News
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
01-08-2021 08:00

Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Pedagang di Malioboro, Yogyakarta, mengibarkan bendera putih, Jumat (30/7). Pengibaran bendera putih ini sebagai tanda berkabung dan menyerah pada keadaan di masa pandemi Covid-19.

Ketua Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM) Desio Hartonowati mengatakan, sejak diterapkannya PPKM Darurat di awal Juli 2021, para pedagang di Malioboro terpaksa libur berjualan. Kondisi ini membuat mereka tak punya penghasilan.

Selain tak punya penghasilan, para pedagang juga harus menanggung angsuran. Uang yang diperoleh dari utang dipakai untuk bertahan hidup selama tak berjualan.

"Bendera putih ini tanda kami berkabung dan menyerah. Bendera putih ini simbol kondisi terkini yang dirasakan oleh pedagang di Malioboro," ucap Desio, Jumat (30/7).

Desio menyebut saat ini kondisi di Malioboro sepi pengunjung. Dampak penyekatan dan kebijakan penutupan Malioboro sangat terasa dampaknya bagi pedagang.

Padahal sebelumnya pedagang lesehan dan kuliner di Malioboro sudah merasakan dampak pandemi. Mereka baru buka jam 17.00 WIB dan diminta tutup pada pukul 20.00 WIB.

Hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintah untuk pedagang. Mekanisme bantuan yang diberikan melalui koperasi paguyuban dinilai tidak efektif. Alasannya koperasi hanya menaungi 2 paguyuban, sementara di Malioboro terdapat 9 paguyuban.

"Yang 2 (paguyuban) dinaungi koperasi baru dalam proses. Kemudian 9 paguyuban lain belum ada akses ke sana. Kami minta solusi pemda supaya paguyuban dapat dana pinjaman bergulir," ucap Desio.

"Bantuan modal ini sangat diperlukan pedagang. Karena modal berjualan saat ini sudah habis untuk menutup kebutuhan sehari-hari," pungkas Desio.

Sumber: https://www.google.com/amp/s/m.merde...era-putih.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih
01-08-2021 10:47
https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/soal-bendera-putih-di-malioboro-suara-pkl-terbelah/

Malam harinya, muncul sebuah video 45 detik yang dikirimkan oleh salah satu komunitas Malioboro, Paguyuban PKL Malioboro-Ahmad Yani (Pemalni). Slamet Santoso sang ketua dengan beberapa PKL berpakaian batik melakukan klarifikasi bahwa pemasangan bendera putih bukan murni keinginan mereka.

Slamet mengatakan bahwa ia mewakili komunitas Malioboro, bukan hanya Pemalni saja dan menegaskan bahwa pemasangan bendera putih adalah ulah oknum di luar PKL. “Kami mengklarifikasi terkait pemasangan bendera putih, kami sampaikan bahwa itu bukan murni suara atau keinginan PKL Malioboro. Itu dilakukan oleh oknum atau orang di luar PKL Malioboro,” ungkap Slamet dalam video, pun ketika dikonfirmasi KRJOGJA.com, Sabtu (31/07/2021) pagi.

Slamet juga menegaskan PKL Malioboro patuh dan taat pada aturan Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Pihaknya mengaku siap menaati aturan dan komitmen menjaga kesehatan warga masyarakat DIY agar pandemi Covid segera usai.

“Kami pada prinsipnya taat, tunduk dan patuh pada titah Ngarsa Dalem. Kami tetap menjaga kesehatan masyarakat Yogyakarta supaya cepat pulih, bebas dari pandemi Covid-19 sehingga ekonomi bisa kembali normal,” pungkasnya.

Slamet juga menegaskan bawasanya pihaknya sudah berupaya meminta klarifikasi pada rekan-rekan yang memasang bendera putih kemarin. Namun, hanya satu perwakilan yang bersedia hadir memenuhi undangan tersebut.

“Kemarin kami coba minta klarifikasi, tapi hanya satu orang yang datang. Pada prinsipnya, kita paham namun langkah yang diambil mereka kami tidak sepaham yakni dengan pemasangan bendera putih. Itu bukan mewakil semua komunitas Malioboro. Kami sampai sekarang, PKL masih tetap eksis meskipun dalam kondisi yang sangat sulit,” pungkas Slamet.

nah lo emoticon-Leh Uga
Diubah oleh tukangbeling7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia