News
Batal
KATEGORI
link has been copied
116
Lapor Hansip
01-08-2021 15:58

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Skripsi merupakan istilah penulisan karya ilmiah berupa tulisan mengenai penelitian sebagai tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi dapat berguna untuk menilai dan menguji seberapa jauh seorang mahasiswa menunjukkan kemampuan nya atas ilmu-ilmu yang sudah dipelajari.

Namun terdapat permasalahan yang terjadi selama mahasiswa mengerjakan skripsi, tidak sedikit mahasiswa mengalami stres yang berat hingga depresi dan parahnya nekat melakukan bunuh diri.

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Disini ane ingin mengutarakan opini mengapa skripsi membuat mahasiswa stres hingga depresi emoticon-Malu

1. Pemikiran dari dosen pembimbing I berbeda dari dosen pembimbing II


Judul ditolak dengan alasan yang konyol


3. Revisi-revisi dan penolakan judul oleh dosen penguji sempro


Menurut ane ketiga hal itu bisa membuat mahasiswa mengalami stres berat hingga depresi belum lagi beban ekonomi dan keluarga.

Kalau ane pikir-pikir skripsi memang penting namun nampaknya budaya pengerjaan skripsi di Indonesia lah yang membuat banyak mahasiswa yang mengalami stres berat hingga depresi, menurut ane budaya pengerjaan skripsi di Indonesia tidak efektif dan efisien dan terasa seperti mengengkang kreativitas mahasiswa dalam penelitian. Mahasiswa seperti kurang dibebaskan untuk menunjukkan kualitasnya dalam menulis karya ilmiah berupa penelitian.

Stres saat pengerjaan skripsi bisa melebihi stres di dunia kerja. Walaupun begitu tak sedikit mahasiswa yang berhasil menyelesaikan skripsi dan lulus. Faktor dapat menyelesaikan skripsi tidak hanya pintar di akademik namun ada faktor lingkungan dan keberuntungan yang mempengaruhi nya.

Belakangan ini ada usulan penghapusan skripsi atau skripsi tidak diwajibkan sebagai syarat lulus sarjana namun banyak yang kontra, kalaupun mau tetep skripsi sebagai syarat wajib menurut ane budaya skripsi perlu dikaji lagi agar lebih efektif dan efisien sehingga tidak membuat mahasiswa merasa stres hingga depresi.

Mau bagaimanapun masalah stress hingga depresi yang dialami oleh mahasiswa saat mengerjakan skripsi tidak bisa diabaikan dan diremehkan ini udah masalah yang sangat serius apalagi sampe ada yang bunuh diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
02-08-2021 00:39
Dari poster itu sebenarnya menyatakan gambaran depresi sebelum memasuki tahun 2021. Ketika ane membaca dan melihat teman-teman ane, akhirnya relate juga tuh. Apalagi opini yang agan tulis memang sangat relate. Tapi balik lagi dibagian opini sebetulnya sama saja kayak skripsian offline. Hanya saja medianyakan online, kalau dulu coret makalah sekarang coret word, kalau dulu diomelin di depan langsung sekarang diomelin dari gugel mit atau zum, apalagi ngumpulin revisian juga dulu di kantor dosen sekarang di imel masing-masing
profile-picture
RifanX memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia