Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
357
Lapor Hansip
16-10-2021 17:34

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?



Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Menarik melihat banyak pengangguran di Indonesia sangat banyak, padahal kalau mau jujur banyak pekerjaan yang bisa kamu lamar! Sebenarnya apa sih masalahnya?

Apakah benar lowongan pekerjaan tidak ada? Pasti pada ga sabar untuk mengulik perihal lapangan pekerjaan di Indonesia. Kita lihat saat ini UU Cipta Kerja yang dibuat dengan dasar visi pemerintah ternyata membuka lapangan kerja yang lebih luas lagi, disini memang banyak hoax yang beredar namun ternyata secara perlahan harus diakui UU Cipta Kerja telah memiliki aturan yang mendukung lainnya berupa 45 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres), disini memberikan lapangan pekerjaan lebih mudah untuk para pengangguran.

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Seperti halnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2021 yang melengkapi dari Undang-undang (UU) No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mengenai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), Alih Daya (Outsourcing), Waktu Kerja serta Waktu Istirahat, dan juga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hasilnya menarik di tahun 2021 Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, sempat mengatakan minimal Indonesia membutuhkan pekerja sebanyak 1,3 juta orang di tahun 2021.

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Oke, berarti kesempatan lowongan pekerjaan sesudah pandemi kemungkinan besar akan meningkat, belum lagi investor juga mulai naik akibat UU Cipta Kerja yang diberlakukan. Seharusnya dengan banyaknya pekerjaan yang mulai ada kenapa tetap banyak pengangguran?

Disini kuncinya bukan lapangan pekerjaannya, tetapi pekerjanya, alias SDM nya. Pekerjaan memang banyak tapi masyarakat pencari kerja rata-rata pemilih dan banyak mengeluh. Terlebih anak sekarang yang dimanjakan dengan berbagai macam kemudahan, mau makan tinggal pesan online, mau belajar dan sekolah online bisa sambil rebahan, mau keluar rumah malas bawa kendaraan tinggal naik ojek online.

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Semua hal banyak sekali yang dipermudah, hingga uang digital menjadi penting untuk membeli pulsa, bayar listrik, banyak sekali masalah pembayaran yang bisa dilakukan secara online termasuk shoping. Ketika semua dipermudah maka yang timbul adalah kemalasan, ketika mereka mencari kerja maka yang dicari adalah pekerjaan yang simple, duduk dibalik meja, tanpa harus disuruh-suruh, dan kerjanya santai dengan gaji yang besar pekerjaan apakah itu? Duduk di gedung DPR bisa dibilang menyinggung pekerjaan itu, namun untuk masuk kesana tak mudah kalau bukan artis atau punya nama tentu harus aktivis mahasiswa yang kerjanya demo di jalanan agar terkesan punya nama dan bisa digunakan kelompok tertentu, bahkan bisa saja menjadi corong suara petahana atau oposisi sering dinamakan oleh kita saat ini buzzer.

Lantas bagaimana dengan pekerjaan sebagai buruh di segala bidang, sales promotion, bahkan para pedagang? Mereka yang sekolah tinggi hingga sarjana tentu akan melirik pekerjaan dengan jabatan yang lebih tinggi, padahal jabatan tinggi ini terbatas. Hasilnya banyak sekali sarjana menganggur, sedangkan yang lulus sekolah menengah atas karena hanya dipikirannya kerja itu harus tiap hari pulang pergi ke tempat tertentu dan setiap bulan dapat gaji, mereka tidak melihat pekerjaan yang bisa menghasilkan namun dikerjakan dari rumah atau terima panggilan seperti jasa instalasi listrik, AC, service elektronik, warung dan banyak hal lainnya hingga dagang online dan konten kreator termasuk pekerjaan yang bisa dilakukan dari tempat tinggal sendiri.

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Ketika mereka yang mentok kerja di perusaan atau menjadi abdi negara maka keahlian mereka pun akan dijual hasilnya tentu saja uang, namun karena tetangga melihat mereka banyak dirumah cap pengangguran pun tersemat.

Disinilah kenapa Indonesia terlihat banyak pengangguran, profesi kerja itu hanya dilihat mereka yang pulang pergi dari pagi hingga malam, sedangkan saat ini banyak profesi yang bisa dilakukan dari dalam rumah.

Maka statistik pengangguran terlihat cukup banyak, karena stigma bekerja adalah mereka yang bekerja di perusahaan besar, sedangkan para pedagang kaki lima, psk, hingga menjual jasa alias calo tidak dihitung sebagai pekerja. Padahal apapun itu yang menguntungkan dan mendapatkan uang bisa dibilang sebagai pekerjaan.

Ada hal yang sangat penting ketika mencari pekerjaan, power orang dalam masih sangat berpengaruh.

Tapi inilah realita bagi sebagian orang cari kerja tanpa orang dalam seperti halnya mencari jarum ditumpukkan jerami. Walau lowongan banyak tetap saja orang dalam itu penting, apalagi usaha keluarga. Bahkan ada juga cerita ketika pelamar kerja yang dipanggil oleh pihak personalia ternyata tak datang, bahkan dianggap berkualitas rendah. Ini yang banyak menyebabkan SDM tidak terserap secara sempurna.

Maka persentase pekerja dengan gaji UMR memang bisa dibilang sedikit, sslebihnya bisa dikatakan pengangguran. Walau profesi pengamen hingga pengemis mendapatkan uang mereka tetap disebut pengangguran.

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

Belum lagi yang sudah bekerja, tidak bisa menerima tekanan dari job desk yang sudah diberikan ujungnya keluar dan kembali menjadi pengangguran.

Jadi itulah kenapa bisa dibilang pengangguran banyak di Indonesia! Silahkan kalau ingin berpendapat yang lain bisa corat coretnya di kolom komentar.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?


Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krensngat dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Masuk untuk memberikan balasan
Kenapa Indonesia Banyak Pengangguran?
16-10-2021 20:33
Kurang skill dan koneksi sepertinya gan,
Menurut gua hanya dengan 2 hal yg gua sebutin diatas sudah secure 1 job bidangnya entw

______________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Mengenal Brainwave Software


Semoga bermanfaat untuk semuanya


Original post by :
greasemonkey09
emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
16-10-2021 23:26
bahkan ada yang bilang, gapapa ga punya skill yang penting ada orang dalam, ya ga salah sih. awal mula adanya orang dalam sendiri pun karena perusahaan pernah kecewa dari pekerja yang baru sekedar buat jadiin tempat usahanya batu loncatan semata wkwkwk
1
profile picture
aktivis kaskus
17-10-2021 09:56
@indrab12432 ya betul gan beberapa kasusnya rekrut org2 yg sesuai bidang, malah cuma dijadiin batu loncatan dn susah ikutin aturan kantor

jd yg ga ada skillnya direkrut trus ditraining pelan2, malah lebih loyal dikasus tsb
0
profile picture
kaskuser
19-10-2021 08:53
@SAP123 yup, saya pernah baca dimana gitu alasan beberapa perusahaan melakukan praktik spt orang dalam krn sering dijadiin batu loncatan doang
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia