Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
Lapor Hansip
16-09-2021 14:47

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.

Di Indonesia sendiri air bersih amatlah diperlukan oleh setiap orang dan karnanya negara mengambil (memonopoli) sumber daya ini dengan PDAM, Perusahaan Daerah Air Minum. Tujuan utama dari monopoli usaha ini adalah untuk menjaga harga air tetap terjangkau karna menyangkut hajat hidup banyak orang. Meski demikian monopoli usaha seperti ini memiliki kerugiannya tersendiri, salah satu contohnya adalah kurangnya inovasi karna tidak adanya pesaing.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Mari ambil perusahaan sabun mandi sebagai contoh. Ada berbagai macam merek sabun di negara ini dan setiap merek haruslah bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dan persaingan itu harus dilakukan dengan cara apapun. jika perusahaan lawan mengklaim bisa membunuh 99% kuman maka perusahaan lain akan mengklaim bisa membunuh 99,99% kuman. Jika perusahaan lawan mengklaim bisa menghasilkan busa sampai memenuhi bak mandi maka perusahaan lain harus mengklaim bisa menghasilkan busa yang cukup tebal untuk mengangkat manusia.

Singkatnya, persaingan itu ada untuk membuat sebuah produk terus berkembang namun dalam perusahaan monopoli tidak ada yang namanya pesaing sehingga meski pelayanannya buruk konsumen tetap tidak punya pilihan lain selain terus menggunakannya. Memang pemerintah memiliki layanan untuk komplain namun seberapa sering komplain kita dilirik? Toh meski air keran yang mengalir di rumah adalah air lumpur suara kita tidak akan didengarkan, kecuali sudah viral.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak pemerintah memang sudah jelas namun mungkin masyarakat bisa lebih puas.

Sekian dari saya dan mandilah sebelum air di rumah kalian ikut macet seperti di rumah saya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nekoyashikki dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 17:28
yang menguasai hajat hidup orang banyak gak bisa diserahkan ke swasta. karena pembagian kepemilikan saham membuat pemerintah gak punya kendali terutama ketika dia berubah menjadi backbone negara karena terlalu besar. misalkan ada perusahaan listrik baru yg lebih efisien dari PLN, lalu PLN tamat. ketika si swasta ini melakukan pelanggaran, pemerintah gak punya power lagi. ini yg terjadi ketika kendali swasta lebih besar daripada negara. mungkin cuma amerika yg pemerintahannya bisa menghadapi raksasa-raksasa swasta. bahkan china harus begitu keras menghadapi pemilik salah satu perusahan raksasa "yg itu"mengingat ancaman terhadap negara itu sendiri di kemudian hari jika ada swasta yang mencoba membawahi pemerintah. di sini, mungkin masyarakat bingung kenapa pemerintah kayak gamang kalau berhadapan dengan perusahaan maskapai swasta yg selalu melanggar. ya karena itu tadi, menjadi tulang punggung dan punya daya tawar sangat tinggi.
Diubah oleh o.omqiqi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radenbagio dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
profile picture
kaskuser
16-09-2021 20:52
Betul.. Betul...

Pemikiran ane gak sampai sini, wahhh thank you ilmunya gan

Nice one emoticon-Big Kiss
3
profile picture
kaskus addict
17-09-2021 12:48
Ah gak jga
Bensin aja sekarang udah macam2 dari asing ada
Ada faktor lain x
2
profile picture
kaskus addict
17-09-2021 16:38
@richardgere189

Nope.., hanya dibuka di sektor hilir.
Kalau hulu juga dibuka, itu baru namanya pasar persaingan sempurna. seandainya Shell, BP, Petronas .. dikasi izin bebas investasi dari hulu ke hilir, mereka bisa buka kilang, impor minyak mentah sendiri dalam kasus ini berarti diserahkan utuh ke swasta tanpa harus beli minyak pertamina lagi, tanpa intervensi batas margin atas bawah dari pemerintah kita.. Pasti selesai pertamina gan,.. Ucapkan selamat tinggal..
3
profile picture
kaskus maniac
17-09-2021 19:20
@o.omqiqi Yoi
Selain itu, kadang yang sering banyak rakjel pahami itu ketika dikuasai negara dimaknai negara harus ikutan main (lewat BUMN). Padahal ga harus selalu begitu. Penguasaan negara itu dimaknai luas, misal lewat pembuatan kebijakan, pengurusan, pengaturan, pengelolaan, sampe pengawasan untuk tujuan sebesar2nya kemakmuran rakyat.
3
profile picture
kaskus addict
17-09-2021 20:10
@kodokuper

Ketika perusahaan swasta sudah terlalu besar dan mulai menjadi backbone, publik policy sekuat apapun sulit ditegakkan.
Kasus ini udah terjadi di China ketika pemilik perusahaan raksasa berani memprotes sistem keuangan di China. Yg dia protes elit2 petinggi PKC lho, gokil ga wkwk.. ini jadi alarm keras bahwa perusahaan swasta raksasa berbahaya untuk China. Tapi kalo misalnya perusahaan raksasa itu cuma jualan mie instant, kalo macem2 tinggal dihukum aja selesai. Resikonya masyarakat gak bakal makan mie merek itu. Tapi kalau minyak? Listrik? Air? ...
5
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 17:28
Di negara ini pemerintah bukannya sudah dikuasai para pengusaha swasta ya? Pejabat pemerintahan rata2 dipegang pengusaha, hampir ga ada negarawan murni yg menjabat.
3
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 17:28
Edited : dopost
0
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 19:19
Nimbrung
0
profile picture
kaskus maniac
18-09-2021 19:33
ini mau dibaca secara hukum / politik? secara hukum memang benar, tanah dan semua sumber daya alam dimiliki negara. tapi? apakah implementasinya sesuai dengan agan sampaikan? secara politik dengan munculnya pesaing perusahaan monolopi maka pihak pemerintah dan swasta akan saling adu kekuatan. tapi pemerintah bisa juga membatasi dan pemerintah tetap bakal mempunyai power, selama UUD / UU masih ada. jadi maksud agan pemerintah gk punya power itu berarti power politik yang pasti. bukan power hukum
1
profile picture
kaskus maniac
18-09-2021 19:54
Seharusnya swasta dibolehkan saja, tetapi sebelum diperbolehkan harus ada UU nya yang jelas dan mengikat jadi saat terjadi penyimpangan pemerintah bisa bertindak.

Jadi bukan monopoli, pemerintah, atau swasta tetapi adanya peratiran yang jelas dan mengikat dari pemimpin yang adil dan pro rakyat. Dah itu aja yang penting
2
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 20:01
@inginmenghilang

Untuk sektor tertentu gak dibuka. Misalnya seperti pertamina sampai sekarang belum listing di bursa, PLN juga belum go publik.
2
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 20:16
@tazur

Dua-duanya. Begitu cabang produksi dikuasai swasta dan menjadi terlalu besar bahkan sampai ke undang2nya bisa masuk angin. Proses pembuatan RUU adalah proses politik juga. Pernah dengar ga RUU tentang rokok selalu gagal? Padahal rokok bukan sektor esensial. Tapi baik perusahaan sama marketnya sangat raksasa. Tempat jutaan nafkah orang indonesia bergantung. Sampai ke warung2 pelosok jualan rokok untuk hidup.
Bisa ditutup pabriknya? Sampai saat ini usaha pemerintah cuma sebatas melarang dipajang, melarang iklan, cukai di naikkan..
cuma itu aja. Sulit sekali mengambil keputusan tegas. Bayangkan kalau ini terjadi sama air, listrik, bbm? Ketika swasta menjadi kartel harga.. Rakyat mau gak mau harus bayar karena listrik, air, bbm kebutuhan dasar yg paling dasar..
4
profile picture
18-09-2021 20:19
Kalo masalah di PLN, Pembangkit swasta kan banyak, yang bikin rugi itu PLN beli listrik ke swasta dengan skema Take or Pay... jadi pake ga pake PLN harus bayar, sementara dijual ke masyarakat dengan harga subsidi... terkadang nih subsidi dari pemerintah yang telat dibayarkan PLN, jadi PLN rugi...
3
profile picture
kaskus addict
19-09-2021 01:37
Tidak ada yg namanya ancaman.
Jurus paling mudah pemerintah adalah menentukan batas atas ataupun bisa sampai menentukan batas keuntungan sebuah perusahaan.

Ketika kamu memiliki usaha yg tidak punya saingan. Maka kamu itu ngak akan berkembang.
1
profile picture
kaskus maniac
19-09-2021 05:32
Kalo ane melihat usaha kebutuhan dasar jika tanpa monopoli bisa berdampak seperti yang terjadi di Texas musim dingin 2021 kemarin. Listrik benar-benar diserahkan ke swasta sejak hulu hingga hilir. Ketika ada satu jaringan rusak, gak ada jaringan lain yang ikut mendukung.

Apalagi listrik, pipa air, kereta api, itu jenis usaha yang bisa dibilang monopoli sejak lahir. Ane gak bilang ini wajar, tapi konsep bisnisnya banyak yang belum berhasil menghasilkan sistem usaha persaingan sempurna yang emang beneran efisien. Seperti contoh di Inggris, monopoli kereta api dihapuskan sejak 20 tahun yang lalu. Hasilnya, harga tiket KA disana jauh lebih mahal daripada di Eropa daratan dengan ketepatan waktu yang buruk.
1
Memuat data ...
1 - 15 dari 15 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia