News
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
Lapor Hansip
27-08-2021 16:07

Mulai Besok Aplikasi Pedulilindungi Jadi Syarat Wajib Perjalanan

Mulai Besok Aplikasi Pedulilindungi Jadi Syarat Wajib Perjalanan

Bisnis, JAKARTA – Mulai besok, Sabtu 28 Agustus 2021 pemerintah akan menerapkan aplikasi PeduliLindungi di seluruh moda transportasi sebagai salah satu persyaratan perjalanan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung penuh penerapan aplikasi PeduliLindungi di seluruh moda transportasi sebagai salah satu syarat perjalanan transportasi baik di moda darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

Menurutnya, transportasi menjadi salah satu sektor yang penting untuk mengatur mobilitas di masa pandemi Covid-19. Simpul-simpul transportasi, seperti terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara menjadi bagian dari proses skrining dan penyaringan untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Untuk itu, melalui penerapan aplikasi PeduliLindungi ini diharapkan bisa mengelola mobilitas di tengah pandemi dengan baik,” katanya dikutip Jumat (27/8/2021).

Mengenai penerapannya, Budi mengaku, telah menginstruksikan para direktur jenderal di lingkungan Kemenhub untuk menyusun aturannya agar segera bisa dilaksanakan oleh para penyelenggara sarana dan prasarana transportasi.

Baca : Hadapi Interpelasi PSI dan PDIP, Anies Rangkul 7 Fraksi

Dia juga meminta seluruh operator atau penyelenggara sarana dan prasarana transportasi, baik yang dikelola Kemenhub, BUMN, maupun swasta agar mempersiapkan diri secara sistem dan prosedur agar penerapan aplikasi PeduliLindungi bisa berjalan baik.

“Sosialisasi harus dilakukan dengan baik agar tidak ada masyarakat yang kebingungan dengan adanya aturan baru ini. Pada awal penerapan aplikasi ini, saya minta para petugas yang berada di simpul-simpul transportasi membantu masyarakat pengguna jasa transportasi yang belum mengetahui adanya aturan ini,” imbuh Budi.

Sebagai informasi, aplikasi digital ini memiliki beberapa manfaat diantaranya dapat membantu petugas memastikan proses validasi dokumen kesehatan di simpul transportasi secara digital sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sederhana. Serta meminimalkan kontak fisik karena tidak harus membawa dokumen kertas hasil tes Covid-19 atau kartu vaksinasi, dan juga lebih aman dari adanya pemalsuan hasil tes swab (PCR/antigen). Di sektor transportasi udara, penerapan aplikasi PeduliLindungi sudah dimulai lebih dahulu pada Juli 2021 di beberapa bandara.

Kemenhub juga telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 62/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19, di mana terdapat satu klausul yang mewajibkan penumpang untuk menggunakan Sistem Informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding sejak 23 Juli 2021 dalam rangka membantu proses validasi dokumen kesehatan calon pelanggan. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, terintegrasinya aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI bertujuan mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, dan menghindari pemalsuan dokumen. 









Diubah oleh harbisindo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk untuk memberikan balasan
Mulai Besok Aplikasi Pedulilindungi Jadi Syarat Wajib Perjalanan
27-08-2021 18:11
Nyuruh wajib vaksin, birokrasi vaksin masih payah.
Nyuruh perjalanan wajib install PeduliLindungi, tp masih banyak bug dan ketidakjelasan lainnya di apps itu

Gimana dah maunya emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evildankside dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
profile picture
newbie
28-08-2021 19:09
Nunggu semua beres baru dilaksanakan tak kan pernah ada kemajuan, semua hal baru tetap akan melalui fase trial and error, selama selalu diperbaiki dan disempurnakan lama lama akan baik jadinya

0
profile picture
31-08-2021 21:20
Iya bagus sih bang,
Tp seenggaknya harus ada kemajuan lah, apps itu udah setahun lebih masa bug nya masih sama aja? Dan ada aja nik ktp yg ga kebaca di apps itu.
Ya minimalnya ada info lah
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia