Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
117
Lapor Hansip
11-09-2021 14:21

Earbuds TWS Bermasalah? Simak 5 Hal Mengatasinya Ini!


Earbuds TWS Bermasalah? Simak 5 Hal Mengatasinya Ini!

Earbuds dengan fitur true wireless stereo(TWS) kini semakin diminati masyarakat. Beberapa brand dengan kualitas terbaik untuk perangkat audio ini juga semakin beragam. Mulai dari JETE, Oppo, Anker, Nakamichi, hingga Xiaomi. Namun, pernahkah earbuds TWS mu bermsalah? Jika iya, ada baiknya simak cara mudah mengatasinya berikut Gan.

1.    Hindari Simpan di Tempat yang Lembap

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah jangan simpan earbuds TWS di tempat yang lembap. Sekalipun TWS memiliki fitur ketahanan air. Usahakan untuk selalu menyimpannya di tempat kering. Sebab, bila terlalu lembap komponen akan rentan rusak. Untuk itu, Agan bisa simpan dengan menggunakan kain flanel kering saat mengeringkannya saat basah sebelum menyimpannya kembali di tempat yang sejuk.

2.    Perhatikan Koneksi Tak Perlu

Cara berikutnya yang cukup mudah adalah perhatikanlah koneksi bluetooth pada TWS. Earbuds bisa mengalami ‘kewalahan’ yang dikarenakan terlalu banyak jaringan tersambung. Inilah yang menghambat sensitivitas koneksi TWS. Begitu juga dengan mengindari router WiFi, sebaiknya buat jarak aman antara router dan TWS. Spektrum WiFi bisa saja mengganggu sinyal bluetooth dan membuat koneksinya terhambat.

3.    Bersihkanlah dengan Menggunakan Tisu Bersih

Earbuds TWS Bermasalah? Simak 5 Hal Mengatasinya Ini!

Jangan lupa untuk selalu bersihkan TWS setelah digunakan. Sadarkah kamu jika banyak debu yang menempel pada perangkat, termasuk pula kotoran telinga. Jika dibiarkan hal itu akan menghambat suara yang dikeluarkan. Membersihkannya pun sangat mudah. Bisa menggunakan tisu kering atau kain flanel. Untuk bagian speakernya, bisa kamu bersihkan dengan cotton buds dan tambahkan setetes cairan alkohol.

4.    Jangan Gunakan Sambil Tidur

Hampir setiap orang mungkin pernah menggunakan TWS sambil tidur. Baik itu untuk mendengarkan musik, video dan sebagainya. Sebaiknya kamu hindari hal ini, Gan. Cara seperti itu tidak hanya mengganggu pendengaran saja. Di sisi lain juga bisa membuat perangkat yang digunakan cepat rusak karena tertekan tubuh. Meski tidak rusak secara langsung, seitdaknya akan merusak komponen dan mengurangi sensitivitasnya.

5.    Waktu Pengisian Juga Penting Diperhatikan

Terakhir, selain keempat hal di atas agar TWS semakin awet Agan juga perlu perhatikan waktu pengisian dayanya. Banyak orang beranggapan jika baterai TWS yang diisi ulang dalam waktu lama akan lebih awet. Anggapan seperti itu kurang tepat. Ada waktu ideal untuk mengisinya saat pertama kali beli. Yakni antara 90-120 menit. Pengisian selanjutnya sekitar 1 jam saja. Saat mengisi ulang, pastikan kondisi TWS ini mati dan simpanlah pada kotak saat tak digunakan. Hindari pula melakukan pengisian saat baterai TWS ini 0%. Maka Agan bisa mengisinya saat kondisi baterai 15-10%.

Earbuds TWS Bermasalah? Simak 5 Hal Mengatasinya Ini!

Bagaimana Gan, cukup mudah bukan cara membersihkannya? Selamat mencoba!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
dorangadget dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
Earbuds TWS Bermasalah? Simak 5 Hal Mengatasinya Ini!
18-09-2021 08:02
delay emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 08:19
TWS yang range Harganya dibawah 300 ribu, bisa dipastikan akan Delay untuk menonton Video.

Dan semua TWS dengan range harga berapapun pasti akan Delay jika digunakan untuk bermain Game.
0
profile picture
KASKUS Plus
18-09-2021 08:23
@lovinggod Yoi bahkan yg ada embel-embel for gaming sekalipun.
0
profile picture
Retired Aktivis Banten Kulon
18-09-2021 08:29
gunakan wire emoticon-Recommended Seller

buang tws kelen emoticon-army
0
profile picture
kaskus maniac
18-09-2021 08:39
waduh baru tau ane nonton video delay.
hampir aja ane beli wkwkw
0
profile picture
kaskus maniac
18-09-2021 08:51
Pengalaman gw pake beberapa TWS 200-300 rb :

1. Delay.
2. Connect ke device selain hp susah nyambung.
3. Battery ampas, jam 9 start jam 11 udah low bat.

Sekarang make razer hammerhead :

1. Delayny minim, terasa cuman pas main game kompetitif.
2. Connect pindah2 device gampang banget.
3. Battery tahan lama, nge charge jg cuman 30 menit udah tahan berjam2.
0
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 09:06
Biasanya seorang AudioPhile, akan menolak menggunakan TWS.

Tapi, berhubung Kuping ane masih masuk kategori Kuping Kaleng, jadi kualitas TWS yang bagus, terasa sama dengan wired earphone.
2
profile picture
kaskus geek
18-09-2021 09:31
Ane pake TWs kalau buat HP sich well fine2 aja, cuman suara gak gitu maksimal walau dah volume 100% tetep kurang pol gak kaya earphone. Terus gak enaknya kalau mau nyambung ke laptopnya itu beh susahnya minta ampun musti matiin bluetooth HP, terus matiin idupin bluetooth laptop. emoticon-Nohope
0
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 09:39
@wolfzmus memang kalau nyambung ke Laptop terasa Kurang seamless.
Kayanya TWS memang bagus buat Smartphone dan DAP, karena lebih seamless.
1
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 09:46
@hakoniwa93 yup... Ane sudah korban beberapa TWS 200-300 juga... Akhirnya Lompatke 700 ribuan, trusPilih Sabbat E12 Ultra, langsung melongo denger suaranya dan kualitasnya...
0
profile picture
kaskus maniac
18-09-2021 10:05
Pake yang ada fitur qualcom aptx.. emoticon-Malu
0
profile picture
Reg. Leader Sidoarjo
18-09-2021 11:40
yg mahal hampir ga delay gan. ini pengalaman saya pribadi dan jgn digeneralisir ya emoticon-Salaman
0
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 13:39
@lovinggod gua audiophile dan gua pk TWS, ga bisa pukul sama rata gan, tergantung preferensi
0
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 13:44
tipsnya gampang
cari perangkat yang sudah mendukung SEMINIMAL MINIMALNYA : BLUETOOTH 5.0 DAN ADA CHIP QUALCOMM APTX DI DALAMNYA

untuk settingannya bisa di atur sewaktu pairing perangkat, caranya hp harus sudah masuk ke developer mode, lalu scroll smp nemu bagian Audio, di sana akan ditemukan beberapa settingm mulai dari codec audio bluetooth, audio sample rate smp bluetooth adaptive mode

kalau sudah perangkat smartphone dan TWS sudah sama2 mendukung setidaknya QUALCOMM APTX dan BLUETOOTH 5.0, maka itu akan jadi lebih bagus

delaynya antara 100-120/130 ms, itu delay maksimal yang bisa didapatkan, bahkan untuk gaming sekarang pun ada yang mengklaim delaynya bisa smp 60ms

sebenarnya untuk delay 100 ms itu sudah oke buat nonton video, delaynya hampir ga berasa, kecuali buat para audiophile pasti notice ada delay juga tp ga separah yang konvensional

so itu tips dari gua, kl ga percaya silahkan praktekkan dan ikuti sendiri tips dari gua
1
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia