Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
Lapor Hansip
16-09-2021 14:47

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.

Di Indonesia sendiri air bersih amatlah diperlukan oleh setiap orang dan karnanya negara mengambil (memonopoli) sumber daya ini dengan PDAM, Perusahaan Daerah Air Minum. Tujuan utama dari monopoli usaha ini adalah untuk menjaga harga air tetap terjangkau karna menyangkut hajat hidup banyak orang. Meski demikian monopoli usaha seperti ini memiliki kerugiannya tersendiri, salah satu contohnya adalah kurangnya inovasi karna tidak adanya pesaing.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Mari ambil perusahaan sabun mandi sebagai contoh. Ada berbagai macam merek sabun di negara ini dan setiap merek haruslah bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dan persaingan itu harus dilakukan dengan cara apapun. jika perusahaan lawan mengklaim bisa membunuh 99% kuman maka perusahaan lain akan mengklaim bisa membunuh 99,99% kuman. Jika perusahaan lawan mengklaim bisa menghasilkan busa sampai memenuhi bak mandi maka perusahaan lain harus mengklaim bisa menghasilkan busa yang cukup tebal untuk mengangkat manusia.

Singkatnya, persaingan itu ada untuk membuat sebuah produk terus berkembang namun dalam perusahaan monopoli tidak ada yang namanya pesaing sehingga meski pelayanannya buruk konsumen tetap tidak punya pilihan lain selain terus menggunakannya. Memang pemerintah memiliki layanan untuk komplain namun seberapa sering komplain kita dilirik? Toh meski air keran yang mengalir di rumah adalah air lumpur suara kita tidak akan didengarkan, kecuali sudah viral.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak pemerintah memang sudah jelas namun mungkin masyarakat bisa lebih puas.

Sekian dari saya dan mandilah sebelum air di rumah kalian ikut macet seperti di rumah saya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nekoyashikki dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 17:32
Quote:Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya.


Tergantung sikon 'gan ...
Infrastruktur berkaitan erat dengan biaya operasional dan perawatan (termasuk penggajian).
Bila itu penanggung jawabnya oleh pemerintah, mereka masih bisa sumbang silang dengan sektor lain yang mungkin menghasilkan profit.
Tapi bila itu dikelola oleh swasta, maka biaya itu yang akan nanggung adalah konsumen. termasuk kalau perusahaan swasta itu ingin menggaji tinggi karyawannya yang mungkin punya angan punya mobil-rumah mewah beserta 4 istri muda cakep-cakep (kalau udah tidak cakep, dicerai dan cari lagi). Dimana tentunya itu akan menyebabkan cuma konsumen dari kelas tertentu aja yang mau menggunakan produk mereka. Terkait ini jangan lupa melihat kondisi kesenjangan yang ada di masyarakat.
Rakyat dari ekonomi kelas bawah yang ingin merasakan, tentunya akan nggrundel, bukan kepada pihak penyedia produk/jasa bersangkutan, tapi katakanlah kepada bos yang menggaji mereka atau konsumen (dari kelas bawah pula) yang membeli produk mereka.

Terkait biaya operasional-perawatan itu, jangan dilupa pula, kuantitas dan kualitas infrastruktur yang ada, untuk menyuplai banyaknya jumlah penduduk yang ada saat ini. Bila bicara kualitas semata, maka dari sisi kuantitasnya nanti akan berkurang, terkait ketersediaan dana yang ada.
Dan begitu pula sebaliknya, kalau kita cenderung fokus ama kuantitas, maka dari sisi kualitasnya pun akan menurun, terkecuali ... rakyat bersedia membayar lebih. Dalam hal ini jangan lupa terkait pembagian level konsumen sebagaimana yang diterapkan oleh PLN.
Diubah oleh bingsunyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia