Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
Lapor Hansip
18-09-2021 18:04

Dodongkal Makanan Tradisional Tanah Pasundan, Pada Tau Gak gan... Temen Ngopi Nih.!!

Aneka dodongkal Bogor

Salam agan dan sista, indonesia memang kaya akan keanekaragaman budaya, tradisi serta dilengkapi dengan berbagai macam kuliner khas daerah.

Dari tanah pasundan Terdapat satu hal yang menarik dari jenis kuliner tradisional, terdapat nama awug dan dodongkal yang memiliki rupa yang mirip. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata ada satu jenis makanan lagi yang memiliki nama yang sama.

Namanya Dongkal.

Lalu apakah ketiga makanan ini merupakan makanan yang sama?

atau berbeda?

Mari kita ulas satu persatu…

Mengenal Awug
Dodongkal Makanan Tradisional Tanah Pasundan

Awug merupakan makanan khas Bandung. Awug merupakan makanan yang terbuat dari campuran gula merah, kelapa, tepung beras dan daun pandan yang dikukus di dalam aseupan.

Alat pengkukusnya merupakan anyaman bambu bernama aseupan, Adonan awug lazimnya dibuat berlapis-lapis dengan lapisan pertama dengan warna hitam dari gula dan lapisan kedua berwarna putih dari tepung. Terus ditumpuk berlapis-lapis hingga membentuk kerucut

Mengenal Dodongkal
Dodongkal Makanan Tradisional Tanah Pasundan

Dodongkal merupakan jajan pasar khas bogor yang terbuat dari bahan yang hampir sama dengan kue Putu. Yaitu : Gula aren, parutan kelapa dan tepung beras. Gula aren pada Dodongkal disusun selang-seling dengan tepung beras.

Kue Dodongkal dicetak dalam kukusan yang terbuat dari ayaman bambu. Dikukus menggunakan dandang khusus “seeng”

hal yang membuat dodongkal istimewa adalah taburan kelapa parut juga tepung beras untuk dodongkal tak pernah diberi pewarna.

Mengenal Dongkal
Dodongkal Makanan Tradisional Tanah Pasundan

Kue Dongkal merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari, gula merah, tepung beras dan dibagian atasnya di taburi parutan kelapa.

Cara membuatnya yaitu dengan dikukus menggunakan dandang yang berbentuk kerucut tumpeng sehingga nanti bentuk dari dongkal mirip tumpeng dengan ukuran kecil

Menilai persamaan Kue Dongkal, Dodongkal & Awug

Dari segi bahan yang digunakan, Awug, Dodongkal dan dongkal sama-sama berbahan dasar tepung beras, gula merah dan kelapa parut dengan tambahan gula dan garam.

Dalam bentuk dan proses memasaknya juga sama yaitu di kukus menggunakan wadah kerucut hingga pada saat matang nanti bentuknya seperti tumpeng

Jika kita lihat dan amati penelusuran google pun ketika kita mencari Awug, Dongkal dan Dodongkal ini memiliki perwujudan yang sama :

Lalau apa sih yang membedakan Awug, Dodongkal dan Dongkal?

Sebenarnya tidak ada perbedaan pasti dari 3 makanan ini. Karena sejatinya makanan khas ini merupakan jenis makanan yang enak, nikmat dan juga sehat. Jika di lihat dari komposisi dan teksturpun tidak dapat kita lihat perbedaannya.

Yang membedakan ketiga makanan ini hanya sebutannya saja. Masing-masing daerah memiliki sebutan tersendiri terhadap jenis makanan satu ini, seperti Dongkal untuk daerah Betawi, Dodongkal untuk daerah Bogor dan Sukabumi dan Awug untuk daerah Bandung.

Uniknya, tak hanya di tiga daerah ini yang memiliki sebutan berbeda untuk makanan ini. Daerah lainpun memiliki nama khasnya seperti :

Awug-awug di Sumedang

gelung teleng di Probolinggo

Orog orog di Labuan Banten

ombus-ombus di Medan

abuk/abug di Lombok/Bali

iwel iwel di Nganjuk

dan masih banyak lagi nama lain

Meskipun makanan ini memiliki nama yang berbeda-beda di tiap daerah, tidak akan mengubah rasa dari makanan ini dan tetap saja digemari banyak orang.

Jadi Sebetulnya, makanan ini sudah menyebar keseluruh pelosok negri dan di tiap-tiap daerah memiliki sebutan khusus untuk makanan ini. Terserah apapun sebutannya, yang jelas dan sudah pasti adalah makanan ini sangat lezat, unik dan merupakan makanan tradisional yang harus kita jaga.

Justru dengan banyaknya nama khas di tiap-tiap daerah itu membuktikan bahwa makanan ini diterima di semua tempat di nusantara dan menjadi kebanggan negri.

Sumber : lokalklik.com/cemilan


Yuk cobain Oleh-oleh Khas Bogor
aneka Dodongkal Bogor
Ada berbagai rasa kekinian selain yang original, ada rasa nangka, keju, pisang dll

Dodongkal Makanan Tradisional Tanah Pasundan
Diubah oleh lutfiherdiansya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sintara85 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk untuk memberikan balasan
Dodongkal Makanan Tradisional Tanah Pasundan
19-09-2021 16:43
d Tmp ane cmn ad satu skrg yg jual beginian
buset dah, klo br buka antrianny dah banyak bener.

Klo jaman ane kecil tiap pagi byk yg jual d pasar2.
0 0
0
profile picture
aktivis kaskus
20-09-2021 12:37
Dimana tuh gan yang jualnya
0
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 12:58
priok
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia