News
Batal
KATEGORI
link has been copied
193
Lapor Hansip
28-09-2021 08:09

Saat Gatot Sebut Kostrad Hilangkan Patung Soeharto Jadi Tanda Komunis


JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyebut bukti komunis masih ada di Indonesia.

Menurut Gatot, hilangnya sejumlah barang di Museum Dharma Bhakti Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat merupakan barang yang berkaitan dengan peristiwa penumpasan komunisme di tanah air pada era orde lama.

"Bukti nyata jurang kehancuran itu adalah persis di depan mata, baru saja terjadi adalah Museum Kostrad, betapa diorama yang ada di Makostrad, dalam Makostrad ada bangunan, bangunan itu adalah kantor tempatnya Pak Harto (Soeharto) dulu, di situ direncanakan gimana mengatasi pemberontakan G30SPKI di mana Pak Harto sedang memberikan petunjuk ke Pak Sarwo Edhie sebagai Komandan Resimen Parako dibantu oleh KKO," ungkap Gatot pada acara webinar yang berjudul 'TNI Vs PKI' pada Minggu (26/9) kemarin.

"Ini tunjukkan bahwa mau tidak mau kita harus akui, dalam menghadapi pemberontakan G30SPKI, peran Kostrad, peran sosok Soeharto, peran Kopassus yang dulu Resimen Para Komando dan Sarwo Edhie, dan peran Jenderal Nasution, peran KKO jelas akan dihapuskan dan (tiga) patung itu sekarang tidak ada, sudah bersih," lanjutnya.

"Maka saya katakan ini kemungkinan sudah ada penyusupan paham-paham kiri, paham-paham komunis di tubuh TNI," tuturnya.

https://www.kompas.tv/article/216069...-tanda-komunis
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
Saat Gatot Sebut Kostrad Hilangkan Patung Soeharto Jadi Tanda Komunis
28-09-2021 08:37
Bukti fisik supersemar mana Tot
Tot tot tot
Ente teriak komunis2 mulu jangan2.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eri.tank dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
profile picture
kaskus geek
28-09-2021 08:44
Supersemar mah gak perlu bukti fisik, soal nya perintah sebelas maret itu emang ada dan digaungkan media massa jaman itu, prakiraan taon 196x
Bukti nya yak gw ini emoticon-Malu saksi idup yg selalu dengar kisah itu dari taon ke taon.
1
profile picture
kaskus maniac
28-09-2021 08:51
Kalo ga ada, minimal kuitansi atuh gan
Ekwkwkkkkkk
Pemindahan kekuasaan cuma lewat halo halo ya
Jangan2 cakra birawa itu juga halo2
2
profile picture
kaskus geek
28-09-2021 09:01
@sumhendi
Yak edan, masa mereka maw membinasaken diri. Pan yg diberantas TNI gak cuman gembong pki, cakrabirawa jg dituntasken.
2
profile picture
kaskus maniac
28-09-2021 10:44
Jangan2 cakrabirawa juga suruhan yg megang supersemar brey
Kita kaga tau buktinya
2
profile picture
kaskus geek
28-09-2021 10:51
@sumhendi
Cakrabirawa ada 2,yg 1 pemberontak dan yg 1 lagih setia mengawal presiden.
Prinsip nya kedua nya adalah pengawal presiden. Cuman mereka saking overprotektip ke soekarno maka nya ikud gerakan penculikan jendral. Yg menurut mereka jendral2 maw menggulingken soekarno.
1
profile picture
kaskus geek
28-09-2021 17:42
kelompok dia isunya komunis melulu, ane curiga mereka NGEFANS.
1
profile picture
kaskus addict
29-09-2021 01:32
Apa belio pemilik lapak sablon bendera pki, takut omset bulan terlarisnya kegangguemoticon-Hammer
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 01:33
Pilem nya agak rancu, maklum sutradara nya kurang profesional. Ada beberapa poin yg janggal, karena komplek. mesti nya blom taw tapi dibwat sudah di musyawarah. Seperti siapa saja yg diculik, Soeharto sudah dapat data nya.
Taw ndiri lah keluarga kurban pasti mintak tulung sana sinih sejak terjadi penculikan.
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 05:45
Soeharto dpt supersemar y krn tekanan Nasution jga atas Soekarno pas pula wkt presiden lg sakit, wkt itu beliau kan bisa dibilang satu2 nya jendral bintang 5 yg disegani yg g trlalu pro Soekarno. Ditambah lg dia traumatik dan dendam ama pki. Apesnya lagi bgtu Soeharto naik,Nasution malah dikhianati. Gak heran klo naskah itu ya dgn mudah diubah Soeharto buat legitimasi kekuasaannya, skligus singkirin pesaingmya.
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 06:40
Kalo gosip zaman Babe Ane, tuh Supersemar sengaja disembunyikan bahkan mungkin udah dimusnahkan karena kemungkinan isinya diubah atau ada poin yg tidak dilaksanakan.
Dan kemungkinan besar tidak ada perintah untuk alih kekuasaan ke Suharto.
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 08:01
emoticon-Cool klean misik ijo.
Denger petuah orang tua yak ..

Org bisa jadih jahat ato jadih baik bergantung kondisi sikap masyarakat, mau menerima ato menolak sbg subscriber. apalagih den harto punya kedudukan tinggi berangkat dari orang sederhana. Kerajinan, keuletan dan tekat yg bisa mengantarken belio ke jabatan presiden. Di mana setiap jenjangnya ada perebutan kekuasaan yg memaksa harus mengambil keputusan sebelum terlambat dan itu hal biasa di niliter.
Klo org awam yak pasti kecut emoticon-Bingung
masyarakat sebagian memandang rendah padahal dalam kurun waktu 32 tahun belio, jabatan paling kurus adalah pns. Sehingga rakyat tau betul perbedaan nya. Gak ada gaji pejabat yg bisa untuk sok2an kecuali jaman sekarang. emoticon-DP.. rakyat apa nya klo gak auto berontak.
1
profile picture
Made In Kaskus
29-09-2021 08:25
Orde Baru baru itu pki yang teriak pki...Gan emoticon-Shakehand2
0
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 09:16
@eyefirst2
emoticon-Ngakak yak ente bisak menilai nya ndiri.
Klean bisak melihat sepak terjang militer yg gak jauh beda dengan kenyataan di pilem itu.
Meski itu udah di markup halus ke fungsi militer. Tapi warisan didikan belanda dan jepang jelas melekat.
Yak kek gt itu kelakuan nya klo lagih dapet buruan emoticon-DP cem kampret hilang kewarasan.
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 10:33
Supersemar itu perintah resmi soekarno ke soeharto untuk menstabilken situasi. Karena Soeharto kurang beken saat itu, dya pan beken nya lantaran didukung nasution yg pobhia akut dengan pki, kawan2 jendral nya dibunuh, anak nya mati, ajudan nya mati, anak istri kawan2 nya jadih bengek. Trus soeharto satu2 nya yg dapat dipercaya membasmi pki karena memang cuman soeharto yg bebuyutan.
emoticon-Bingung
Sebenar nya gak perlu pakek yak sudah wajib pemerintah menstabilken keadaan negara.
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 10:38
kalo pemahaman ane, Supersemar aslinya adalah surat perintah untuk menstabilkan keadaan negara, namun Soeharto malah memanfaatkannya untuk peralihan kekuasaan dan menjadikan dirinya presiden. begitu? CMIIW.
2
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 10:50
@EnzoMan
Itu mah gak ada hubungan nya dengan Supersemar, cerita nya nasution jengkel ame soekarno akibat g30s gak begitu digubris. Malah kata nya lumrah dalam suatu revolusi.
Dya pan phobia akut taw ndiri lah usaha orang yg sudah kek gt ame soeharto jg org nya gak maw bwang2 kesempatan. Yak sudah dimatiin lewat mprs agar tidak bisa jadih presiden seumur hidup emoticon-Bingung
3
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 10:53
gitu toh
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 10:57
@mibmobz setuju banget, gw dongkol banget ma Nasution. Dulu kirain bak pahlawan bgt. Dia justru g punya nyali buat ambil alih TNI. Padahal dia jendral besar, sedangkan soeharto masih Mayjend. Malah dia ngomporin Soeharto buat ambil alih krn panglima komkamtib. Nasution ini memang dr dlu g cocok ama Soekarno krn Kalah ama Yani. Mknya g heran, cm dia blm tau klo Soeharto licik bukn maen,pdhl Soeharto d masukin seskoad dlu kan gara2 ada main d logistik,setelah sblmnya mau dipecat. Soeharto naik,dia d hibur dgn posisi MPR. Tp g punya power buat kontrol Soeharto krn gagasan dwifungsi abri nya,dijalanin ekstrim ma Soeharto. Bikin petisi pun tiada guna,malah dia makin disengsarakan orba.
1
profile picture
kaskus geek
29-09-2021 11:05
@a.dirnt
A.Yani satu2 jendral paling depan yg mungkin jadi kandidat presiden mendatang saat itu. Klo soeharto yak kagak ada harapan lah. Misik jauh...
Soeharto itu punya sifat ramah karena didikan nya mengharusken dya selalu ramah. Asal jangan lama2 ngobrol. Dya gak ngurusi loe doank. Itu prinsip nya. emoticon-DP
1
profile picture
Made In Kaskus
29-09-2021 18:20
@EnzoMan Ane setuju sama ente...dan kayak nya pembunuhan 7 Pahlawan Revolusi juga sudah direncanakan oleh seorang mayor jenderal yang tidak masuk hitungan tapi dia pandai bermain dan memanfaatkan situasi,sehingga pki lah dijadikan kambing hitamnya...Gan emoticon-Shakehand2
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia