Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
104
Lapor Hansip
25-09-2021 01:21

Makan Malam Bisa Bikin Gemuk. Mitos atau Fakta?

Hai, GanSist emoticon-Big Kiss

Makan Malam Bisa Bikin Gemuk. Mitos atau Fakta?


Siapa di sini yang hobinya makan? Yuk, angkat tangan!

Selain menjadi sebuah kebutuhan, bagi sebagian orang, makan bisa juga disebut sebagai hobi, lho! Nah, yang punya hobi makan ini biasanya punya slogan "hidup untuk makan".

Pada umumnya, dalam sehari, manusia makan (makanan berat) sebanyak tiga kali. Makan pagi atau sarapan, makan siang dan makan malam. Ditambah lagi dengan makanan-makanan ringan yang dimakan sewaktu-waktu untuk mengganjal perut atau sekadar menemani saat bekerja, menonton dan bersantai ria.

Nah, pernahkah GanSist mendengar jika makan malam bisa membuat seseorang menjadi gemuk? Jawabannya pasti pernah. Bahkan, hal ini seolah sudah menjadi rahasia umum ya, GanSist. Sehingga banyak orang yang takut dan menghindari makan malam. Ada juga yang buru-buru makan sebelum matahari terbenam.

Lantas, benarkah makan malam bisa bikin gemuk? Yuk, kita bahas di sini.

Makan Malam Bisa Bikin Gemuk. Mitos atau Fakta?


Sebenarnya, makan malam itu sah-sah saja kok. Dan bukan penyebab tubuh menjadi gemuk juga. Tergantung dari apa yang kita makan sih sebenarnya. Kalau kita makan makanan yang tinggi lemak, ya jelas dan udah pasti bakalan bikin gemuk. Nggak hanya makan malam aja. Mau itu sarapan atau makan siang, kalau makannya yang tinggi lemak, itu berpotensi bikin gemuk ya, GanSist. Terlebih lagi setelah makan kita langsung duduk atau rebahan alias nggak mau gerak. Duh, lemak-lemak pada seneng tuh numpang rebahan wkwk.

Jika GanSist hendak makan malam, ada baiknya lakulan saat 3 jam sebelum tidur, ya. Makanannya pun harus diperhatikan. Sebaiknya, GanSist memilih makanan yang mengandung tinggi protein dan serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Bukan malah yang tinggi lemak, kekanyangan, nggak mau gerak, ngantuk, terus tidur hehe.

Menurut sebuah penelitian yang ane lansir dari halodoc.com:

dilansir dari halodoc.com


Makan Malam Bisa Bikin Gemuk. Mitos atau Fakta?


Jadi, kesimpulannya adalah makan malam bisa bikin gemuk adalah mitos, ya. Karena kembali lagi ke kitanya sendiri. Apa yang kita makan, tahu waktu, nggak terlalu banyak makan, dan nggak mageran alias males gerak wkwkwk.

Oh iya, GanSist. Sebaiknya juga kurangin ngemil di malam hari, ya. Terlebih lagi camilannya adalah makanan-makanan ringan atau makanan siap saji yang bikin kita kalap. Sesekali nggak apa-apa, kok. Asal jangan terlalu sering, ya. Soalnya, makanan ringan atau makanan siap saji itu nggak bagus buat kesehatan kalau kita makannya terlalu banyak.

Saat ngemil, kita sering banget nggak sadar diri hehe. Saking asyiknya tahu-tahu yang kita makan udah banyak banget! Misalnya, ngemil gorengan sambil ngedrakor. Saking enaknya menikmati alur drakor yang keren, kita dengan santainya masukin gorengan ke mulut terus menerus, tahu-tahu gorengan sebaskom udah habis wkwkwk.

Jangan ya, GanSist. Ane harap, GanSist yang menghindari makan malam dan rela nahan lapar karena takut gemuk, setelah baca thread ini nggak perlu tahan laper lagi, ya. Makan aja, nggak apa-apa, asal jangan kebanyakan.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat.
Terima kasih dan sampai jumpa di thread selanjutnya emoticon-Big Kiss


Sumber: halodoc.com dan opini pribadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Roreplay231 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Masuk untuk memberikan balasan
Makan Malam Bisa Bikin Gemuk. Mitos atau Fakta?
25-09-2021 20:15
- gemuk = kelebihan kalori (anggap cenderung karbohidrat/gula) yang ditabung (di perut, pantat, punggung/sekwilda, ampe wajah) sebagai "lemak" hasil proses insulinnya normal

- misal tubuh butuh kalori minimal 1200 (hidup), standar 2000 (mager) ampe 4000 (kuli/aktif/atlit), tinggal kira2 aja mau makan minum apapun pagi siang malam anytime selama gak kelebihan tu angka, penampakan bodi tetap ideal/langsing

personal tes, BB ane pernah 65kg (170cm) over kalori 4000+ per hari selama sebulan = naik 70kg (perut maju), "bakar" lagi (olahraga) & <4000 perut bisa mundur, ampe mentok cuma 69kg + level asam urat naik sbg "sisa bakaran" & ada peningkatan massa otot = lebih mudah naikin BB dibanding ngurangin

makan malam aja, simply gak bikin gemuk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus maniac
28-09-2021 09:32
Susah emang nurunin berat badan.. kalo cuma modal puasa sama nahan nafsu ngemil
1
profile picture
kaskus addict
28-09-2021 16:28
4k? What!! Bb 65 lu makan apa aja bisa lebih 4k kalori? Mie instan 10bks sehari? Bb 65 tb 170, 2500 aja udah over calories itu even lu workout sekalipun, bb lu bakalan naik bos.
0
profile picture
kaskus addict
28-09-2021 22:25
@amiruls.lee 26thn 65kg 170cm inipun gak ideal, makanya tes makan minum tembus 4000/day sebulan only naik jadi 70kg = horor emoticon-Big Grin

ntah bijimane jika tes diumur 30+ mager

mie instan (well know) masih mending ada info kalorinya, dibanding masakan goreng minyak curah & minuman full gula.
1
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia