News
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
01-08-2021 08:00

Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Pedagang di Malioboro, Yogyakarta, mengibarkan bendera putih, Jumat (30/7). Pengibaran bendera putih ini sebagai tanda berkabung dan menyerah pada keadaan di masa pandemi Covid-19.

Ketua Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM) Desio Hartonowati mengatakan, sejak diterapkannya PPKM Darurat di awal Juli 2021, para pedagang di Malioboro terpaksa libur berjualan. Kondisi ini membuat mereka tak punya penghasilan.

Selain tak punya penghasilan, para pedagang juga harus menanggung angsuran. Uang yang diperoleh dari utang dipakai untuk bertahan hidup selama tak berjualan.

"Bendera putih ini tanda kami berkabung dan menyerah. Bendera putih ini simbol kondisi terkini yang dirasakan oleh pedagang di Malioboro," ucap Desio, Jumat (30/7).

Desio menyebut saat ini kondisi di Malioboro sepi pengunjung. Dampak penyekatan dan kebijakan penutupan Malioboro sangat terasa dampaknya bagi pedagang.

Padahal sebelumnya pedagang lesehan dan kuliner di Malioboro sudah merasakan dampak pandemi. Mereka baru buka jam 17.00 WIB dan diminta tutup pada pukul 20.00 WIB.

Hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintah untuk pedagang. Mekanisme bantuan yang diberikan melalui koperasi paguyuban dinilai tidak efektif. Alasannya koperasi hanya menaungi 2 paguyuban, sementara di Malioboro terdapat 9 paguyuban.

"Yang 2 (paguyuban) dinaungi koperasi baru dalam proses. Kemudian 9 paguyuban lain belum ada akses ke sana. Kami minta solusi pemda supaya paguyuban dapat dana pinjaman bergulir," ucap Desio.

"Bantuan modal ini sangat diperlukan pedagang. Karena modal berjualan saat ini sudah habis untuk menutup kebutuhan sehari-hari," pungkas Desio.

Sumber: https://www.google.com/amp/s/m.merde...era-putih.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih
01-08-2021 08:51
Masyarakat lokal ga ada yang mau beli?
emoticon-Leh Uga
Di jakarta adem ayem tentram tuh PKL.
Disini Harganya ga digetok kali ya?
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
profile picture
kaskus geek
01-08-2021 10:40


langganan getok harga di sana mah, biar ada paguyuban pun jg tetep lebih mahal dr tempat lain emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus addict
01-08-2021 11:08
@tukangbeling7 udah terkenal gan disana emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 09:43
sampai parkiran aja digetok. sebelum pandemi pernah parkir deket malioboro, digetok 10rb. tapi tetep lebih murah drpd parkir di mall jakarta sih.... emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 10:29
gw 16 thn belanja di jkt ga pernah digetok harganya bre.

Kalo jogja sih entah ya.

Bandung pernah di Tangkuban perahu ama Ciwidey.
0
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 12:32
@trac0ne jakarta memang lebih kondusif bree
1
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 12:52
@trac0ne jaman tol jawa baru sampe pejagan pas mudik dulu mesti cari makan antara brebes sampe kendal , alhamdulillah gak pernah kena getok , malah relatif murah banget, wlw mmg kudu rajin tanya sih
1
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 12:53
@trac0ne @tukangbeling7 oiya hampir lupa perlakuan sama orang bisa bahasa jawa sama yang enggak juga beda
emoticon-Ngakak
3
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 12:58
@trac0ne @pemburu.onta emoticon-Leh Uga sami mawon .... emoticon-Wakaka gue 6 tahun di jogja jd khatam, klo gue sih mending ke pasar Bringharjo di belakang,,byk mbok2 jual ayam, burung puyuh yg sdh dibumbui, 20 rb jg bisa dapet 3-4 , goreng sendiri di kosan , pake sambel kecap aje dah maknyuss emoticon-Imlek
1
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 13:06
@tukangbeling7 indomi jangan lupa..
Makanan wajib itu
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 13:13
@pemburu.onta indomi, sarden, kornet, telor emoticon-Leh Uga klo lg laper mah enak aja emoticon-Wakaka yg langganan murmer itu samping carefour jl adisutjipto (dulu alfa gudang rabat), ayam bakar + ambil nasi sepuasnya + kuah opor + teh anget /es teh cuma 12 rb ...ntah masih ada apa ngga skrg, saban mampir jogja pagi & siang sih,,sementara tuh warung bukanya abis maghrib, jam 9 malem dah ludes
1
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia