Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
129
Lapor Hansip
21-09-2021 13:31

Kaum Rebahan, Menjadi Nolep Dan Beban Keluarga

Kaum Rebahan, Menjadi Nolep Dan Beban Keluarga

Kaum rebahan adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk orang-orang yang menghabiskan waktunya dengan tidak melakukan apa-apa selain berbaring, bermain ponsel dan mengkhayalkan masa depan yang cerah atau bahasa sederhananya kaum rebahan adalah orang yang tidak produktif.

Awalnya istilah kaum rebahan ini dibuat untuk menyindir mereka yang menghabiskan hari-harinya dengan hanya berbaring di rumah dan tidak bekerja. Mereka biasanya berkurung di dalam kamar dan menggantungkan hidup mereka seutuhnya pada keluarga. Tidak bekerja dan mungkin sudah berhenti bersekolah.

Fenomena ini banyak terlihat pada anak muda terutama yang berumur 20 sampai 30 tahun. Kesulitan mencari kerja ditambah dengan biaya hidup yang semakin tinggi membuat orang-orang menjadi 'bodo amat' dengan hidup mereka sendiri dan memilih bersantai, lepas dari semua tekanan. Menjalani hidup dengan hanya makan, tidur dan bermain internet seharian.

Kaum Rebahan, Menjadi Nolep Dan Beban Keluarga

Karna kebiasaan ini, para kaum rebahan sering dijuluki 'beban keluarga' karna keberadaan mereka seolah hanya menjadi pengeluaran ekstra bagi siapapun yang menampung mereka. Bisa dibilang kaum rebahan ini sebenarnya tercipta karna tekanan hidup yang ada di masyarakat seperti sulitnya mendapat kerjaan bagus, pertanyaan kapan nikah maupun stres karna teman-teman sudah sukses duluan.

Lalu siapa yang patut disalahkan dalam kasus ini? Jawabannya adalah diri sendiri. Ada banyak alasan kenapa seseorang memilih menjadi kaum rebahan dan fenomena ini juga tak bisa dipisahkan dengan quarter life crisis. Banyak anak muda yang menganggap bahwa masa depannya akan cerah sebagai seorang pengusaha atau dokter namun setelah kuliah kebanyakan orang akan sadar bahwa dunia tidak hanya berputar di sekeliling kita.

Kaum Rebahan, Menjadi Nolep Dan Beban Keluarga

Namun sebenarnya orang orang yang memilih menutup diri dari dunia luar hanya takut dengan isi pikiran mereka sendiri. Gagal mendapat pekerjaan, ditolak cinta hingga melihat postingan teman teman sekolah yang sudah sukses di instagram cukup untuk membuat semangat siapapun hancur namun apakah memilih menjadi kaum rebahan atau terus berjuang merupakan keputusan setiap individu.

Fenomena kaum rebahan ini juga harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah karna lapangan kerja yang semakin sedikit juga merupakan salah satu penyebab kaum rebahan. Bayangkan jika seluruh anak muda memilih untuk mengurung diri dan berbaring seharian (nolep), akan jadi apa negara ini?

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davianjustice dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
Kaum Rebahan, Menjadi Nolep Dan Beban Keluarga
21-09-2021 14:29
Saya juga heran kenapa ya mereka bisa betah berlama-lama istirahat begitu? Bukankah manusia hidup harus ada tantangan?
Saya saja kalau sabtu minggu (kebetulan libur kerja) cari aktifitas. Entah potong rumput, beres gudang, rumah atau kerjaan apapun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
profile picture
kaskus geek
21-09-2021 14:32
Berarti agan tipe pekerja keras. Kalau kebanyakan orang mah pengennya ongkang angking kaki aja bisa dapat duit.
2
profile picture
kaskus addict
22-09-2021 10:29
Asli gan, temen ane ada yang ga berusaha belajar keras untuk menghadapi macam-macam tes di perusahaan, ada juga temen ane yang lumayan mau belajar namun rela nganggur lama demi dapet perusahaan yang ngegaji gede padahal gak punya pengalaman kerja.
Udah ane ceramahin udah ane bantu mereka, tapi tetep aja jadi kaum rebahan padahal umurnya udah seperempat abad. Ane sebenernya kasian sama mereka tapi gimana lagi emoticon-Mewek
4
profile picture
kaskus geek
22-09-2021 11:07
@andrianalifi banyak orang model begitu. mereka kurang bisa menerima kenyataan dan masih hidup dalam idealisme. kasihan ? pasti. tapi mau gimana wong itu pilihan mereka. mereka saja merasa nyaman ngapain kita pusing.
1
profile picture
kaskus addict
22-09-2021 11:09
@lunar1980 iya juga ya ngapain kita pusing-pusing mikirin mereka, idup2 mereka emoticon-Ngakak (S)
1
profile picture
kaskus geek
22-09-2021 11:33
@andrianalifi mungkin kita terlalu baik sebagai teman mereka wkwkwkwk (saya bisa bicara gini karena banyak manusia unik model begini di sekitar saya)
1
profile picture
kaskus geek
22-09-2021 13:05
@ih.sul bisa jadi bawaan sejak kecil. karena sejak sd saya diwajibkan oleh mama untuk bantu di pasar. pokoke pulang sekolah, habis makan, istirahat bentar harus nyusul di pasar. bantu2 ortu. entah di kasir, cek barang atau apaan pokoknya sudah. minggu pun yang harusnya jadi hari buat ibadah nyokap habis dari gereja langsung buka dagangan. wkwkwkwk
4
profile picture
kaskus maniac
22-09-2021 18:06
Ga harus ada tantangan om, yg penting ada kegiatan
2
profile picture
kaskus maniac
22-09-2021 18:47


namanya selera ga bisa dipaksain gan. sama kayak orang ada yg hobi traveling ada yg hobi baca buku.

ane juga aslinya nolep, cuma sadar diri hidup perlu uang makanya kerja. tapi klo lagi libur weekend, cuti bersama, ato lebaran, ane lebih milih menghabiskan waktu di kasur. mungkin sehari bisa 15 jam rebahan (trmasuk tidur siang/malem).
0
profile picture
newbie
22-09-2021 18:47
Share pengalaman sedikit, mungkin ada juga karena depresi. Dulu gw pernah jadi kaum rebahan sebulan karena diberhentikan. Stress banget, maunya tidur terus gak bangun lagi. Tp gw gak 100% rebahan, untungnya masih bisa maksain diri bangun setiap hari, kirim cv dan bantu-bantu kerjaan rumah. Untungnya sebulan kemudian dapat kerja lagi.
3
profile picture
kaskus geek
22-09-2021 20:04
@99tata99 istilahnya waktu beristirahat, setelah recharge siap kembali beraktivitas.
0
profile picture
kaskus geek
22-09-2021 20:06
@UnKillMaster betul. Kalau ga ngapa-ngapain, plonga-plongo rasanya hidup ini membagongkan 🐒
0
profile picture
kaskus addict
22-09-2021 22:52
Bisa jadi karena org tuanya juga. Ad lo org tua yg engga mau anaknya cape2 kerja.
0
profile picture
aktivis kaskus
23-09-2021 14:40
@UnKillMaster betul sekali yg penting ada aktivitas syukur aktivitas bermanfaat dan menghasilkan sesuatu yang bernilai .
0
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia