News
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
01-08-2021 08:00

Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Pedagang di Malioboro, Yogyakarta, mengibarkan bendera putih, Jumat (30/7). Pengibaran bendera putih ini sebagai tanda berkabung dan menyerah pada keadaan di masa pandemi Covid-19.

Ketua Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM) Desio Hartonowati mengatakan, sejak diterapkannya PPKM Darurat di awal Juli 2021, para pedagang di Malioboro terpaksa libur berjualan. Kondisi ini membuat mereka tak punya penghasilan.

Selain tak punya penghasilan, para pedagang juga harus menanggung angsuran. Uang yang diperoleh dari utang dipakai untuk bertahan hidup selama tak berjualan.

"Bendera putih ini tanda kami berkabung dan menyerah. Bendera putih ini simbol kondisi terkini yang dirasakan oleh pedagang di Malioboro," ucap Desio, Jumat (30/7).

Desio menyebut saat ini kondisi di Malioboro sepi pengunjung. Dampak penyekatan dan kebijakan penutupan Malioboro sangat terasa dampaknya bagi pedagang.

Padahal sebelumnya pedagang lesehan dan kuliner di Malioboro sudah merasakan dampak pandemi. Mereka baru buka jam 17.00 WIB dan diminta tutup pada pukul 20.00 WIB.

Hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintah untuk pedagang. Mekanisme bantuan yang diberikan melalui koperasi paguyuban dinilai tidak efektif. Alasannya koperasi hanya menaungi 2 paguyuban, sementara di Malioboro terdapat 9 paguyuban.

"Yang 2 (paguyuban) dinaungi koperasi baru dalam proses. Kemudian 9 paguyuban lain belum ada akses ke sana. Kami minta solusi pemda supaya paguyuban dapat dana pinjaman bergulir," ucap Desio.

"Bantuan modal ini sangat diperlukan pedagang. Karena modal berjualan saat ini sudah habis untuk menutup kebutuhan sehari-hari," pungkas Desio.

Sumber: https://www.google.com/amp/s/m.merde...era-putih.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
Menyerah Hadapi PPKM, Pedagang di Malioboro Kibarkan Bendera Putih
01-08-2021 08:31
menuai hasil dari jual getok harga. jadi pas turis nggak bisa datang, orang lokal pun nggak mau beli. semoga jadi pelajaran buat mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nitawskidd dan 31 lainnya memberi reputasi
31 1
30
profile picture
kaskus geek
01-08-2021 10:39


thanx ..sudah mewakili...gue 6 tahun di jogja & krn itu ngga pernah tergoda utk makan lesehan di malioboro, mending di seputaran alun alun kidul dll yg harganya normal & wajar emoticon-Imlek
cuma turis newbie yg goblog mau makan lesehan di situ, biar bisa cerita & upload di medsos emoticon-Leh Uga
11
profile picture
kaskuser
01-08-2021 12:18
Standar aja sih makan di lesehan malioboro agak mahal ya tempat wisata. Kalo mau muraj tinggal masuk ke jalan sostrowijayan banyak makanan murah termasuk hotel.
3
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 10:28
emoticon-Ngakak

karma is real bre.

emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
02-08-2021 12:02
@tukangbeling7 tempat wisata itu gblk jgn samain dgn tempat makan biasa emoticon-Cape d...
Standar otak lu harus dibenerin dulu.
-3
profile picture
aktivis kaskus
02-08-2021 12:07
Ya saya mending makan di mcd atau malioboro mall. Kalo mau lesehan pecel lele, banyak yg enak dan murah diluaran malioboro.
0
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 12:29
@gw.kenshin1601 tempat wisata apa? emoticon-Leh Uga cuma sepotong jalan yg kadang macet emoticon-Wkwkwk lo makan di situ jg campur debu segala macam emoticon-Wakaka
malioboro dulu dikenal krn byk seniman lokal manggung di situ, malem jd tempat budayawan "ngajar" , makanya byk budayawan & seniman nasional dulu alumni malioboro, nongkrong di situ terutama malam hari ya asyik, yg lewat di jalan jg kebanyakan onthel atau becak sampai kemudian muncul larangan sepeda onthel lewat disitu, jadilah itu jalan kapitalis yg isinya pedagang semua, mall dsb..., smp kemudian sempat kendaraan bermotor dilarang lewat, tp krn terlanjur jd pusat perbelanjaan aturan itu dicabut emoticon-Leh Uga
tahun2 2000an msh enak nongkrong2 di sana,, jaman now yo ogah...legenda wisata budayanya dah hilang, cuma jd tempat wisata belanja kaos , gantungan kunci & lesehan tukang getok emoticon-Wakaka
6
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 12:34
@gw.kenshin1601 @tukangbeling7

Braga di Bandung juga sepotong jalanan tempat wisata, harga normal.

Orchard Road di Singapore juga sepotong jalanan tempat wisata, harga normal.

Nanjing E Rd di Shanghai juga sepotong jalanan tempat wisata, harga normal.

Aya-aya wae ah.

emoticon-Ngakak
4
profile picture
kaskus addict
02-08-2021 14:48
Nah itu getok harga itu tg impactnya terasa sekali 🤣😂
1
profile picture
kaskuser
02-08-2021 15:00
@trac0ne @gw.kenshin1601 @tukangbeling7

Emamgnye di braga jd lapak makanan kaki lima ada? Bukannye di Braga cafe cafe? 🤣
0
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 16:25
ada kaki 5 di braga, tapi nggak banyak macam di malioboro. ada yang jual bebek goreng lumayan terkenal di sana.
0
profile picture
kaskus maniac
02-08-2021 16:34
@tukangbeling7 tempat wisata apa lu blg?
Astaga emg lu pikir malioboro itu apa?
Ya pantes lu gk bisa bandingin makan di tempat biasa sama makan di malioboro.
0
profile picture
kaskus geek
02-08-2021 16:48
@gw.kenshin1601 emoticon-Leh Uga tempat wisata apa emangnya? coba lu jawab ... pengen tau gue emoticon-Cool
1
profile picture
kaskus maniac
03-08-2021 08:26
0
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia