KingBowoAvatar border
TS
KingBowo
Mengenal Apa Itu Profesi Digital Marketing



Digital Marketingmerupakan bidang pekerjaan yang sedang populer dalam beberapa tahun belakang ini. Digital marketing pada intinya itu adalah aktivitas yang dilakukan untuk mempromosikan sebuah produk, merek, ataupun layanan dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet. Contoh penggunaan teknologi tersebut diantaranya yakni website/blog, media sosial, marketplace, dan masih banyak lagi.

Semakin hari kita sebagai manusia sosial semakin bergantung dengan internet untuk menjalakan segala sesuatu. Seperti membayar tagihan, belanja, hingga merencanakan liburan semua sudah secara online. Kamu juga pasti sering login-logout smartphone, laptop, tablet, komputer hanya untuk menjaga bisnis tetap berjalan dengan lancar.

Popularitas internet akhir-akhir ini telah menciptakan kesempatan yang besar untuk perusahaan melebarkan sayapnya ke seluruh dunia melalui dunia maya. Cara-cara tradisional dengan mendatangi toko-toko atau personal secara langsung saat ini mulai dikalahkan dengan hanya satu gerakan klik dari tombol mouse atau touchscreen.

Semenjak pandemi Covid-19, secara tidak langsung mendorong masyarakat kita untuk semakin nyaman dalam menggunakan teknologi digital. Berbagai aktivitas  sekarang ini sudah mulai dilakukan secara online, mulai dari sekolah, bekerja, hingga aktivitas lainnya untuk meminimalisir penularan wabah. Di sisi lain, banyak juga pelaku usaha yang mulai menggunakan teknologi digital khususnya internet untuk kebutuhan pemasaran produknya.




Apasih Profesi Seorang Digital MarketingItu?

Ramainya tren berjualan secara online menghadirkan suatu jenis profesi yang baru, mereka yang sangat paham tentang seluk beluk bisnis dan seni dalam digital marketing. Orang-orang ini adalah yang mendalami ilmu dan skill tentang cara memanfaatkan kekuatan internet untuk efektifitas campaign melalui email, komunitas blog, web, sosial media dan masih banyak lagi dengan tujuan menghubungkan konsumen internet sesuai target.

Profesi Digital Marketingbertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

Search Engine Optimization: Teknik digital marketing dengan memanfaatkan hasil pencarian search engine untuk pemasaran

Email Marketing: Teknik pemasaran dengan memanfaatkan media email untuk melakukan pemasaran.

Periklanan online: Teknik pemasaran dengan memanfaatkan periklanan online seperti Facebook ads, Google ads, Instagram ads, dan lain-lain

Seorang digital marketer yang sukses memiliki jangkauan skill yang luas dalam koneksi dan mempunyai hal positif untuk dapat ditularkan, sehingga konsumen menginginkan hal yang lebih dari produk atau jasa yang ditawarkan. Goal yang paling akhir adalah untuk meningkatkan penjualan bisnis dan digital marketing adalah cara yang paling efisien untuk meraih tujuan tersebut.

Peran dan Tanggung Jawab Digital Marketing

- Memberikan arahan website dari segi tampilan, desain, navigasi, copywriting dan landing page dapat menjadi alat merketing dan  mendatangkan banyak visitor atau menarik perhatian customer.

- Mengevaluasi teknologi, aplikasi, dan trend IT yang sedang berkembang serta memberikan pemikiran dan perspektif untuk mengadopsi teknik pemasaran online yang tepat

- Merencanakan dan melaksanakan email marketing, social media campaign dan membuat konten yang menarik untuk iklan digital

- Mengukur dan melaporkan kinerja semua aktivitas pemasaran digital, dan membadingkannya dengan target (ROI dan KPI)

- Mengidentifikasi tren dan insights, serta mengoptimalkan aktivitas channel pemasaran online berdasarkan data tersebut

- Melakukan brainstorming secara berkala untuk menyusun strategi baru terkait pemasaran online

Profesi digital marketing juga memiliki target dan evaluasi yang terukur. Baik melalui channel iklan berbayar, seperti Iklan Facebook atau kampanye Google Adwords, atau melalui perangkat lunak yang canggih sCRM (manajemen hubungan pelanggan sosial), seperti SAP C4C, Microsoft Dynamics, Sage CRM dan Salesforce CRM.


Keterampilan dan Pengetahuan Digital Marketing

- Memahami Ilmu Advertising, Media dan Komunikasi, Digital Marketing, Jurnalistik,  - Hubungan Masyarakat dan Manajemen Bisnis
- Ketelitian dan kemampuan untuk bekerja secara akurat, serta Kemampuan untuk menangani lebih dari satu tugas sekaligus
- Memerlukan pengetahuan tentang metode pengoptimalan mesin telusur (SEO) dan ‘kunci’ atau ‘mencari’ kata-kata untuk mengarahkan lebih banyak pengguna ke situs media sosial.
- Pengalaman desain grafis dan software editing digital, untuk membuat postingan media sosial lebih menarik dengan tambahan video, foto dan infografis.
- Menguasai SEO atau SEM, mampu mengelola database, email, media sosial dan kampanye iklan online
- Berpengalaman merancang dan mengoptimalkan landing pages
- Menguasai teknik A atau B eksperimen dan multivarian eksperimen
- Memiliki pengetahuan yang kuat pada analisis situs Web (misalnya, Google Analytics, NetInsight, Omniture, WebTrends)
- Memiliki kemampuan analisis yang kuat dan mampu membuat kebijakan berdasarkan data
- Up-to-date dengan tren terbaru dalam bidang teknologi, pemasaran online, consumer behaviour dan pengukuran kinerja

Kepribadian Digital Marketing

- Berpikir Kritis, dengan menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
- Penyelesaian Masalah yang Kompleks, mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.
- Komunikasi, Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan
- Memiliki kreativitas yang tinggi dengan kemampuan mengidentifikasi target dan merancang kampanye digital yang baik.
- Senang Memerhatikan hal-hal yang sedang happening dan mempelajari hal-hal baru
- Menyukai dunia penulisan, dunia seni, dan desain
- Tertarik pada dasar-dara psikologis, untuk mempelajari target konsumen, serta memahami pola pikirnya agar iklan yang dibuat tepat sasaran
- Visioner, memikirkan secara keseluruhan serta memiliki pandangan jangka panjang dalam mempromosikan suatu brand.
- Selalu Berorientasi pada Detail


Prospek Kerja Digital Marketing

Peluang mendapatkan pekerjaaan sebagai Digital Marketing akan selalu terbuka, karena:


Potensi industri eS E N S O Rmerce di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnis onlinedi tanah air setiap tahun meningkat hingga 40 persen. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia.

Perkembangan teknologi menjadi suatu faktor berkembangnya Digital Marketing saat ini. Dimana, konsumen tak lagi hanya dapat berbelanja secara konvensional, seperti bertatap muka dan mengunjungi gerai (offline). Namun, kini mereka pun dapat melakukannya bahkan langsung dari genggaman gadgetnya. Untuk menjangkau para konsumen di dunia online inilah proses Digital Marketing mutlak diperlukan.

Seorang digital marketingakan merancang konten media sosial dan email kampanye bagi perusahaan, mengelola brand dan produk perusahan secara online serta menciptakan promosi untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), ia juga akan bertanggung jawab pada perencanaan dan pengendalian anggaran semua aktivitas pemasaran digital, mengevaluasi penelitian pasar, kondisi pasar dan kegiatan promosi perusahaan pesaing, dan disyaratkan berpengalaman dalam merancang dan mengoptimalkan kampanye Google Adwords.

Secara garis besar, pekerjaan Digital Marketing bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing. Dengan beberapa jobdesc digital marketer yang akan sering ditemui, antara lain:

Digital Strategist adalah seorang yang bertugas untuk memikirkan dan mengkonsep ide campaign marketing di ranah digital secara keseluruhan.

Social Media Strategist adalah seorang yang bertugas untuk mengkonsep dan merancang distribusi content campaign marketing di social media.

Social Media Specialist adalah seorang yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan engangement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian content di social media.

SEO Specialist adalah seorang yang bertugas untuk mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine.

Semakin banyak perusahaan yang berkompetisi untuk menonjolkan perusahaannya di era digital maka semakin banyak permintaan talent untuk digital marketing. Sudah siapkah kamu untuk memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan?


lemba.pratama
makiinun
yumahest
yumahest dan 17 lainnya memberi reputasi
16
5.6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu Marketing
icon
9.4KThread2.9KAnggota
Tampilkan semua post
rindudihatiAvatar border
rindudihati
#2
Digital marketing gini lulusan sma ada yg terima gak ya?, atau harus s1
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.