Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
7
Lapor Hansip
22-09-2021 15:02

Apakah Childfree adalah Sebuah Pilihan?

Pembahasan mengenai ‘Childfree’ saat ini emang bisa dibilang cukup ramai. Beberapa kali ane sempat liat topik ini muncul di timeline beberapa sosial media ane. Bahkan, hari ini ane sempat baca salah satu thread dari Agan @yourkive_yang juga membahas tentang topik ini, dan membuat ane akhirnya tertarik untuk cari tau, apa sih sebenarnya ‘Childfree’ ini?

Apakah Childfree adalah Sebuah Pilihan?
sumber

Agan yourkive sendiri di threadnya udah ngejelasin pengertian dari ‘Childfree’ dan pembahasan dari psikolog tentang faktor yang membuat orang-orang memilih dan setuju dengan program ini. Tapi, ada satu pertanyaan yang muncul setelah ane baca thread itu, Gan. Yap, ane izin ambil kutipan Agan Yourkive dari thread sebelah tentang

Quote:
Di Indonesia sendiri, keputusan untuk 'Childfree' rupanya sudah cukup banyak dianut oleh masyarakatnya. Hanya saja, mereka yang memutuskan untuk melakukan 'Childfree' biasanya tidak mengatakannya secara terbuka dan memilih untuk beraktivitas di dalam sebuah grup tertutup, karena di Indonesia sendiri, memiliki seorang anak setelah pernikahan masih menjadi ‘kewajiban’ bagi setiap pasangan, dan keputusan untuk 'Childfree' masih dianggap kurang baik.


Ini yang membuat ane tergerak untuk mencari tahu lebih Gan, apa benar sudah banyak masyarakat di Indonesia yang memilih untuk 'Childfree'? Melihat kondisi dari beberapa teman-teman ane yang sudah menikah dan lingkungannya yang tidak sedikit memberikan pertanyaan “mau punya anak berapa?”, atau doa “semoga cepet dapet momongan ya” saat menghadiri acara resepsi atau kumpul keluarga. Ane rasa, pilihan 'Childfree' di Indonesia masih cukup sulit dihadapi.

Apakah Childfree adalah Sebuah Pilihan?
sumber

Pertanyaan kedua yang kemudian muncul dari ane adalah…

Apa benar 'Childfree' ini adalah pilihan satu-satunya untuk mereka yang setuju untuk tidak memiliki anak?

Sejujurnya, ane sendiri pun masih bertanya-tanya. Dari sini lah, akhirnya ane memutuskan untuk mencari tau apa benar masyarakat Indonesia sudah banyak yang setuju dengan 'Childfree' ini dan sudah menjalankan pilihannya? Ngga ada jawaban yang benar atau salah di sini Gan. Jadi Agan Sista bisa bebas memilih sesuai dengan pilihan Agan dan menceritakan alasan Agan memutuskan pilihan. Jadi, yuk kita diskusi Gan..

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Diubah oleh koiikan
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan nite.hime memberi reputasi
2
Masuk untuk memberikan balasan
Apakah Childfree adalah Sebuah Pilihan?
27-09-2021 17:06
Mo pnya anak atw kga itu pilihan msing2 pasutri, mending jgn buru2 pnya klo situasi kga bs sinkron. Childfree jg kg knpa2 toh pasutri yg memilih opsi ini pst pnya bnyak pertimbangan2 berat yg sdh mereka sepakati. So? Jgn kepo dgn pasutri yg mmg memilih childfree, cos ngurus anak itu jg ada pertimbangannya, masing2 dah jdi pilihan mereka yg mo ngejalaninyaemoticon-pencet
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia