Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
217
Lapor Hansip
21-09-2021 21:27

HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL

Gw sangat amat pemalu, tertutup, dan kesusahandalam bersosialisi.


 

Balik ke zaman SD-SMP gw punya pengalaman dipermalukan di depan umum, ditertawakan, dipandang remeh dan lain-lain. Akibatnya sekarang gw jadi pribadi yang gak pede, insecure, dan menutup diri. Gara-gara trauma masa lalu juga, cara gw bersosialisasi pun berubah.

Dulu (mungkin SD/SMP) gw inget, walaupun gw pendiem (memang dasarnya gw introvert) tapi gw masih bisa main sama yang lain, dan gw bisa ngomong. I mean, gw bisa mengutarakan pendapat gw secara bebas ke orang-orang tanpa rasa takut. Tapi sekarang? Nope,gw gak pernah mengutarakan pendapat gw ke orang/lingkungan baru. Gw diem aja. Gw baru berani terbuka kalau ke orang/lingkungan yang udah dekat.

Gw takut kalau gw “berbicara” gw bakal mempermalukan diri gw, gw bakal ditertawakan atau dianggep aneh, gw takut orang berpikiran aneh tentang gw. Makanya gw menarik diri dari lingkungan, gw menghindariinteraksi sosial.

Gw juga menghindari yang Namanya ngomong di depan umum. Kayak presentasi atau semacamnya. Gw bakal cemas, deg-degan, ketakutan, trus ada perasaan ingin menghilang tiba-tiba dari dunia ini.Makanya gw jarang banget ikut acara-acara semacam lomba, UKM, kegiatan sosial, dll.

Dengan adanya pandemic ini, sifat menutup diri gw semakin parah. Tambah parah karena kampus gw memberlakukan kuliah online sampai 4 semester. Jadi gw kuliah offline itu pas semester 1 dan semester 2 awal.

Di semester 1, gw gak ikut UKM apapun. Yg gw lakukan hanya kuliah pulang-kuliah pulang. Kebanyakan hal yg gw lakukan pada saat itu maen hape doang (bahkan sampai sekarang). Dan di semester 3 gw mulai sadar, gw harus berubah. Gw harus ketemu orang, ngobrol, dll. Karena apa jadinya kalau gw gini terus. Maksud gw, ntar kalo gw kerja gimana? Kalau gw hidup di kosan baru gimana? Kalau gw gak bisa mengandalkan ortu lagi gimana? Ntar pas KKN? Pas sidang skripsi? Dan lain-lain.

Akhirnya gw join UKM yang sesuai minat gw. Tapi… walaupun gw udah masuk UKM itu, gw Cuma jadi pengamat di grup chatnya aja. Gw ga pernah nimbrung. Dan gw pun ga bisa nimbrung, karena GW GAK TAU GIMANA CARANYA NIMBRUNG OBROLAN??

It means, sama aja boong.

Gw sedih banget gan/sis, gw sedih banget. Gw pengen berubah! Karena itu pas ada lowongan untuk jadi pengurus UKM tersebut, gw ikut daftar. Tapi kecemasan ini gak hilang. Gw malah makin takut. Gw takut dengan apa yang terjadi nanti. Gimana nanti pas interview, gw harus jawab apa? Gimana gw bisa memecahkan suasana interview yang tadinya kaku jadi lebih luwes? Atau gimana caranya gw biar gak salah ngomong? Gak keselipet bicaranya?

Lalu kalaupun gw diterima jadi pengurus, gw kepikiran lagi gimana NIMBRUNGNYA? Dan bisa gak mereka-mereka itu jadi temen gw? Temen yang beneran temen bukan hanya say hidoang…

Dan gw pun kepikiran situasi yang paling buruk dari itu semua. Gw gak diterima jadi pengurus. Gw gak punya kesempatan lagi untuk aktif. Gw udah semester segini lagi aduh.

 

 

Ya gan/sis disini gw mau curhat sekaligus minta pendapat kalian semua. Pertanyaan gw adalah..

pertanyaan

 

BTW, tentang konseling ke psikolog, gw sebenernya mau nyoba konseling online lewat aplikasi riliv. Tapi ternyata harganya lumayan. Sekali konseling 100 ribu. Buat ane itu mahal ya, heheh. Menurut gan/sis, konseling online worthga sih? Kalo beneran bagus gw mau nyoba emoticon-Big Grin

 

Oke sekian dari ane. Makasih banget buat gan/sis yang udah nyempetin waktu buat baca. Dengan gan/sis baca aja pun gw merasa diperhatikan (senang rasanya kalau curhat kita didengar orang lain, seperti dapat perhatian ahahah emoticon-Big Grin).



profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldirules1205 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk untuk memberikan balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
21-09-2021 23:28
bertahun2 sebagai seorang yang pendiam gw mencoba untuk berinteraksi sosial
dan gagal
selalu takut
selalu cemas
selalu deg2an

yang bikin gw berubah
1. Ga masalah kalau gw diam.
ini yg selalu gw tekan kan ke diri gw
kalau emang ga ada yang bisa gw katakan, ya ga masalah.

2. jujur
kalau ada yang tanya "eh lu kok diam aja sih"
jawab aja dengan jujur " gw ga tau apa2 sama yang kalian obrolin"

3. DENGAR
klo orang2 lagi ngobrol
dan lu bagian dari mereka
ya dengarin aja

kalau obrolan mereka menarik
pasti ada sesuatu yg bikin lu penasaran
nah tanyain tuh yang bikin lu penasaran
"gw ga tau apa2 sama yang kalian obrolin,
upin ipin itu siapa? "

kalau orbrolan mereka ga menarik
"gw ga tau apa2, gw dengarin kalian ngobrol aja ya"

4. PEDULI DENGAN DIRI LU SENDIRI
hobi lu apa
setiap hari lu browsing2 apa saja
kenapa lu browsing2 itu
di youtube lu nonton apa
di sportify lu dengar musik apa
kondisi kos2an lu seperti apa
ibuk/bapak kos lu kayak gimana
tempat makan minum yang lu suka di sekitar kampus di mana (kalau ga ada, lu cobain satu2 tuh warung makan!)
nah lu pahami segala2 nya tentang diri lu sendiri

itu bisa kok jadi bahan obrolan

5. cara bicara lancar
pas di kos latihannya
a/ ngomong sendiri. apapun yang dipikran lu, jadikan kata2. jangan di dalam hati
b/ baca artikel dengan suara keras. 1 artikel sehari cukup kok.
c/ sidang? masih lama! kalau mau latihan coba slide2 dari dosen, lu jelasin di kamar kos sendirian kyk dosen nerangin di kelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dinguserectus3 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 07:35
Nice gan, saran ente udah ane catet.Tinggal dipraktekin aja. Thanx udh mampir dimari gan emoticon-Shakehand2
0
profile picture
kaskus maniac
22-09-2021 09:17
@tadakuni.eru
yg no 1 paling penting.
apalagi pas awal
rasa takut, deg2an, itu selalu muncul,
fungsi no 1 itu untuk mengedalikan rasa takut dan deg2an itu.

berhubung lu masih mahasiswa nih.
klo ada presentasi2, usahain maju / tampil.

ada perbedaan cara sosial di lingkungan FORMAL dan non-formal
salah satunya nih
klo di formal, kyk presentasi di kelas
"kita bakal mengobrol sebatas yang di presentasiin"

klo di non-formal, obrolan tak terbatas, bahkan sering loncat2.
kadang keluarga, kadang makanan, kadang film/drama, kadang percintaan,
kadang berita, kadang bencana
saking banyaknya, yg pendiam kek kita ini, susah buat ngikut.

nah, kalau lu aktif di lingkungan formal
itu bakal nge bantu banget buat yakinin ke diri lu "gw bisa kok ngobrol"
walaupun ntar pas balik ke lingkungan non formal jadi diam2 lagiemoticon-Ngakak (S)
tapi setidaknya, ada kemajuan.

pahamin sedalam2nya materi presentasi, jadi klo ada yang bertanya bisa jawab.
sambil menyelam minum air
materi kuliah paham, ipk bagus, dan "lu bisa ngobrol dengan orang banyak"

selain presentasi
bertanya ke dosen juga bagus buat bantu "lu bisa ngobrol"
kenapa?
emang sih lu hanya bertanya ke dosen
"tapi itu di perhatiin oleh seluruh teman2 lu"
lu di dengar oleh seluruh teman2 lu.
rasanya takutny itu ga beda jauh

tapi kan ga mungkin asal bertanya
jadi ya pertama pelajarin tuh materi2 kuliah
kedua catet yang lu ga ngerti
terus pas dosen nerangin DENGAR.
ada ga yang termasuk dalam catetan lu
klo ada, kan ga mungkin lu tanyaain lagi.
ntar dosennya malah ngira "kamu ga dengar ya saya berbicara!emoticon-Mad (S) "emoticon-Ngakak (S)
kalau ga ada, nah itu kesempatan lu bertanya.
kalau ada tapi lu masih ga ngerti, itu juga kesempatan lu bertanya
"pak tadi bapak jelasin tentang teori grafitasi, tapi saya masih belum paham di bagian ini2nya pak"

pola pikir gw tuh
kuliah emang tempat belajar
tapi bagi kita2 yang pendiam ini, kuliah itu tempat buat belajar ngobrol.
materi kuliah itu bonus

gitu pun pas KKN
pola pikirnya
KKN tu tugas kuliah, KKN tu buat mengabdi ke masayarakat.
tapi buat gw, KKN tu tempat gw belajar ngobrol sama tim dan masyarakat

jadi ntar gw pas KKN bakal ngobrol tentang keluarga mereka
tanya2 tentang daerah asal mereka,
makanan atau tempat wisata atau kebudayaan mereka
tentang abis kuliah pada mau kerja di mana
abis lulus balik kampung atau cari kerja di kota
daftar cpns atau jadi budak korporate
udah punya pacar atau belum
klo lu cwo, jangan tanya cwe aja, tanya juga cwo.
klo lu cwe, jangan tanya cwo aja, tanya juga cwe.
banyak tuh bisa di obrolin
apasih yang bikin kalian mau pacaran sama seseorang
apasih yang bikin kalian mau nerima klo di tembak
ada kepikiran ga buat nikahin pacar kalian sekarang

ya mana tau lu ketemu jodoh pas kkn kan ya.
1
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 09:42
problem solvingnya sama persis kaya yg ku lakuin dari jaman sekolah sampe skr
mencoba untuk berani , bodo amat salah malu atau apapun itu

akhir2 ini aku baru menyadari 1 hal ,biasanya kan kita bingung jawab apa karena ga ngerti ttg hal itu / orang lain bicarakan, jadi perbanyak ilmu entah bacaan / berita2 apapun jadi ketika berhadapan dengan oranglain dirimu bisa jadi lawan bicara yg nyambung bagi mereka , gak cuma ah oh ah oh aja

dan 1 lagi masalah demam panggung , entah ini gw doang atau ada orang jg yg mengalaminya , ketika maju di depan kita bener2 malu sampe kepala pun mau gerak kiri kanan gak bisa , dan ketika kita pegang mic dan denger suara sendiri itu busett deg2an luar biasa
dikepala udah kaya ada ketakutan tersendiri , nanti orang2 nganggep gw aneh ga ya , gw malu2in ga sih bla bla bla , sampe skr masi blm bisa atasin ini
0
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 18:33
@nanletsbegin emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo Mantab gan. Komen ente membantu banget emoticon-Belo . Ane cuma bisa bilang terima kasih gan, speechless aneemoticon-Belo
0
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 18:35
@robotomax perbanyak wawasan intinya ya ganemoticon-Add Friend (S) . ane pun punya problem yang sama gan, makanya ane ogah naik panggungemoticon-Cape d... (S) emoticon-Takut (S)
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Stories from the Heart
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia