Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
437
Lapor Hansip
28-09-2021 09:42

PPPK, Honorer Banyak yang Tak Lolos, Apakah Passing Grade Ketinggian?


PPPK, Honorer Banyak yang Tak Lolos, Apakah Passing Grade Ketinggian?sumber

Hai Gansist! Ketemu lagi dengan thread aku, ya?

Lagi marak-maraknya nih yang membahas tentang PPPK. Gansist ada yang ikut mendaftar menjadi PPPK, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja?

Seleksi tahap 1 telah selesai dilaksanakan dari 13 sampai 17 September 2021 kemarin, sekarang tinggal menunggu pengumuman siapa-siapa yang diterima menjadi PPPK.

Santer berembus kabar kalau pegawai honorer yamg mengikuti seleksi banyak yang tidak lolos passing grade terutama guru yang telah sepuh. Mereka kebanyakan mengeluh karena passing grade terlalu tinggi. Apa benar sih passing grade-nya ketinggian?

Tes seleksi PPPK terbagi menjadi 3 kategori ujian yakni tes kompetensi tehnis, tes managerial dan sosio kultural serta tes wawancara. Dari tiga hal tersebut memiliki standar passing grade yang berbeda.

Adapun rinciannya sebagai berikut:
-tes kompetensi tehnis jumlah soal 100 durasi waktu pengerjaan 120 menit dengan nilai maksimal 500.
-tes managerial dan sosiokultural, jumlah soal 45 durasi pengerjaan 20 menit nilai maksimal 200 dengan passing grade 130.
-tes wawancara, jumlah soal 10 durasi mengerjakan 10 menit nilai maksimal 40, dengan passing grade 24.

Dari ketiga kategori tersebut kebanyakan yang tidak lolos passing grade adalah tes kompetensi tehnis. Apakah nilai passing grade ketinggian?

Untuk nilai passing grade (PG) pada tes kompetensi tehnis berbeda-beda antar mata pelajaran/mapel. Aku ambil sampel mapel bahasa Indonesia SMP ya, Gansist. Untuk PG mapel bahasa Indonesia SMP sebesar 265 poin.

Secara mata awam nilai 265 harusnya mudah dicapai karena nilai maksimal cukup banyak yakni 500 poin. Bisa dihitung-hitung nilai 265 hanya setengah dari 500 poin artinya hanya mengerjakan 50% lebih sedikit soal atau sekitar 55 soal dijawab benar. Alias hanya separo lebih sedikit, kemungkinan sudah dapat passing grade. Iya, kan, Gansist? Tapi, nyatanya banyak yang tidak mencapai PG sehingga gugur.
PPPK, Honorer Banyak yang Tak Lolos, Apakah Passing Grade Ketinggian? sumber

Apa sebenarnya yang menyebabkan peserta tes sulit untuk mencapai nilai PG? Pastinya ada berbagai faktor yang menjadi pemicunya. (Versi TS)

1. Durasi
Waktu menjadi kendala yang utama, apalagi durasinya terlalu singkat. Misal, soal bahasa Indonesia yang kebanyakan memiliki soal yang panjang dan berparagraf-paragraf butuh waktu yang lama untuk membaca dan memahami. Aku yakin bapak ibu guru bisa menjawab soal-soal tersebut selama waktunya cukup tidak diburu-buru.

2. Penglihatan

Untuk membaca soal di layar komputer dalam jangka waktu yang lama juga merepotkan untuk para bapak ibu guru yang sepuh. Apalagi bila soalnya panjang, huruf bisa ngilang sendiri dari pandangan karena kabur.

3. Daya ingat

Bagi bapak ibu guru yang senior terkadang lupa dengan teori-teori mengajar waktu di jaman kuliah. Lebih banyak berpraktik mengajar secara langsung dari pada mementingkan teori, yang terkadang kurang relevan dengan keadaan di lapangan. Jika dibandingkan dengan para new graduate yang masih fresh tentu saja akan kalah poinnya.

Nah, itu tadi bahasan tentang nilai passing grade yang banyak menilai ketinggian. Nilai passing grade ketinggian atau tidak, tergantung dari aspek/sudut pandang orang per orang.

Sekian thread dari aku, semoga menambah wawasan. Sampai jumpa dan terima kasih.
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Referensi: 1 dan 2


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivandyyy dan 38 lainnya memberi reputasi
35
Masuk untuk memberikan balasan
PPPK, Honorer Banyak yang Tak Lolos, Apakah Passing Grade Ketinggian?
28-09-2021 11:19
Guru harus bisa jadi contoh. Jangan cuma bisa merintah murid harus lolos nilai ujian segini, tapi guru gak mau dikasih batasan ujian nilai lulus. Ujian guru lebih sulit dari murid wajar, level guru di atas murid. Klo murid disuruh belajar, guru juga harus jadi teladan. Tunjukin bagaimana guru belajar biar bisa lulus ujian.

Saya kasih tau ke murid2 saya. Saya hobi main game. Tapi saya juga belajar sungguh2 buat lulus ujian ini itu. Saya ajarin mereka gimana kita nikmatin hobi qt, tanpa melupakan kewajiban qt.

Klo guru disuruh belajar biar lulus banyak alasan, mending mundur aja jadi guru. Indonesia butuh orang2 yang mentalnya sehat dan kuat biar anak2 didiknya juga mentalnya sehat dan kuat.

Klo ngeles karena umur udah gak bisa belajar. Ya udah, artinya udah gak bisa ngajar juga. Istirahat aja. Jangan ceramahin murid buat belajar klo diri sendiri banyak alasan klo disuruh belajar. Kasih kesempatan ke yang muda2 yang siap belajar buat ngambil posisi2 guru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
20 1
19
profile picture
kaskus maniac
28-09-2021 11:42
respect
emoticon-Nyepi
1
profile picture
KASKUS Plus
28-09-2021 12:24
Usia masih produktif( blm usia pensiun), masak suruh ngundurin diri gan
0
profile picture
kaskus maniac
28-09-2021 13:15
@dalledalminto Dia lagi ngomongin honorer, dan honorer stau ane itu kontrak tahunan. Mau hidup lebih nyaman masa tua lebih terjamin yaa ikut CPNS, kalo usa lebih dari 35th yaa P3K.

Jadi kalo ada guru honorer ga lolos CAT P3K lalu protes karna kalah saing intelektual sama yang lebih muda yaa, lucu aja. Mungkin itu pertanda kalo ada generasi muda yang lebih layak untuk menggantikan posisi mereka mengajar.

Tapi pendapat ini kontroversial, nanti ada yang teriak dedikasi lah, pengabdian lah, penghargaan lah, bla bla bla... Solusinya? yaa balik lagi ke tes P3K, muter2 aja di sini masalah.

cmiiw
3
profile picture
kaskus geek
28-09-2021 13:50
memang harusnya kalo ga lulus berhenti aja cari pekerjaan lain. ini kan jadi runyam karena orang" ini ga mau cari kerjaan lain

muridnya dituntut harus kreatif, tp gurunya malah stuck jd honorer aja emoticon-Cape d... (S)
3
profile picture
aktivis kaskus
28-09-2021 16:51
Suhu komen, ane manut aja.
0
profile picture
KASKUS Plus
28-09-2021 19:52
@kudo212 kn yg biasa nuntut ini itu PNS statusnya, honorium banyak yg kreatif dan semangat didik
0
profile picture
kaskus geek
28-09-2021 21:22
@666fapfap kalo kreatif knp tetep maksa disitu. cari peluang lain kan bisa
1
profile picture
kaskus addict
29-09-2021 01:36
Banyak orang di negeri ini yg sebenar nya ga ada bakat plus potensi jdi seorang guru tapi malah maksa mau jadi guru emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus holic
29-09-2021 08:28
Guru mah enak cm 1mapel mnt murid lulus semua mapel, skrg diuji mapelnya sndr masa ga lulus emg slm kuliah ngapain aja, pacaran?
1
profile picture
KASKUS Plus
29-09-2021 09:55
@kudo212 emoticon-Cape d... jgn salahin guru lah doi kan di paksa gmana memenuhi kriteria pengajar dari dasar2 yg udh d kasuh menteri pendidikan
0
profile picture
kaskus addict
29-09-2021 16:25
@kodokuper

Quote:Tapi pendapat ini kontroversial, nanti ada yang teriak dedikasi lah, pengabdian lah, penghargaan lah, bla bla bla... Solusinya? yaa balik lagi ke tes P3K, muter2 aja di sini masalah.


Sebagai orang tua, gue malah teriak: gimana neh sekolahnya kok bisa2nya hire kualitas guru yang segitu doang? Bijimana nasib anak gue klo pengajarnya aje kualitas minim.

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
1
profile picture
kaskus maniac
29-09-2021 17:03
Maslaahnya yg diujikan itu bukan materi guru aja bambang

Tes kemampuan umum, tes akademik dll

Sednagkan si guru udah puluhan tahun ngajar biologi, matematik dll didaerah pelosok

Ya keder bambang, mau belajar giat umur udah tua otak udah mumet
0
profile picture
kaskus addict
29-09-2021 17:09
Dikira tes nya isinya pelajaran yg biasa dia ajarin berdasar kurikulum emoticon-Leh Uga makhluk lemah yang cuma bisa lihat satu sisi emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus maniac
29-09-2021 17:29
@sugarkills
Kalo ane diizinkan bersotoy ria kira2 begini.

Ribet bos, kalo smua honorer auto diangkat jadi PNS/P3K. Profesi paling mulia seperti guru bisa auto PNS, lalu gimana admin suruh2 fotokopi/bikin kopi di kantor dinas, atau tukang sampah, dll dsb? tinggal nunggu waktu aja banyak yang teriak. Nanti bukan adu kompetensi malah adu jasa, adu pengorbanan, adu dedikasi, adu pengabdian, adu bla bla bla.

Pengangkatan guru honorer ini salah satu akibatnya kan karna carut marut koordinasi peta jabatan kebutuhan guru, makanya banyak daerah yang ambil jalan pintas ambil guru lewat honorer. Dari sisi pemerintah, ini solusi bisa bagus bisa buruk. Bagus karna dengan cepat kebutuhan guru tercukupi. Buruk karna tak jarang honorer jadi merasa diperlukan sewaktu2 selamanya padahal mereka, bahasa kasarnya cuma pegawe kontrak.

Selain itu, kalo smua honorer termasuk nonguru mau auto PNS/P3K ada masalah lainnya, yaitu tentang kompetensi. Jangan ignorant pura2 bego juga. Ga jarang kok pengangkatan honorer itu karna faktor kekeluargaan. Ketika pejabat stengah mateng pengen masukin kenalan, tapi otak ga nyampe atau jangkauan kekuasaan ga nyampe untuk mempengaruhi hasil cpns. Yaa, masukinnya lewat jalur honorer. Hayoo ngaku... sapa di sini yang punya kenalan honorer karna dibantu om/pakde/bude/tante/ato malah bonyoknya?
emoticon-Betty (S)

...


Makanya meski P3K tetep dikasih passing grade (yang ambang batasnya menyesuaikan guru mapel apa yang dia ikuti), tetep juga dibuka untuk non-honorer sperti guru non-ASN, guru swasta, termasuk lulusan baru, kali aja ga ada honorer yang kejaring masuk. Tentu belom sempurna, tapi setidaknya itu perbaikan dan solusi yang lagi dibangun pemerintah.


Kayanya sperti itu sih arahnya Nadiem dkk
cmiiw yaa
emoticon-Cool
4
profile picture
kaskus maniac
29-09-2021 17:36
@sugarkills @kodokuper kalo udah ngajar puluhan tahun jadi guru dan sekarang masuk umur 50 tahun harusnya secara kompetensi udah jago alias epngalaman ngajarnya udah tinggi (di epkerjaan aappun kalobudah bekerja lama di satu bidang dianggap udah ahli, ini udah pakemnnya)

Harusnya auto lulus kalo memang mau uji komeptensi ya uji di ujian korikulum dia ngajar mislanya tes biologi tes matematik, ipa dll atau tambah tes psikologis buat liat kejiwaan

Bukan tes akademik tes kemampuan umum dll, ngaapin juga orang udah umur 50 an belajar pasal, belajar logika dll bambang, udah tua otak udah mumet

Asli goblok yg buat tes

bisa aja orang yg eselon 1 yg mikir kebijakan ini gurunya honorer yg sedang ujian ini
0
profile picture
kaskuser
29-09-2021 18:22
Ya betul gan buat apa ada passing grade kalau di belakang nya masih bisa di ubah ... Kalaupun yang keterima dikit ya itu berarti emang segitu adanya... Katanya ingin pendidikan kita berkualitas...tapi tenaga pengajar nya aja ada istilah di turunin passing grade atau di tambahin point karena usia...ane pribadi aneh aja ketika harusnya di umumkan tapi di tunda karena banyak yang ga lolos ...jadi ini target nya .. banyakin yang lolos dengan menurunkan kualitas ...atw gimnaa ...hhe
0
profile picture
kaskus addict
29-09-2021 18:53
@kodokuper @accelero

Quote:Bukan tes akademik tes kemampuan umum dll, ngaapin juga orang udah umur 50 an belajar pasal, belajar logika dll bambang, udah tua otak udah mumet


Betul gan. Buat guru yang sudah PENGALAMAN kerja bertahun2/puluhan tahun ya gak perlu tes akademik/pengetahuan dasar gitu.

Komparasi dengan profesi gue: saat ini gue udah PENGALAMAN sebagai engineer 10 tahun lebih. Kalo ngelamar kerja ya cuma interview terkait keahlian bidang gue, kagak di tes fisika dasar/kimia dasar/kalkulus. Walau udah PENGALAMAN 10tahun, di bidang gue sih ahlinya tapi klo tesnya fisika dasar/kimia dasar/kalkulus dengan passing grade tinggi ya gue bakal gagal dah.
0
profile picture
kaskus maniac
29-09-2021 18:53
@accelero Situ dah pernah ngrasain langsung tesnya P3K guru?

Cek aja di youtube dan media2 online lainnya, masih berkaitan dengan bidang keguruan. Soal tes P3K guru stilahnya Tes Teknis, ga sebrutal Tes Intelegensi Umum untuk CPNS.

...


Itupun sudah dibantu juga pake passing grade mengambang, misal guru antropologi cuma dikasih passing grade teknis 200.

...


Selain itu masih dibantu juga pake kebijakan afirmasi, tambahan nilai kalo uda ngajar sekian tahun.

...


Ditambah lagi, honorer tes P3K ini bisa sampe 3x kesempatan lho.

...


Uda dibantu bertubi2 gitu. Kalo masih ga lolos juga yaa coba lagi tahun depan. Sambil terus curhat ke Nadiem, biar dibantu.

cmiiw
emoticon-Traveller
2
profile picture
kaskus addict
29-09-2021 18:56
@accelero @kodokuper

Quote:Soal tes P3K guru stilahnya Tes Teknis, ga sebrutal Tes Intelegensi Umum untuk CPNS.


Astaganaga... berarti SDM gurunya yang amsyong dong eaaaemoticon-Hammer emoticon-Hammer
0
profile picture
kaskus maniac
29-09-2021 19:03
@accelero @sugarkills
TIU di CPNS itu kan brutal banget coy, logika bahasa verbal, numerik deret hitung matematika dasar, analogi pula hubungan, macem2 lah. Yakin, yang beginian dites juga di tes teknis P3K guru? Ane cek di contoh2 soal P3K guru kok ga ada yang beginian. Meski tidak spesifik tentang mata pelajaran yang dituju, tapi setidaknya masih berkaitan dengan bidang keguruan. Bener ga nih? Ato ane yang ga becus nih nyari contoh2 soalnya?

Ohya, TIU lebih brutal itu dalam artian random, jadi tes TIU dalam skema CAT TKD di tahap awal itu ga langsung sesuai penempatan jabatannya. Misal dia lulusan ekonomi/hukum/sastra/lainnya yaa smua tes awalnya model begituan smua.

wkwkwk, makanya ane nanya. Tolong bantu koreksi, bener ga tuh perkiraan ane, ane cuma liat2 sekilas di youtube.
emoticon-Bingung

skali lagi, tolong koreksi
CMIIW
CORRECT ME IF IM WRONG
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia