Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
Lapor Hansip
17-09-2021 03:43

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan



Ane yakin, sebagian besar umat manusia pasti pernah menaiki kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat.

Dan ane yakin juga, sebagian besar dari Agan and Sista, termasuk diri ane sendiri juga pernah banget yang namanya ngalamin mabuk perjalanan.

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Pusing, mual, pandangan kabur, pengelihatan jadi nggak jelas, sampai sakit perut dan hidung mampet, itu yang ane rasain dulu waktu masih kecil pulang ke kampung naik bus atau kendaraan umum lainnya.

Dan baru setelah dewasa ane nggak pernah mabuk perjalanan lagi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kita lakukan supaya nggak mabuk perjalanan, terutama mabuk darat.

1. Jangan Melihat Lurus ke Arah Samping Saat Kendaraan Sedang Melaju

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Melihat ke arah samping melalui kaca jendela mobil maupun melihat langsung melalui kaca helm yang kita gunakan saat berboncengan, bisa membuat kita menjadi pusing kemudian mual trus mabuk darat.

Karena benda benda seperti pembatas jalan, batang pohon, dll akan terlihat seperti berlari cepat padahal mereka diam, dari pandangan mata ke objek benda tersebut kita jadi pusing mual trus pada akhirnya muntah dah.

2. Usahakan Pandangan Mata Ke Arah Depan

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Dengan selalu melihat ke depan, kita jadi tidak cepat pusing, bahkan bisa menikmati perjalanan.

3. Kalau Menumpang Bus atau Kendaraan Sejenisnya Jangan Duduk di Kursi Paling Belakang

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Duduk di kursi paling belakang akan membuat kita jadi pusing seperti di hempaskan ke kanan dan ke kiri saat bus melalui jalan berkelok. Hal ini terjadi karena kita berfokus pada kabin bus yang panjang, dan kita melihat ke arah kaca depan bus.

Biasanya ane bakalan menghindari duduk di kursi paling belakang ini, tapi kalau terpaksa ane pasti bakal liat keluar lewat jendela samping, tapi ngelihatnya ke arah depan atau menyerong ke depan, nggak lurus ke samping.

4. Hindari Merokok di Dalam Kendaraan

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Ane paling eneg sama orang-orang yang nggak punya rasa peduli ke orang lain dan hanya mementingkan diri sendiri seperti ini.

Biasanya ane bakalan menegur oknum seperti itu dan bakalan pindah duduk kalo ada kursi yang masih kosong.

5. Jangan Membuka Jendela Kendaraan Terlalu Lebar

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Terpaan angin yang kencang, bukannya membuat kita nyaman saat berada dalam kendaraan yang sedang melaju, hal ini justru sering menjadi pemicu dari mabuk darat, karena kita jadi masuk angin, kemudian perut kembung, yang pada akhirnya berujung mabuk darat.

6. Usahakan Makan Sebelum Bepergian Jauh

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Percaya atau nggak, perut yang kosong akan lebih cepat mengalami mabuk darat ketimbang yang udah kenyang, karena otomatis kita jadi punya lebih banyak energi saat menjalani perjalan jauh, selain itu perut jadi tidak mudah terkocok karena sudah penuh terisi makanan.

7. Minum Obat Anti Mabuk dan Gunakan Minyak Angin

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

15 menit sebelum melakukan perjalanan sebaiknya minum antimo atau obat anti mabuk perjalanan lainnya. Hal ini sangat membantu, karena kita jadi nggak mabuk saat melakukan perjalan darat dengan jarak jauh.

Aroma minyak angin juga bisa meredakan mual dan pusing kepala.

8. Selalu Bawa Tisu dan Kresek Hitam atau Kantong Karton Kedap Airqb

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
sumber gambar

Kalau semua hal di atas udah kita lakukan tapi tetap mabuk, opsi terakhir yang kita lakukan yaitu mengeluarkan kresek hitam untuk tempat muntah wkwkwkwk.

Oke deh GanSis, semoga thread ane bisa bermanfaat ya, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : srinami

Sumber referensi : opini pribadi
Diubah oleh srinami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk untuk memberikan balasan
8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
17-09-2021 08:22
kalo ane dulu perjalanan naik mini bus 2 jam doang Padang - Solok selalu mabuk darat lama kelamaan akhirnya terbiasa malah ane selalu mengincar tempat duduk pojok kanan belakang biar nggak terganggu orang mau turun/naik. kalo perjalanannya agak jauh ane selalu sedia minyak angin, cemilan, dan minuman yang asam
profile-picture
rickyrickardo memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
17-09-2021 08:44
itu kalau udh minum yg asem" ga mabuk lg bro?
0
profile picture
kaskus maniac
17-09-2021 08:50
mungkin perasaan mabuknya teralihkan karena rasa asam di mulut gan
0
profile picture
kaskuser
17-09-2021 09:13
utk yg sampe > 10 jam agan pake antimo?
0
profile picture
kaskus maniac
17-09-2021 09:22
biasanya iya kalo ada stoknya di rumah, kalo enggak ane cukup pake minyak angin aja, atau nggak ane minta sopir jangan ngebut2
0
profile picture
kaskus maniac
18-09-2021 22:56
20 Jam + cuma modal aer minum ama permen emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus addict
19-09-2021 09:19


Udah nyoba jalur bukittinggi-pasaman timur blm? Mantep 😊
Apalagi dpt supir travel medan
0
profile picture
newbie
19-09-2021 09:53
ane jakarta -> pariaman, ga keitung muntahnya🤣
0
profile picture
kaskus maniac
20-09-2021 09:27
ane sih sekarang pilih kendaraan sendiri atau nggak ajak saudara yang punya kendaraan biar bisa diajak santai emoticon-Big Grin
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Latest Release
week-of-12-01-2021
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia