News
Batal
KATEGORI
link has been copied
75
Lapor Hansip
16-07-2021 22:31

4 Planet Baru Ditemukan Yang Jaraknya 130 Tahun Cahaya Dari Bumi, Ini Dia Namanya

4 Planet Baru Ditemukan Yang Jaraknya 130 Tahun Cahaya Dari Bumi, Ini Dia Namanya
Foto ilustrasi 4 planet | exoplanet.nasa.gov


Para peneliti astronom dikabarkan menemukan 4 exoplanet baru, para astronom memperkirakan jaraknya sekitar 130 tahun cahaya dari Bumi kita. Dengan adanya penemuan ini mebuat penelitian semakin menarik.

Spekulasi oleh para ilmuwan mengatakan jika ke empat planet tersebut hasil tahap peremajaan planet, keempat planet tersebut dikenal sebagai TOI 2076 b, TOI 2076 c, TOI 2076 d dan TOI 1807 B, masing-masing berputar mengelilingi bintang TOI 2076 dan TOI 1807. ingat TOI bukan TOL jadi jangan salah baca.

Planet yang baru ditemukan tersebut memiliki ukuran lebih besar dari Bumi sekitar dua hingga empat kali ukuran planet Bumi, ungkap Christina Hedges, yang merupakan peneliti astronom yang bertugas di Bay Institute for Environmental Research dan Ames Research Center NASA.

4 Planet Baru Ditemukan Yang Jaraknya 130 Tahun Cahaya Dari Bumi, Ini Dia Namanya
Foto ilustrasi 4 planet | cnn.com


Para peneliti lebih tertarik mempelajari planet yang memiliki siklus transisi, karena ini dapat membantu para peneliti mengetahui lika-liku planet purba di sistem tata Surya termasuk mungkin Bumi, kata Christina Hedges dalam sebuah pernyataannya.

Planet-planet tersebut ditemukan oleh NASA Transiting Exoplanet Survey di planet utara Boötes and Canes Venatici, masing-masing keempat planet tersebut berjarak sekitar 30 tahun cahaya dari satu planet ke planet lainnya.

Planet yang bernama "TOI 2076 b” dikatakan memiliki ukuran hampir tiga kali lipat Bumi, dan mengorbitdi bintang TOI 2076 setiap 10 hari. Sebaliknya, planet TOI 2076 c dan TOI 2076 d memiliki orbit lebih dari 17 hari, dan kedua planet tersebut berukuran empat kali Bumi. Sebaliknya, TOI 1807 b dua kali ukuran Bumi dan mengorbit bintangnya dalam 13 jam.

4 Planet Baru Ditemukan Yang Jaraknya 130 Tahun Cahaya Dari Bumi, Ini Dia Namanya
Foto ilustrasi 4 planet | nasa.gov


Alex Hughes mengatakan, penemuan keempat planet ini dapat membantu peneliti lebih memahami proses pembentukan dan evolusi awal sebuah planet, sehingga para peneliti dapat memahami bagaimana tata surya kita bisa terjadi, dan bagaimana awal mula Bumi terjadi.

Teleskop James Webb akan digunakan untuk melakukan penelitian dan pengamatan, apakah dari keempat planet tersebut memiliki atmosfer layaknya Bumi.

Semoga para peneliti dari.Bay Institute for Environmental Research dan Ames Research Center NASA. dapat memecahkan misteri dari keempat planet tersebut.



Referensi: abc.net.au - Four 'toddler' exoplanets discovered orbiting stars 130 light years from Earth
profile-picture
profile-picture
profile-picture
over.power dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Masuk untuk memberikan balasan
4 Planet Baru Ditemukan Yang Jaraknya 130 Tahun Cahaya Dari Bumi, Ini Dia Namanya
22-07-2021 16:51
Dimana letak keberadaan surga , diluar bumi, di dalam bumi atau di luar galaksi bima sakti? Ada yg bisabjawab? Atau yg pling gokil,surga ada di dalam Tuhan.
0 0
0
profile picture
22-07-2021 17:59

Karena surga-neraka adalah wilayah kebenaran agama, rasanya kita tak bisa mempertanyakannya di wilayah kebenaran sains. Karena tiap-tiap kebenaran walaupun mirip atau bertentangan, tak bisa saling menghapus atau saling mendukung. Masing-masing berdiri sendiri.
emoticon-Cendol Gan
1
profile picture
kaskuser
22-07-2021 21:09
masih superposisi gan. kaya schrodinger's cat.. ente ga bakal tau ada atau engga sebelum ente mati hehe
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia