News
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
Lapor Hansip
27-07-2021 20:48

Kisah Inspiratif: Dua Alumni SMAN 2 Balige Menjadi Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2021

Beberapa waktu yang lalu beberapa thread di Kaskus mengangkat cerita para remaja yang jadi ODGJ karena ditinggal kekasihnya, ane pun gak habis pikir, sepenting itu kah sosok kekasih di zaman now ? Sampai para generasi milenial jadi ODGJ ? Pada kesempatan kali ini ane gak akan bahas soal ODGJ gan sist, tapi ane mau berbagi kisah inspiratif dari adik-adik kita yang menjalani pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Jika remaja milenial sekarang jadi ODGJ karena ditinggal kekasihnya, maka taruna dan taruni Akmil kali ini punya cerita yang membanggakan, dan ane berharap kisah dari mereka berdua ini bisa jadi inspirasi buat para Gen-Z. Dikutip dari airspacereview.com (07/07/2021), dua orang alumni SMAN 2 Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara meraih predikat Adhi Makayasa (Terbaik Taruna) dan Anindya Wiratama (Terbaik Taruni) Akademi Militer (Akmil) tahun 2021. Kedua alumni tersebut bernama Sermatutar Septian Haryono Pasaribu dan Sermatutar Chaterine I. Simbolon.


Quote:

Kisah Inspiratif: Dua Alumni SMAN 2 Balige Menjadi Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2021

Catherine Simbolon (sebelah kiri), Kepsek SMAN 2 Balige, Aldon Samosir (tengah) dan Septian Pasaribu (paling kanan).

Foto: Tribun-medan.com



Prestasi yang ditorehkan dua siswa siswi tersebut tentu membuat orangtua, daerah serta sekolah mereka turut berbangga. Septian dan Catherine sendiri diterima masuk Akademi Militer (Akmil) Magelang pada tahun 2017. Septian Haryono Pasaribu lahir pada tanggal 25 September 1999. Ayahnya, Parlindungan Pasaribu, bekerja sebagai ASN di Kantor Kecamatan Silaen, Toba Samosir.

Septian Haryono Pasaribu memiliki Nomor Akademi 2017.021. Ia berasal dari Program Studi (Prodi) Manajemen Pertahanan (Manhan), Korps Infanteri (Inf). Nilai prestasi akumulatif akademik Taruna Akmil dari Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir ini adalah 850.557. Ia menjadi lulusan terbaik dibanding 208 Taruna lainnya.


Quote:
Kisah Inspiratif: Dua Alumni SMAN 2 Balige Menjadi Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2021

Ilustrasi: Akademi Militer TNI



Sementara Sermatutar Chaterine I Simbolon lahir pada tanggal 16 Desember 1999. Ayahnya, Party Pasto Oktoberto Simbolon, bekerja sebagai ASN di Dinas Perhubungan. Chaterine memiliki Nomor Akademi 2017.222. Ia berasal dari Prodi Teknik Mesin Pertahanan (Niksinhan) dengan Korps Perbekalan dan Angkutan (Cba). Nilai prestasi akumulatif akademik Taruni Akmil asal Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi ini adalah 843.631. Ia menjadi lulusan terbaik dibanding 17 Taruni lainnya.


Quote:
Kisah Inspiratif: Dua Alumni SMAN 2 Balige Menjadi Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2021


Ilustrasi: Akademi Militer TNI



Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Tingkat IV Akademi Militer Tahun Pendidikan 2020/2021 dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga Akmil pada hari Senin, tanggal 5 Juli 2021. Bertindak selaku Inspektur Upacara waktu itu adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Danjen Akademi TNI, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Akmil, Aspers KSAD, Wakil Gubernur Akmil, para pejabat tinggi TNI, dan para pejabat Distribusi Akademi Militer. Total Taruna/Taruni Akmil yang diwisuda tahun ini berjumlah 227 orang, yang terdiri dari 209 Taruna dan 18 Taruni.

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa pada kesempatan tersebut memberikan langsung penghargaan Adi Makayasa dan Anindya Wiratama Akmil TA 2021. Para Taruna dan Taruni tersebut kemudian dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 Juli 2021, menjadi Perwira Muda TNI AD berpangkat Letnan Dua dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han).


Quote:
Kisah Inspiratif: Dua Alumni SMAN 2 Balige Menjadi Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2021

Foto: Tribun-medan.com



Dikutip dari Tribun-medan.com (06/07/2021), setelah masuk di Akademi Militer, Septian dan Chaterine sudah dua kali berkunjung ke SMAN 2 Balige untuk berbagai cerita kepada adik kelasnya. Kesempatan berkunjung tersebut juga digunakan sebagai kesempatan untuk memperkenalkan pengalaman yang mereka jalani sebagai taruna dan taruni. Kunjungan tersebut diharapkan bisa menjadi motivasi para siswa yang memiliki keinginan memasuki pendidikan militer di Akademi Militer.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 2 Balige, Freddy Nadeak, mengatakan bahwa Catherine dan Septian adalah siswa yang unggul dari sisi akademis maupun disiplin saat masih bersekolah di SMAN 2 Balige. Menurutnya, peraturan yang diterapkan di sekolah turut membantu penguatan disiplin yang dimiliki dua siswa dan siswi tersebut. 

Kepala Sekolah SMAN 2 Balige, Aldon Samosir, bercerita bahwa kedua mantan siswa dan siswinya terkejut dan gembira saat melihat kehadirannya menyaksikan pemberian gelar Adhi Makayasa dan Anindya Wiratama untuk pertama kalinya. Aldon Samosir juga mengatakan bahwa penghargaan gelar tersebut adalah yang pertama kali bagi alumni sekolahnya.

Demikian sedikit ulasan mengenai prestasi yang berhasil diraih adik-adik kita di Akademi Militer, semoga semakin banyak remaja-remaja Indonesia yang menunjukkan prestasinya, bukan hanya di bidang militer, tapi juga di bidang yang lainnya.

Mereka berdua inilah yang seharusnya viral, bukannya "mereka" yang jadi ODGJ setelah ditinggal kekasihnya. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer



Referensi Tulisan: 1dan 2
Ilustrasi Foto: Tribun-medan.com & Akademi Militer TNI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kisah Inspiratif: Dua Alumni SMAN 2 Balige Menjadi Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2021
27-07-2021 23:12
Tapi waktu awal daftar pasti nyogok juga toh emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus addict
27-07-2021 23:49
kalo akmil sih kebanyakan murni gan.. semua temen ane yang akmil umumnya tanpa embel embel sogok2an...

ya secara gan setelah lulus juga tidak "se basah" akademi sebelah heuheu...

1
profile picture
kaskus maniac
28-07-2021 10:12
emoticon-Ngakak (S) sekarang masuk sappol aja banyak yg minta bayaran kok
0
profile picture
kaskus geek
28-07-2021 19:50
@chigo.ji3 sappol?
0
profile picture
kaskus maniac
28-07-2021 20:50
Pp...
0
profile picture
kaskus addict
28-07-2021 21:29
@chigo.ji3 ya memang gan, segala lini memang sudah ternodai pake suap.. cuma ya pasti masih ada yang murni.. dan kebetulan untuk akmil sendiri memang lulusannya langsung jadi perwira tapi ya maaf maaf aja gan.. lahannya gak terlalu basah... malah lebih basah satuan poli ponik ini....

ane pernah ngawal rekrutmen karyawan baru ditempat ane kerja dulu yang setelah diterima dibimbing dulu di pelatihan TNI, yang kepala dan pengajar pengajarnya ya lulusan Akmil gan..

diskusi lah sama mereka dan nanya berapa penghasilan karyawan yang ane anter ini..

mereka geleng geleng kepala.. tau gitu kerja disitu aja yak heuheu (sambil becanda)

kalo poli ponik ya bayangin aja gan.. ada berapa pasar dalam satu kabupaten/kota..
berapa personil poli ponik ini...

nah pedagang yang ngelanggar tempat jualan ya umumnya ngasih upeti tiap hari ma ni poli ponik...

ya bayangin aja gimana basahnya gan.. makanya berebut dah pada bayar..

entahlah kalo mungkin agan pernah ketemu yang masuk Akmil ini pake pelicin.. tapi ya sekitar ane temen temen masuk Akmil ya murni gan.. mo bayar darimana lah ortunya cuma tukang becak ma buruh tani...

(jaman ane dulu akmil lulusan SMA bisa masuk)
entah sekarang katanya harus lulusan sarjana yak ?
1
profile picture
kaskus maniac
28-07-2021 23:20
Kisah Inspiratif: Dua Alumni SMAN 2 Balige Menjadi Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2021

Beritanya ada yg mulai tahun 2016 sd 2020, 2021 kebetulan aja ketutup ama berita covid.


Udalah kaga usah sok naif ini udah jadi rahasia umum kok, santai aja. Yg kelas tamtama aja yg banyak apa lagi yg bisa jadi perwira emoticon-Ngakak (S) dan aelah kita ini tinggal diindonesia oi lu lupa yak
0
profile picture
kaskus maniac
28-07-2021 23:35
Klo cerdas gini sih pasti murni. Kecuali otak ente agak kurang sedikit ya kudu bayar mungkin
1
profile picture
kaskus maniac
28-07-2021 23:37
@chigo.ji3 satpol honorer mungkin iya. Tp satpol PNS mana bisa, tesnya pk komputer
0
profile picture
kaskus maniac
28-07-2021 23:46
Meybe yes meybe no.
0
profile picture
kaskuser
29-07-2021 05:12
teman saya sekarang sudah kapten, cerita susahnya seleksi akmil. 2 kali daftar yang pertama ndak lolos, yang susah itu tes fisika matematika untuk anak sma yang baru lulus. Harus pinter betulan ndak ada acara main mata main uang, kalau ndak pinter jalur bintara saja atau tamtama.
0
profile picture
kaskus addict
29-07-2021 07:59
@chigo.ji3 kan ane bilang gan... mungkin semua lini sudah terpapar perilaku suap menyuap.. tapi tingkat kemurnian ya masih ada...

nah maaf maaf aja gan... obyekan lulusan akademi ini jujur aja buat nyari seseran malah gak se gampang bintara/tamtama dari anggota sebelah.. yang ane inget banget sodara ane, ane kerja duluan...abis itu 2 tahun kemudian doi jadi seragam pramuka berpistol dah..

dan waktu itu di slip gaji doi gak sampe setengah penghasilan ane sebulan.. tapi beberapa tahun kemudian gile ane kesalip jauh dari aset yang dimiliki heuheu..

kalo masalah gak murni mah.. gak ada yang 100% murni di segala lini di negeri ini....

lha wong departemen yang ngurusin agama aja banyak tikusnya..

cuma ya jujur aja kalo Akmil sih ane masih percaya tingkat kemurniannya kalo yang masuk nya emang pinter..

tapi kalau emang otaknya jongkok ya mungkin emang perlu pelicin heuheu....
0
profile picture
kaskus maniac
29-07-2021 09:38
emoticon-Ngakak (S) ya sudah klo gitu, bisa apa ane ko ente pade udah bilanf
0
profile picture
aktivis kaskus
29-07-2021 16:02
@DarkAstrajingga akademi sebelah yg di semarang gan?
0
profile picture
kaskus addict
29-07-2021 19:02
@ddddudutzzz no komen....
0
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia