Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
248
Lapor Hansip
15-10-2021 20:04

Nilai Rapor TS Berderet Angka 9. Tapi Semua itu Sampah!

Nilai Rapor TS Berderet Angka 9. Tapi Semua itu Sampah!

(dokumen pribadi)

Mendapat berderet nilai 9 di rapor seperti ini mungkin dari kaca mata orang pada umumnya adalah sebuah prestasi yang membanggakan. Tetapi tidak bagi TS. Tidak ada bangganya sama sekali. Sebab nilai tinggi itu tidak 100% didapatkan dengan cara jujur. 

Sebuah ironi. Sekolah kami merupakan SMA favorit di kabupaten. Sangat begengsi.  Mayoritas lulusan SMA kami bisa tembus PTN dan sekolah kedinasan ternama. Hampir tiap tahun langganan juara olimpiade tingkat provinsi, belum lomba-lomba lainnya, sekeliling tepi aula besar itu sampai penuh sesak oleh medali dan deretan piala. Namun di sisi lain ada praktik-praktik busuk yang akan TS beberkan di sini.

Pertama, Gila Belajar sampai Over Dosis. Mata pelajaran sampai 13 macam. Saat kelas 10 malah 14 macam. Belajarnya lebih lama dari sekolah biasa. Saat sekolah lain sudah bubar, kami masih harus berkutat dijejali pelajaran. Senin sampai rabu belajar sampai jam 5 sore. Kamis juga pulang sore dengan agenda ekstrakurikuler dari jam 1 sampai jam 5 sore. Jumat juga pulang sore dengan agenda organisasi dari selepas jumatan sampai jam 5 sore. Pulang ke kost jangan harap bisa langsung santai, sudah menunggu PR-PR yang harus diselesaikan. Lebih parah lagi kalau di kelas 12,  khusus semua siswa kelas 12 wajib tinggal di asrama sekolah sekalipun rumahnya berada di seberang pagar sekolah. Apa yang bikin parah? Ada kelas tambahan di malam hari selepas Isya. Dari pagi sampai sore belajar. Malam juga belajar. Belum lagi ngerjain PR. Teler bin mabok belajar. Jujur saja cara seperti ini amat memperkosa otak kami! 

Hasilnya? Nih muncul praktik busuk kedua yakni Budaya Nyontek yang berada pada level Gila. Tidak bisa lagi disebut oknum, sebab ini dilakukan oleh hampir semua. Awalnya TS tidak ingin berbuat curang, tapi dorongan dari lingkungan amat tak tertahankan. TS mati-matian belajar sampai malam dan bangun sejam sebelum subuh sampai perih mata, sementara banyak siswa lain dengan nikmatnya merogoh lembar contekan dari sumber-sumber tersembunyi. Parahnya lagi, guru sendiri pun turut mengompor-ngompori.

Ketiga, ini yang lebih ekstrim, saat Ujian Nasional kami kompak gak belajar. Gak tahu ya kalau di asrama cewek. Kalau di asrama cowok gak ada yang belajar. Semua kamar ribut dengan aktivitas mencocokan kunci jawaban. Iya entah darimana sumbernya, kunci jawaban Ujian Nasional yang konon katanya merupakan dokumen paling rahasia tapi bisa bocor sampai ke kami siswa. Bayangkan saja saat ujian matematika kertas buram TS gak ada coretan angka sama sekali. TS gunakan untuk nulis puisi galau dan satu gambar pemandangan gunung kembar di baliknya. 

emoticon-Leh Uga

Ujian Nasional gak guna. Buang-buang uang negara saja. Malah melahirkan mental korup yang terstruktur dan tersistematisdari siswa sampai guru. Iya semua guru kami saat menjelang Ujian Nasional sepakat memberi nasihat agar jangan pelit-pelit dengan teman. Jaga nama baik sekolah. Satu orang tidak lulus adalah aib paling memalukan bagi sekolah unggulan kita. Gitu lebih kurang nasihat bijak dari mereka.

Oleh karena semua itulah dengan lantang TS bilang nilai tinggi berderet angka 9 itu SAMPAH!

Note: semua kejadian yang TS alami dan saksikan ini terjadi di belasan tahun silam.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rendiv dan 59 lainnya memberi reputasi
52
Masuk untuk memberikan balasan
Nilai Rapor TS Berderet Angka 9. Tapi Semua itu Sampah!
16-10-2021 00:57
nihh skhun ane thn 2012

alhamdulillah dari ane lulus sampe sekarang ngelamar kerja gak pernah pake ijasah wkwk , cuman digendong orang dalem


Nilai Rapor TS Berderet Angka 9. Tapi Semua itu Sampah!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chaidir31 dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
profile picture
kaskus maniac
16-10-2021 10:57
Apalah daya ane yang ga punya orang dalem dan dapet nilai segini emoticon-Frown nyari kerja cuma modal doa, ijazah, dan pasrah.

Nilai Rapor TS Berderet Angka 9. Tapi Semua itu Sampah!
4
profile picture
kaskus addict
16-10-2021 12:26
Ujung²-nya ya gitu.
2
profile picture
KASKUS Plus
18-10-2021 06:15
emoticon-Cool ngacok lu bro , org dalem berani bawak elo jg liat2 orgnya,l .Skrg klau nilai lo pas2an belon tentu doi mau bawak .. cuma dia ga hilang aja bro
1
profile picture
KASKUS Plus
18-10-2021 07:19
Kalimat penutup nya kampret bener emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 08:11
Matematika 9.75 itu layak dilirik. Sama kayak kimia ane dulu, aneh bener mapel susah tapi jadi nilai tertinggi.
0
profile picture
kaskus holic
18-10-2021 11:09
@kadnezarinter
Tapi belum tentu nilai nya jujur
Ane pernah dampingi HRD interview calon karyawan, nilai matematika nya di atas 90, lupa ane tepatnya..
Pas ditanya rumus dasar bangun datar dan bangun ruang aja gak ada yg hafal
emoticon-Cape d...

~Bata only~
1
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 11:20
@la.decima loh ya emang itu maksud ane. Ane dulu nyontek paling banyak ya di mapel yang paling tidak ane kuasai. Makanya kimia bisa jadi nilai tertinggi, karena paling ga ane kuasai
1
profile picture
kaskus maniac
18-10-2021 11:43
Nilai Rapor TS Berderet Angka 9. Tapi Semua itu Sampah!

Jomplang bgt nilai UN sama nilai sekolah,
Bdw ane lulusan 2013/2014,
Setau ane pas itu kelulusan bukan 100% pake UN..
1
profile picture
kaskus maniac
18-10-2021 15:07
hanjeng, jujur sekali lo bre
0
profile picture
kaskus holic
18-10-2021 17:21
Makanya agan2 gak perlu nilai bagus2 yg penting dapat nilai standar minimum masuk ptn saja..

Kan masuk ptn harus seleksi..
Seleksinya susah kan..
Dan gak semua org yg nilai SMA nya tinggi bisa lulus seleksi PTN..

Ane rangking menengah di SMA, tes di PTN lulus..
di PTN juga IPK menengah, tes kerja bergengsi lulus.. tapi yg comlot gagal tes seleksi karena bareng tes nya..

So, mengerti pelajaran penting.. gak perlu harus pintar...

Lanjut arena perang ya habis kuliah..
Baru perang sesungguhnya.. nyari kerja...


Peace gan...
1
profile picture
KASKUS Plus
18-10-2021 17:33
@eghardt emoticon-Cool gue masuk kerja karna sering d pandang cumlaude , ujung2nya mereka expect ketinggian harus serba bisa lah cpet bljr lah , kerjaan d tambah terus
1
profile picture
kaskus holic
18-10-2021 20:38
ya bagus lah gan, ente di pandang cumlot..
bagi ane gak penting nilai, yg penting kinerja...

begitu kinerja kita bagus pasti kita di tantang dengan tambahan kerjaan, dan itu bagus utnuk karier kerja
0
profile picture
kaskus addict
18-10-2021 20:53
@666fapfap @eghardt
bilangin aja kemereka , emangnya gue avatar
1
profile picture
kaskus maniac
19-10-2021 06:12
Nilai Rapor TS Berderet Angka 9. Tapi Semua itu Sampah!
nih nilai ane pas lulus 2014, dikelas ranking 23 dari 26 siswa. pas kuliah karena pengennya di teknik tp sadar kimia nya jelek jadi milih teknik yg paling ips, teknik industri wkwk
0
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia