News
Batal
KATEGORI
link has been copied
230
Lapor Hansip
27-08-2021 15:01

Fatwa MUI Nyatakan Vaksin Pfizer Hukumnya Haram

Fatwa MUI Nyatakan Vaksin Pfizer Hukumnya Haram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia menggunakan vaksin produk Pfizer dengan pembelian sebanyak 50 juta dosis. Sementara dari skema multilateral Indonesia akan mendapatkan jata 5 juta dosis Agustus ini. Lantas bagaimana hukum status kehalalan vaksin Pfizer?

Dari sejumlah jenis vaksin tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah melakukan Sertifikasi Halal pada empat produk, yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Pfizer. Untuk Vaksin Sinovac, MUI menetapkan bahwa vaksin itu halal.

"Sedangkan untuk Vaksin AstraZeneca, Sinopharm, dan Pfizer MUI menetapkan bahwa ketiga vaksin ini haram," demikian pernyataan yang merujuk pada hasil konsultasi dengan Tim Salam MUI yang tersedia di situs resmi MUI, Jumat (27/8).

Meski telah difatwakan haram, MUI menyatakan bahwa penggunaan vaksin-vaksin tersebut tetap dibolehkan. Hal itu berdasarkan pada sejumlah alasan, di antaranya karena kondisi yang mendesak untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok), adanya risiko fatal jika tidak dilakukan vaksinasi, ketersedian vaksin Covid yang halal tidak mencukupi, serta ketidakleluasaan pemerintah untuk mendapatkan dan memilih Vaksin Covid-19.

Sementara itu, terkait vaksin moderna, MUI menjelaskan bahwa proses sertifikasi halal untuk vaksin tersebut agak rumit dan panjang alurnya. Sebab, vaksin tersebut didapatkan pemerintah melalui jalur multilateral.

Vaksin moderna memang sudah ditetapkan Emergency Use Authorization (EUA) oleh BPOM. Vaksin ini didapat secara gratis dengan fasilitas Covax/Gavi. Skemanya adalah WHO mendapatkan vaksin dari perusahaan vaksin, kemudian WHO membagikan vaksin tersebut ke negara-negara yang tergabung dalam Covac tersebut.

Dengan skema demikian, sulit dilakukan proses sertifikasi halal, karena pemerintah tidak memiliki akses langsung dengan perusahaan vaksin.

"Sehingga MUI pun tidak dapat mengakses data-data tentang bahan, proses produksi vaksin yang dapat dijadikan dasar dalam penetapan fatwa atas kehalalan produk vaksin Moderna," tambahnya.

MUI menyampaikan bahwa dalam menetapkan fatwa produk halal, pihaknya melakukannya berdasarkan pada tiga hal. Pertama, bahan baik bahan baku, bahan tambahan, dan bahan penolong harus halal. Kedua, proses produksi halal harus dijamin tidak terkontaminasi dengan najis. Ketiga, adanya sistem dalam perusahan yang menjamin kehalalan mulai dari hulu sampai hilir.

Selain itu, MUI menambahkan bahwa vaksin-vaksin yang sudah difatwakan dan akan difatwakan adalah hasil diplomasi dan kerja sama bilateral antara pemerintah dengan negara asal produsen vaksin. Dengan skema kerja sama bilateral tersebut, pemerintah diberikan akses dengan perusahaan untuk proses audit sertifikasi halal.

https://m.republika.co.id/berita/qyh...hukumnya-haram
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 15 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
Fatwa MUI Nyatakan Vaksin Pfizer Hukumnya Haram
27-08-2021 15:13
ini agama selain penuh kebencian


juga membuat hidup umatnya susah dan ribet dengan urusan yg sama sekali tidak ada gunanya


alhamdulilllah, 100% ane kafir dan 1000% menolak surganya bau pejhu
Diubah oleh esperados
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donianthony dan 39 lainnya memberi reputasi
32 8
24
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 15:50
emoticon-Leh Uga stress
1
profile picture
aktivis kaskus
27-08-2021 17:05
Alhamdulillah elu kafir gan
3
profile picture
kaskuser
27-08-2021 17:09
Ada masalah apa sih kamu mas sama hidupmu? Coba cerita sama orang terdekatmu emoticon-Rusia
1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 17:13
emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh
2
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 17:14
Oh gt
1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 17:16
@pumpupkids streess dampak ppkm itu
1
profile picture
27-08-2021 17:19
Nyimak gan
0
profile picture
newbie
27-08-2021 17:22
Semoga dapat hidayah gan..esperados
1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 17:24
Jangan pake Alhamdulillah kalo gito, kontradiktif banget bikin kalimat
1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 17:26
@oblyvision dia odgj gan maklumin saja
1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 17:41
Pansos
1
profile picture
27-08-2021 20:45
Alhamduilah anak gw udah murtadin..emoticon-Wkwkwk
0
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 21:17
emoticon-Wakaka
1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 21:17
Apa yang ente harapkan dari ajaran seorang penjahat pedofil?

emoticon-Leh Uga
2
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 21:22
emoticon-Leh Uga apa yang diharapkan nyembah yg mati di gebukin
2
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 21:24
@sambel.apel setidaknya nggak masuk surga yg bau pejuh gan... Jijik kali, tuhan apa germo kok surganya isinya orang kentu...

Pedofil lu percaya meqi bocah aja diembat...
emoticon-Leh Uga
-4
profile picture
aktivis kaskus
27-08-2021 21:57
Kesian
-1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 22:15
Bgsd....syurga pejuh emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
1
profile picture
kaskus addict
27-08-2021 22:35
Fatwa MUI Nyatakan Vaksin Pfizer Hukumnya Haram
Fatwa MUI Nyatakan Vaksin Pfizer Hukumnya Haram
Fatwa MUI Nyatakan Vaksin Pfizer Hukumnya Haram
1
profile picture
kaskus addict
28-08-2021 01:20
@serapionIeo komuk komuknya kyk orang biadab ya emoticon-Wow
3
Memuat data ...
1 - 20 dari 42 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia