Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
277
Lapor Hansip
26-09-2021 11:43

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
Berbahagialah siapapun yang pernah makan rendang. Ya, rendang, sebuah makanan khas dari tanah Minang, asli Indonesia.

Kenapa harus berbahagia? Karena tidak semua orang pernah memakan rendang. Bahkan orang yang setiap hari makan olahan daging sapi dengan santan di restoran Padang pun belum tentu memakan rendang.

Bukan karena mereka tak punya uang untuk membeli rendang, tapi yang dimakan ternyata salah... Dikira rendang ternyata bukan.... emoticon-Embarrassment


Salah Kaprah Soal Rendang

Di seluruh Indonesia, selalu ada rumah makan Padang, bahkan hingga ke setiap pelosok gang. Salah satu menu andalan para penjual masakan Padang biasanya adalah rendang. Tapi apakah kalian yakin bahwa itu benar-benar rendang asli?

TIDAK! Saya dapat memastikan sangat jarang ada rumah makan Padang yang benar-benar menjual daging rendang. Bahkan sekelas restoran Padang yang harganya mahal pun belum tentu rendangnya itu adalah asli.

Saya tidak bilang itu rendang abal-abal, apalagi menggunakan daging palsu. Saya hanya mengatakan bahwa itu belum tentu 100% asli rendang.


Nah, mulai pada bingung'kan? Oke, gak perlu bingung-bingung karena saya akan menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana.....


Itu Bukan Rendang, Tapi Kalio!

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?

Berdasarkan pengalaman pribadi, Dari sekian banyak rumah makan atau restoran Padang yang pernah saya kunjungi di setiap daerah. Saya sangat jarang menemukan daging rendang asli. Padahal semuanya mengklaim menjual olahan daging rendang.

Tapi rendang yang saya temui dibanyak rumah makan Padang rata-rata bukanlah 100% asli rendang. Melainkan KALIO.

Apa itu kalio? Kalio adalah olahan masakan yang terbuat dari daging sapi atau kerbau dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya.

Loh, apa bedanya kalio dengan rendang? Bukankah rendang juga menggunakan santan kelapa? Betul, anda benar! Tapi tetap saja itu bukan rendang melainkan kalio.


Perbedaan Kalio Dengan Rendang Asli

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
Sekilas memang tak ada bedanya antara kalio dengan rendang. Apalagi di mata orang awam yang belum pernah makan rendang tapi sering makan kalio.

Perbedaannya terletak pada kekentalan santan kelapa dan warna (baik warna bumbu dan daging).

35 tahun yang lalu saya pernah diberi tahu oleh saudara saya yang kebetulan sangat faham dan ahli dalam membuat olahan rendang asli Sumatra Barat. Bahwa rendang yang 100% asli itu adalah :

1. Bumbunya sangat kental cenderung kering. Kadar airnya sangat rendah bahkan nihil kandungan air

2. Warna bumbu dan dagingnya berwarna cokelat bahkan terlihat sangat hitam ke-emas-emasan (efek minyak)

3. Telah menyelesaikan proses tiga fase (tahapan) yaitu : Gulai, kalio, lalu menjadi rendang (karanggo)

Untuk bisa disebut sebagai rendang, dalam proses memasaknya harus melewati tiga tahapan. 2 jam pertama dimasak menjadi gulai, tambah 2 jam lagi gulai menjadi kalio, dan tambah 3 jam lagi baru menjadi rendang.

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
Gambar di atas adalah proses perubahan dari kalio menuju rendang, tapi belum rendang sempurna (karanggo)

Dan akan menjadi rendang sempurna jika dimasak lagi selama 1 hingga 2 jam untuk benar-benar menjadi 100% rendang asli. Kesimpulannya butuh waktu 8 hingga 10 jam untuk membuat sebuah rendang.

Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?

Namun walaupun demikian, karena masakan itu bersifat universal, maka bisa jadi setiap orang atau daerah punya khas rendangnya masing-masing.

Jika anda keukeuh (bersikeras) bahwa kalio itu adalah rendang-rendang juga, ya, tak masalah.... emoticon-Peace

Sekarang coba cek RM. Padang langganan anda masing-masing. Apakah mereka menjual benar-benar rendang? Atau hanya kalio bahkan itu hanya gulai saja...... emoticon-Bingung






Saya, napelogini...........Terima kasih

Foto : Google

Referensi : klik


Diubah oleh napelogini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sintara85 dan 73 lainnya memberi reputasi
72
Masuk untuk memberikan balasan
Yakin Bahwa Yang Kita Makan Itu Adalah Rendang?
26-09-2021 12:04
Sebentar.... Berarti daging rendah (asli) keras kah gan mirip dendeng kah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
profile picture
kaskus maniac
26-09-2021 12:33


bukan sekeras dendeng kerupuk, mau ngerasain rendang asli itu mudah, makan aja rendang angetan berkali-kali, walau tadinya kalio tar jg jadi rendang, nah keq gitu kerasnya
6
profile picture
kaskus holic
26-09-2021 12:41


Rendang yg asli justru dagingnya empuk sampe ancur menyatu dengan santan
5
profile picture
kaskus addict
26-09-2021 12:46
@KyraAltair
@momodrese

Soalnya dijelaskan dimasak terus melebih durasi jam masak kalio...

Dibenak saya gan, daging kalo dikurangi kadar airnya maka mirip2 dendeng gitu.

Jadi masak utk jadi rendang diaduk juga atau dibiarin masak terus hingga "mengering" maaf... Kalo masalah2 masak ane nubie emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
26-09-2021 13:09
@dennyfw

bukannya klo terlalu lama dimasak malah justru empuk banget ya hrsny?
2
profile picture
kaskus addict
26-09-2021 13:41
@fishmanish di benak saya gan, krn dimasak terus-menerus maka akan mengurangi kadar air, pasti urat dagingnya kaku, jadinya keras, tapi mgk akal saya belum sampai, mgk dendeng sangat keras karena dijemur ya

1
profile picture
26-09-2021 13:55
@fishmanish @dennyfw bikin dendeng udah jarang gan yg di jemur. Setau aq sih dlm keluarga di getok2x biar agak gepengan trus tunggu brp lama gitu, biar bumbunya meresep. Pas di goreng, ada yg pake minyak sedikit. Atau gorengnya sampai kering. Aq prnh isenk coba bikin 1x, trus kirim ke kel.ipar..pd doyan bgt.. Suami pun doyan bgt emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus addict
26-09-2021 18:38
Rendang kalo cara masaknya bener, sekering apapun rendangnya, tetep empuk bagian dalamnya. Makanya sebelum diproses gulai, tu rendang diungkep dulu dlm marinasi bumbu minimal 2 jam dgn api kecil. Jaman skrg enaknya pake presto. Kalo ud empuk, baru digulai.
Kmrin gw masak rendang, tp ungkepnya cm setengah jam. Ya..agak alot dagingny
2
profile picture
kaskus maniac
26-09-2021 23:25
Kalau masalah alot atau gk, tergantung jenis dagingnya jg, coba kalau pakai wagyu, gk bakal keras dah hahahaha

Pakai teknik 5-30-7 juga bisa buat ngempukin daging
1
profile picture
kaskus addict
26-09-2021 23:34
@KyraAltair engga jg gan ..mak ane di kampung sering bikin rendang pake daging kurban. Mana ad wagyu. Tp tetep empuk kok. Proses masak bisa 1-2 hari sampe kering dan lembut
1
profile picture
kaskus maniac
27-09-2021 00:33
@dennyfw @fishmanish keras klo kandungan air di dagingnya abis, kalio ke rendang kan masih berkuah, dan ketika selesai jd rendang pun gak sampe kering kuahnya tapi menggumpal, lebih ke creamy, lembut klo kuahnya disendokin lalu dimakan.. Ehmmm enakkk emoticon-thumbsup

Makanya ga keras dagingnya, malah empuk dan serat2 dagingnya tidak alot.. Mantap lah pokoknya emoticon-Ngakak

Bedanya klo dendeng itu kan emang sengaja dagingnya dikeringkan sampe tdk mengandung air dan lemak jd keras agar tidak cepet basi dan awet disimpan lama-lama.
3
profile picture
kaskus addict
27-09-2021 09:41
0
profile picture
kaskuser
29-09-2021 11:42
@momodrese Ya tergantung pilihan daging, sama kapan masukin dagingnya. kalau daging yg banyak lemak dan di masukin dari awal masuk santan ya pasti bakal hancur, tp kalau yg di pakai khas dalam dan di masukan setelah santan agak kental pasti dagingnya masih bagus.
1
Memuat data ...
1 - 12 dari 12 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
nikmatnya-rawon-kuliner-sejak-901-masehi
Selera Nusantara (Indonesian Food)
resep-nuget-dan-cakwe-super-simpel-anti-gagal
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia