Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
Lapor Hansip
21-09-2021 21:27

HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL

Gw sangat amat pemalu, tertutup, dan kesusahandalam bersosialisi.


 

Balik ke zaman SD-SMP gw punya pengalaman dipermalukan di depan umum, ditertawakan, dipandang remeh dan lain-lain. Akibatnya sekarang gw jadi pribadi yang gak pede, insecure, dan menutup diri. Gara-gara trauma masa lalu juga, cara gw bersosialisasi pun berubah.

Dulu (mungkin SD/SMP) gw inget, walaupun gw pendiem (memang dasarnya gw introvert) tapi gw masih bisa main sama yang lain, dan gw bisa ngomong. I mean, gw bisa mengutarakan pendapat gw secara bebas ke orang-orang tanpa rasa takut. Tapi sekarang? Nope,gw gak pernah mengutarakan pendapat gw ke orang/lingkungan baru. Gw diem aja. Gw baru berani terbuka kalau ke orang/lingkungan yang udah dekat.

Gw takut kalau gw “berbicara” gw bakal mempermalukan diri gw, gw bakal ditertawakan atau dianggep aneh, gw takut orang berpikiran aneh tentang gw. Makanya gw menarik diri dari lingkungan, gw menghindariinteraksi sosial.

Gw juga menghindari yang Namanya ngomong di depan umum. Kayak presentasi atau semacamnya. Gw bakal cemas, deg-degan, ketakutan, trus ada perasaan ingin menghilang tiba-tiba dari dunia ini.Makanya gw jarang banget ikut acara-acara semacam lomba, UKM, kegiatan sosial, dll.

Dengan adanya pandemic ini, sifat menutup diri gw semakin parah. Tambah parah karena kampus gw memberlakukan kuliah online sampai 4 semester. Jadi gw kuliah offline itu pas semester 1 dan semester 2 awal.

Di semester 1, gw gak ikut UKM apapun. Yg gw lakukan hanya kuliah pulang-kuliah pulang. Kebanyakan hal yg gw lakukan pada saat itu maen hape doang (bahkan sampai sekarang). Dan di semester 3 gw mulai sadar, gw harus berubah. Gw harus ketemu orang, ngobrol, dll. Karena apa jadinya kalau gw gini terus. Maksud gw, ntar kalo gw kerja gimana? Kalau gw hidup di kosan baru gimana? Kalau gw gak bisa mengandalkan ortu lagi gimana? Ntar pas KKN? Pas sidang skripsi? Dan lain-lain.

Akhirnya gw join UKM yang sesuai minat gw. Tapi… walaupun gw udah masuk UKM itu, gw Cuma jadi pengamat di grup chatnya aja. Gw ga pernah nimbrung. Dan gw pun ga bisa nimbrung, karena GW GAK TAU GIMANA CARANYA NIMBRUNG OBROLAN??

It means, sama aja boong.

Gw sedih banget gan/sis, gw sedih banget. Gw pengen berubah! Karena itu pas ada lowongan untuk jadi pengurus UKM tersebut, gw ikut daftar. Tapi kecemasan ini gak hilang. Gw malah makin takut. Gw takut dengan apa yang terjadi nanti. Gimana nanti pas interview, gw harus jawab apa? Gimana gw bisa memecahkan suasana interview yang tadinya kaku jadi lebih luwes? Atau gimana caranya gw biar gak salah ngomong? Gak keselipet bicaranya?

Lalu kalaupun gw diterima jadi pengurus, gw kepikiran lagi gimana NIMBRUNGNYA? Dan bisa gak mereka-mereka itu jadi temen gw? Temen yang beneran temen bukan hanya say hidoang…

Dan gw pun kepikiran situasi yang paling buruk dari itu semua. Gw gak diterima jadi pengurus. Gw gak punya kesempatan lagi untuk aktif. Gw udah semester segini lagi aduh.

 

 

Ya gan/sis disini gw mau curhat sekaligus minta pendapat kalian semua. Pertanyaan gw adalah..

pertanyaan

 

BTW, tentang konseling ke psikolog, gw sebenernya mau nyoba konseling online lewat aplikasi riliv. Tapi ternyata harganya lumayan. Sekali konseling 100 ribu. Buat ane itu mahal ya, heheh. Menurut gan/sis, konseling online worthga sih? Kalo beneran bagus gw mau nyoba emoticon-Big Grin

 

Oke sekian dari ane. Makasih banget buat gan/sis yang udah nyempetin waktu buat baca. Dengan gan/sis baca aja pun gw merasa diperhatikan (senang rasanya kalau curhat kita didengar orang lain, seperti dapat perhatian ahahah emoticon-Big Grin).



profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldirules1205 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk untuk memberikan balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
21-09-2021 23:43
enak kali jadi org introvert punya banyak me time.
ketimbang jadi ekstrovert kebanyakan temen.
tiap hari ada aja yang grecokin.
gimana kalo kita bertukar peran aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blacktroya dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 07:38
Tapi ekstrovert kan punya teman gan. Ada tempat untuk berbagi emoticon-Add Friend (S)
Btw thanx udh mapir ganemoticon-Shakehand2
0
profile picture
kaskus maniac
22-09-2021 17:28
@tadakuni.eru extrovert jeleknya ada biaya untuk bersosialisasi gan. Dateng ke pesta ngasih duit, syukuran istrinya ultah lah apa lah, bridal shower apa lah anaknya.biaya lagi. Semua ada plus minusnya.

Pandemi gini justru agan yang shine on. Ekstrovert mampos semua ga bisa gerak.

Yang introvert mah udah terbiasa. Yang ekstrovert pasti udah ke psikolog

Oh ya saya juga dulu seperti agan, tapi yang namanya ngomong sama orang ya karena terpaksa aja. Kalau ga ngomong ya ga dapat duit. Nawarin produk ke client dan segala macam. Nego scope of supply ke client. Sampe punya usaha sendiri.

Selama pandemi saya akui skill komunikasi menurun drastis. Jadi tidak cuma agan saja. Tetap berusaha saja.

Saya yang udah bangkotan ini saja masih takut presentasi, cuma karena terpaksa saja makanya mau. Semua motivasinya karena uang. Kalau pas kuliah motivasinya karena butuh ijazah buat kerja. Ga ngomong ya ga makan gan.

Karena keluarga saya dari keluarga pas2an dulunya. Teringat dulu nyolong wifi pake wajan bolic dalam kaleng dengan realtek wifi usb. Belajar dari amatir radio. Di dalem kaleng diisi sampah biar ada jarak dan dapet 2.4 GHz.
2
profile picture
kaskuser
22-09-2021 18:04
Ts nya bukan cuma introvert, tapi ada trauma.
2
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 18:25
@juraganind0 ah bener juga ya gan. Gak kepikiran ane. Jadi ekstrovert ada biaya macam2 itu ya. pantesan ane uangnya full terusemoticon-Ngakak (S) . Memang kalo mau keluar zona nyaman harus dipaksa ya gan, ane juga lagi memaksa diri ane untuk keluar zona nyaman ane ini, biar ane lebih berkembang. Tapi agan hebat loh, bisa sampe punya usaha sendiriemoticon-Add Friend (S) . btw skill nyolong wifinya masih kepake ga gan sekarang?emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus addict
23-09-2021 00:46
Udah pernah check ke psikolog test introvert atau ekstrovert? Karena komposisi eksteovert dan introvert bermacam macam, ada yg 80-20, 60-40, 50-50, 90-10 ( dalam persentase), jgn suka mendeteksi diri sendiri dari internet, belum tentu test yg di internet 100 persen asli dan tidak ada penjelasan dari psikolog repot.

Test ini membantu mengenal kita, jati diri sendiri. Bukan berarti dijadikan alasan untuk kabur dari masalah. Contoh. Merasa introvert dijadikan alasan untuk di rumah terus di kamar terus jarang bersosialisasi, gak pernah ngomong sama orang, ketika ditanya kenapa begitu? Teus dengan pedenya aku khan introvert. Hahahahahhaha udah tau introvert susah bersosialisasi, kenapa gak belajar untuk bersosialisasi? Nah klo exreovert gimana? Uda tau extrovert masih aja pecicilan di luar nemplok sana nemplok sini, padahal beri waktu untuk diri sendiri berdiam diri itu baik adanya.

Untung ts sadar coba klo enggak ya bakalan jadi apatis. Wkwkkwkw
1
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia