Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
Lapor Hansip
24-07-2021 04:53

Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota

Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota
Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota

Kehidupan ekonomi masyarakat desa dan kota tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apalagi wilayah pedesaan yang letaknya cukup terpencil dengan beberapa pemukiman kecil dan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Sementara perkotaan cenderung 24 jam aktivitas berjalan terus tidak berhenti sehingga hal ini jelas mempengaruhi kehidupan ekonomi kota dan desa.

Kalau sudah bicara masalah ekonomi, pasti masalahnya gak jauh dari yang namanya makanan. Antara desa dan kota, tentu masyarakat mempunyai bahan makanan yang berbeda. Meskipun makanan pokoknya tetap nasi, namun beberapa makanan tambahan jelas berbeda.

Kalau di kota masyarakat mempunyai banyak pilihan terhadap apa yang harus dimakan setelah makanan pokok. Misalnya martabak, ice cream, puding, cheesecake, dan lain sebagainya. Maka di desa masyarakatnya mau tidak mau makanan penutupnya yang berasal dari alam langsung kayak singkong.

Nah berikut makanan yang lumrah ada di desa, dan jarang ditemukan di kota-kota besar apalagi yang kota elit. Seperti apa makanan-makanan tersebut? Let's talk about it.

Quote:
1. Singkong rebus

Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota

singkong rebus juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti sumber serat sehat, baik untuk pencernaan, membentuk tubuh langsing dan sehat, menguatkan otot, menyehatkan jaringan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan energi, hingga mencegah diabetes.

Berhubung ane di desa, hidangan singkong rebus ini kayak tiapa hari ada dah serius. Barang ane kuliah ke kota bandung, eh kok nyari singkong rebus kok ya gak ada ya. Apa sebenarnya ada tapi susah? Atau sebenarnya banyak orang jual tapi ane nya gak tau? Haha.



Quote:
2. Pisang rebus

Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota

Manfaat pisang kepok rebus yang pertama adalah mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan diare, menjaga kesehatan ginjal, dan membantu menjaga imun tubuh. Baru tau kan? Sama ane juga haha.

Jadi ini tuh kayak sering gitu ada di desa-desa. Yah meskipun gak sesering singkong rebus. Tapi serius dah kalau ada pisang boro-boro dimakan mentah, malah sama orang desa di rebus dulu baru dimakan. Mantap jiwa!



Quote:
3. Sukun goreng

Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota

Karena mengandung nutrisi yang cukup tinggi, sukun dianggap memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, melindungi kesehatan jantung, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Ini sebenarnya di angkringan pinggiran kota-kota gitu juga banyak. Atau kalau gak di kedai kopi gitu biasanya kan menyediakan gorengan yang salah satunya sukun goreng ini. Nah di desa sendiri kalau lagi musim sukun berbuah, maka aukun goreng akan lebih sering digoreng ketimbang kerupuk haha.



Quote:
4. Keladi rebus

Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota

Manfaat kladi dipercaya dapat mengurangi risiko kanker karena mengandung antioksidan. Beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam talas adalah polifenol, vitamin C, dan vitamin E. Mantap nih setara buah naga dan air kepala yak. Tapi bentuknya makanan berserat.

Percaya gak percaya kalau masyarakat jawa dulu selain padi dan jagung dijadikan makanan pokok, keladi juga mereka olah untuk jadi makanan pokok pengganti nasi loh gan sis. Ini berdasarkan cerita emak ane aja ya. Tapi serius ane yakin di kota sulit dapatin ini makanan.



Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane saat observasi sosial media aja ya. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf ane juga manusia bukan ubi-ubian wkwk. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota
Referensi: Opini & pengalaman pribadi
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bukan Pizza, Inilah Makanan yang Ada di Desa dan Jarang Dimakan Oleh Orang Elit Kota
24-07-2021 05:05
Klo singkong ga jarang jarang amet

Sukun musimam ga sih?
Org rmh sering goreng klo lg ada yg jual di pasar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
KASKUS Plus
24-07-2021 05:06
Ya gan skrng udah enak bgt nemuin singkong di kota.. dan yaaa itu jg berasal dri desa wkwk
0
profile picture
Retired Do it Yourself Enthusiast
24-07-2021 05:09
@abdulqadirz tangsel ga desa2 amat gan, perkampungan sih iya tp ga desa..

Msh bnyk yg nanem singkong sm kebun bunga (anggrek kyknya)

Kota jkt yg ada lahan sm perkampungannya kyknya juga msh bnyk kebon2 produktifnya juga
1
profile picture
KASKUS Plus
24-07-2021 06:45
@3770372 iya ya ga..
0
profile picture
kaskus addict
24-07-2021 09:54
Yg enak itu bagi ane namanya goreng Tongkang.
Singkong dibaluri bawang putih +sedikit kunyit+garam yg ud diuleg. Trus potong2 agak tipis dan goreng. Hmmm...enak banget.
0
profile picture
24-07-2021 10:12
Bandung masih ada kok gan.. makanan kayak begitu
0
profile picture
kaskus geek
24-07-2021 10:18
@abdulqadirz @3770372 tunggu waktu aja gan tanah buat tanemannya berganti komplek dan ruko emoticon-Hammer2

Di Ciputat aja harga tanah udah ajegile gara2 infrastruktur jalannya dekat (tol)
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia