News
Batal
KATEGORI
link has been copied
116
Lapor Hansip
01-08-2021 15:58

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Skripsi merupakan istilah penulisan karya ilmiah berupa tulisan mengenai penelitian sebagai tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi dapat berguna untuk menilai dan menguji seberapa jauh seorang mahasiswa menunjukkan kemampuan nya atas ilmu-ilmu yang sudah dipelajari.

Namun terdapat permasalahan yang terjadi selama mahasiswa mengerjakan skripsi, tidak sedikit mahasiswa mengalami stres yang berat hingga depresi dan parahnya nekat melakukan bunuh diri.

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Disini ane ingin mengutarakan opini mengapa skripsi membuat mahasiswa stres hingga depresi emoticon-Malu

1. Pemikiran dari dosen pembimbing I berbeda dari dosen pembimbing II


Judul ditolak dengan alasan yang konyol


3. Revisi-revisi dan penolakan judul oleh dosen penguji sempro


Menurut ane ketiga hal itu bisa membuat mahasiswa mengalami stres berat hingga depresi belum lagi beban ekonomi dan keluarga.

Kalau ane pikir-pikir skripsi memang penting namun nampaknya budaya pengerjaan skripsi di Indonesia lah yang membuat banyak mahasiswa yang mengalami stres berat hingga depresi, menurut ane budaya pengerjaan skripsi di Indonesia tidak efektif dan efisien dan terasa seperti mengengkang kreativitas mahasiswa dalam penelitian. Mahasiswa seperti kurang dibebaskan untuk menunjukkan kualitasnya dalam menulis karya ilmiah berupa penelitian.

Stres saat pengerjaan skripsi bisa melebihi stres di dunia kerja. Walaupun begitu tak sedikit mahasiswa yang berhasil menyelesaikan skripsi dan lulus. Faktor dapat menyelesaikan skripsi tidak hanya pintar di akademik namun ada faktor lingkungan dan keberuntungan yang mempengaruhi nya.

Belakangan ini ada usulan penghapusan skripsi atau skripsi tidak diwajibkan sebagai syarat lulus sarjana namun banyak yang kontra, kalaupun mau tetep skripsi sebagai syarat wajib menurut ane budaya skripsi perlu dikaji lagi agar lebih efektif dan efisien sehingga tidak membuat mahasiswa merasa stres hingga depresi.

Mau bagaimanapun masalah stress hingga depresi yang dialami oleh mahasiswa saat mengerjakan skripsi tidak bisa diabaikan dan diremehkan ini udah masalah yang sangat serius apalagi sampe ada yang bunuh diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
01-08-2021 17:54
apa itu skripshit wkkeke
wong yg pada gede ipk biasa pake joki tugas emoticon-Ngakak (S)
makanya daripada kuliah pusing mending ngedj
joki.. lumayan jadi joki ... bebas lu mau kuliah apa kaga. mahal kuliah tuh emoticon-Meweks
0 0
0
profile picture
kaskus addict
01-08-2021 18:36


Skripsi pake joki resiko nya terkena pasal plagiarisme emoticon-Cool

Tapi kalau kagak ketahuan sih aman sih, jangan-jangan yang cepet kelar skripsi pake jasa joki atau atm mungkin
0
profile picture
kaskus geek
01-08-2021 22:28
@Mobakokplagiat lah yg suka bikin sama nawarin dosen gimana? aku aja dulu jadi asisten laboratorium ga dihargain. digaji rendah. males banget.. gatau deh anak² so s1 belagu banget. aku sengaja drop out. karena ga enak dibully mulu. .. kalo aja kubilang lah bapakku dosen... mampus mereka : ngakaks
0
profile picture
kaskus geek
01-08-2021 22:42
@Mobakokplagiat lah terus kalo yg plagiatin ternyata dosennya gimana? yakin 100% pada murni? tapi kenapa dong banyak nganggur sekarang? harusnya kalo bener buatan sendiri skripsi minimal kerja di mana ... sekarang sarjana banyak tp nganggur.. yakin dia skripsinya bikin sendiri? atau pake joki skripsi :shutup emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 07:14
tergabtung jokinya buatnya gimana, make ngambil banyak kutipan skripsi lama apa memang buat baru dari awal, kalau sekedar ambil teori apa dapus mah kayaknya aman, asal gk banyakan ngutip dari skripsi/jurnal lama

biasanya yg jadi joki gini dari kalangan internal mahasiswa fakultas sendiri, jadi udah tau lah harus gimana..dosen pun sebenarnya tau juga tipikal mahasiswa yg make joki itu gimana cuma pura2 diem aja, yg penting mahasiswa cepet kelar gk banyak angkatan tua bolak balik kampus, akreditasi fakultas juga aman
1
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 10:40
@gomamon. kalau dipikir-pikir mahasiswa yang ngerjain skripsi gak 100% orisinil juga ya. Kalau berusaha 100% orisinil bakalan makan waktu lama tapi tergantung situasi sih.

Memang semestinya sistem skripsi dikaji kembali
1
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 10:42
@gomamon. gue ngejoki aja sih selama 4smt, semester 5berhenti.. faktor udah males emoticon-Cool
jadi joki itu lumayan duitnya
cuma duitnya abis beli beli buku sama dipake fotocopy dll emoticon-Turut Berduka
0
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 10:44
@gomamon. @Mobakokplagiat mana ada kalo ngerjain 100% dia nganggur? pasti ga bakal nganggur kalo dia beneran ngerjain sendiri.
apa gunanya sidang skripsi kalo kita masih gelagapab pas di uji? ngakaks
jadi ya hidup mah slow aja . .. santai
se santai main kaskus .. ilmunya dapet, tapi tetep santuy ngegarap skripsi / laporan praktikum..
yg penting semangat aja sama yakin..
kalo ada yg ga suka gausah dibawa ke hati.. sakit
0
profile picture
kaskus maniac
02-08-2021 13:55
pas uji plagiat ketahuan tuh skripsi hasil joki2an
0
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 19:19
@ik54n54 beberapa PT udah ada yang punya program buat cek plagiarisme, kalau ketahuan ya MODAR!!!!! emoticon-Wkwkwk
0
profile picture
04-08-2021 06:07
1. bre pendapet & pengalaman ente di satu tempat ga bisa digeneralkan untuk seluruh kampus di indonesia leh... agan bisa dituntut oleh asosiasi dosen indonesia (ADI), karena dasarnya bukan sakit hati, tapi mencoreng nama baik yeh. apalagi dasarnya pengalaman buruk 1 orang ya ga bsa dijadiin barang bukti untuk seluruhnya... Jadi di sini intinya, kalau mau kata skripsi dijokiin dosen, atau pihak" laennya, silakan sebutkan nama kampus agan dgn bukti yg jelas, biar omongannya jelas, bukan asal omongan, misleading...

toh di kampus ane negeri gada yg joki" gitu (berhubung ane deket dgn kepala prodi ane).
di kampus temen" laen yg beda" kampusnya jga gada yg joki gitu... semua bkin sendiri, dpt ttd dosen untuk sidang itu rasanya bahagia amet ya dlu...

2. apa hubungannya terima kerja (penggangguran) & skripsi?
ditanya wawancara jga paling ditanya dulu meneliti ttg apa pas kuliah. gitu doang... itu ane tau dari rata-rata wawancara PT terdaftar BEI.

fresh graduated itu udh kaya sampah numpuk andelin IPK dan gelar doang + lapang kerja ga sebanding jumlah lulusan (supply demand bre), itu sebabnya banyak yg nganggur (shortage)... lama kelamaan ga cmn S1 aja yg susah cari kerja, S2 & S3 jga ke depannya mkin susah toh cari kerja karena yg nganggur pda lari kuliah lagi... lagian jaman skrg diliatnya lebih ke skill dan pengalaman kerja ya, jarang ada yg pnya nilai plus di CV nya (setidaknya perbadingannya jauh lah), akhirnya bkin penggangguran makin banyak..

3. agan @zizill mengaku terima joki apalagi dengan imbalan, artinya agan bisa dituntut & dilaporkan dong, walaupun bukan atas dasar kemauan/permintaan agan (dari mahasiswanya).... mahasiswanya yg agan joki pun harus disebutin beserta buktinya dan dicabut gelarnya toh...
sering dengerkan cerita joki"an ujian CPNS, PTN, PTS, UN ditangkepin (?) silakan lah dibaca peraturannya kenapa mereka ditangkepin...

4. cek definisi plagiat itu apa sih sebenernya? ko kyanya di sini ada beda maksud
0
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia