klo ga nyembah dia ya dia ga percaya allah. Dan bukan org yg bodoh jg klo menyembah selain allah.

4. dan km ga membaca textku dengan jelas.
pada kasus ortu TS, apakah dia berdoa kpd selain allah?
Doanya sih ttep kpd allah, cuman tata cara berdoanya yg berbeda.

5. Coba jwbnya perpoin, biar lebih gampang.
1
profile picture
kaskuser
18-10-2021 12:17
@qulit.qulup @mutemax8176
1. Disebut bertemunya titik 0 horizontal karena seluruh umat muslim menghadap kesana dan titik 0 vertical karena disitu tempat sering turunnya para malaikat dan wahyu2.

2. Ka'bah, hari ini adalah tempat yang diharamkan oleh Allah untuk berbuat zholim. Dan itu termasuk menghancurkan bangunan2 tanpa hak dan tujuan yang jelas. Dalilnya ada disurat Al Ankabut (67), surat Al Qashash (57), dan surat Al Hajj (25).

Dan ada masanya ka'bah itu dihancurkan oleh bangsa habasyah, setelah mekkah direbut sebelum kiamat kubra terjadi.

3. Arab gundul bukan doa, berdoa nggak bisa cuman dengan harapan. Tapi harus dengan kata2 yang jelas. Kalo itu arab gundul tapi nggak ada artinya, orang biasapun nggak ada yang ngerti. Tapi Allah ngerti niat masing2 makhluk terhadap arab gundul yang dia buat. Dan niat yang dimaksud dengan penulisan arab gundul atau rajah yang dibuat dukun itu untuk mengelabui. Bukan arab gundul dengan artian yang baik.
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 12:26
@.blackbird.
1. Oh jd titik 0 klaim halu lagi toh. Ok lah klo gt. Kirain bener2 titik 0 dari penelitian ilmiah.

2. Kabah sendiri udah pernah jd tempat pembantaian yg dilakukan oleh muslim kepada muslim, namun akhirnya berhasil dipadamkan oleh kafir yg bekerjasama dengan muslim.
Terjadi di taun 1979.

jadi percuma dong allah haram2in sesuatu tp ga bisa mengatasi langsung hal tsb?

3. Lha arab gundul itu cuman aksaranya aja, sedangkan pengucapannya biasa pake bahasa melayu, bhs jawa, atau daerah lain.
dan mostly dicampur ama kutipan quran.

Darimana km tau klo allah menyimpulkan doa dengan txt arab gundul gundul tidak berniatan baik?
allah menyatakan hal tsb kepadamu?
0
profile picture
kaskuser
18-10-2021 12:43
@qulit.qulup

1. Itu udah jelas dalam penglihatan kamu sehari2, dan makkah khususnya ka'bah adalah tempat turunnya malaikat. Dan kamu yang nggak percaya tuhan mana paham hal tersebut.

2. Pembantaian oleh Juhayman Al Utaybi itu masuk kedalam salah satu peristiwa usaha penghancuran ka'bah oleh para khawariji. Sebelum makkah akhirnya ditaklukkan oleh bani abbasiyah. Kan udah ane sebutin diawal, Allah masih menjaga tempat ini dari kehancuran. Walaupun ka'bah itu sering dianggap berhala oleh orang2 seperti kamu.

3. Arab gundul bukan doa.
0
Post ini telah dihapus
profile picture
kaskuser
18-10-2021 12:51
@qulit.qulup

1. Ini pernyataan orang yang putus asa.

2. Seorang muslim harus percaya kepada qodo dan qodar. Yaitu ketetapan dan kehendak Allah pada makhluknya. Dan lagi, kamu itu nggak paham dengan hal ini sehingga kamu mencari2 pembenaran atas statment yang kamu buat sendiri. Dan kamu bingung dengan statement2 kamu sendiri sedang kamu orang yang nggak beriman. Lalu menyerang dengan pemikiran2 kamu sendiri tanpa dalil.

3. Lagi2 ini adalah statement orang yang putus asa.
0
profile picture
aktivis kaskus
18-10-2021 12:59
@qulit.qulup gue mulai dari 1 , yg gue maksud adalah tidak boleh mencampuri urusan gaib . 2 ya mungkin aja ada banyak kristen misalkan ada 3 tuhan yg mrk sebut sebagai tuhan dan menganggap patung sebagai jelmaan tuhan mrk , ada hindu dengan patungnya dan budha . 3 , kan yg jadi bahasan adalah dukun yg menyerupai Ustad , gimana si . untuk yg lain gue ga peduli . 4 , ya makannya gue bilang ortu TS dan TS sendiri tidak ubahnya seperti orang awam yg beragama , dimana ketika menurut dia benar ya diikuti tanpa dipelajari . padahal itu sebuah kelalaian , padahal seseorang yg beragama seharusnya mempelajari bukan ikut ikutan
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 13:00
@.blackbird.
1. Lha km diminta pembuktian malaikat turun jg ga bisa kan?
cuma atas keyakinanmu semata?

2. Logika sederhana,
tuhanmu diklaim menjaga suatu tempat dari pertumpahan darah.
faktanya, pertumpahan darah masih terjadi.
Lalu dimana penjaganya?

3. Lah, kan udah kutanya sebelumnya, darimana km bisa menyimpulkan allah menganggap arab gundul bukan doa?
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 13:07
@mutemax8176
1. Ohhh, salah tangkep klo gt.

2. Nah krn itu kubilang jwbn temenmu ngaco. Krn kosakata yg benar bukan jelmaan namun simbol.

3. Ohh untuk dukun muslim, kupikir scr universal.

4. Krn kebenaran dalam beragama itu subyektif, km ga bisa menyatakan dia lalai.
Lha wong cuma berdoa yg pake cara berbeda.
bukan beribadah dengan cara yg berbeda.

mau dibilang salah jg ga bisa, krn sang tuhan sendiri tidak bisa scr langsung menyatakan yg dia lakukan adlh salah.
0
profile picture
aktivis kaskus
18-10-2021 13:24
2 , mungkin tapi mrk bilang itu tuhan , berbeda ketika gue tanya ke guru agama tentang ka'bah mereka semuanya bilang itu arah (kiblat) untuk ummat Islam ketika ingin beribadah , kalo diibaratkan beginilah kalo Allah nyuruh ummat Islam menghadap pohon ya kami menjadikan pohon sebagai kiblat . 3 , kan tritnya tentang orang tua ts yg berobat ke salah satu praktisi yg mungkin dikenal sebagai dukun . 4, justru karena subjek yg dia pake buat berdoa itu apa . makannya bisa dinilai salah atau benar , kalo dalam kondisi dia menggunakan jin sebagai perantara ya sama aja itu syirik soalnya dia minta bantuan jin , padahal Allah itu sedekat pembuluh darah bagi yg yakin . namun karena ngga yakin ya dia meminta dukun untuk membawa doa trsbt , yg dijadikan sebagai permainan oleh 2 makhluk bodoh trsbt . Dan jangan salah Tuhan gue Allah itu bisa membedakan antara orang orang yg beriman dan yg kafir dari sebuah ujian hidup
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 13:41
@mutemax8176
2. Jd konteksnya sama seperti ngejawab ini mobil pdhl bukan mobil
Pembahasan Ngaco! Agama Sebagai Senjata

4. Coba ditanya ke TSnya, apakah doa yg dipanjatkan secara explicit meminta kpd selain allah?
kalo dr yg kutau baik ketika kuliah antropologi maupun observasi, mereka tetap berdoa yg ditujukan kpd si allah. Hanya saja ga pake bahasa arab.

Iya, bagi kafir emg biasa disebut azab, sedangkan bagi penyembahnya disebut cobaan.
terjadi pada agama apapun 😁
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 51 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia