News
Batal
KATEGORI
link has been copied
279
Lapor Hansip
07-07-2021 14:32

MUI Sumbar Tolak Peniadaan Ibadah di Masjid Selama PPKM

MUI Sumbar Tolak Peniadaan Ibadah di Masjid Selama PPKM

Padang - Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumatera Barat (MUI Sumbar), Buya Gusrizal Gazahar, menolak peniadaan aktivitas di rumah ibadah, terutama di Masjid, saat PPKM mikro. Dia juga mengatakan salat Idul Adha harusnya tetap bisa dilaksanakan di masjid secara berjemaah.

"Kita tidak setuju. Kita tetap menyampaikan sesuai dengan Perda kita, tetap dilaksanakan salat Idul Adha dan ibadah," kata Buya Gusrizal Gazahar usai Rapat Koordinasi antara Gubernur dan Kepala Daerah yang masuk PPKM Mikro, Rabu (7/7/2021).

Empat kota di Sumatera Barat yang masuk dalam daftar wilayah PPKM Mikro ialah Kota Padang, Bukittinggi, Solok dan Padang Panjang. Gusrizal membandingkan peniadaan kegiatan di rumah ibadah dengan kafe dan mal yang masih beroperasi.

"Kafe bisa beroperasi 25 persen, mal bisa 25 persen, di kafe malah untuk pergi ngomong-ngomong, orang jalan-jalan, sulit jaga jarak. Ini di masjid orang tidak ngomong satu sama lain dan kehadiran cuma sebentar di rumah Allah untuk beribadah, masa dilarang," katanya.

Menurut Gusrizal, tempat ibadah seharusnya bisa menjadi sentra edukasi bagi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona. Dia meminta agama tak dipandang sebagai penghalang.

"Agama jangan sekali-kali dipandang sebagai penghalang. Itu adalah salah satu ikhtiar kita untuk menghadapi pandemi. Kalau kita tidak dibantu Allah dalam menghadapi ini semua, kita semua lemah," katanya.

MUI Sumbar, kata dia, tidak akan mengeluarkan fatwa larangan beribadah di masjid selama PPKM mikro. Dia mengimbau umat Islam tetap beribadah seperti biasa.

"Justru kita himbau untuk beribadah," jelasnya.

Meski demikian, dia menegaskan semua orang yang hadir di masjid wajib memakai masker. Dia mengatakan saat ini perlu ada formula agar protokol kesehatan pencegahan Corona bisa berjalan dengan baik di masjid.

"Kita akan cari formulasi agar prokes itu bisa berjalan, salah satunya mungkin tempat ibadah salat Id misalnya diperbanyak," katanya.

https://news.detik.com/berita/d-5634...004.1609585657

Dan saat ada umatnya yg mati.. Pemerintah yg d salahin dan harus minta maaf.. emoticon-Malu (S)


MUI Sumbar Tolak Peniadaan Ibadah di Masjid Selama PPKM


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
MUI Sumbar Tolak Peniadaan Ibadah di Masjid Selama PPKM
07-07-2021 15:15
sebetulnya tak perlu lah ampe harus meniadakan atau menutup mesjid atau tempat ibadah. hanya akan nimbulkan resistensi aja. cukup lakukan himbauan.

prokes yang ada, itu aja dijalanin secara ketat, kayak masker, jaga jarak dan cuci tangan.

terus naekin aja fasilitas kesehatan, kalo nggak ada tempat, di lapangan bola juga bisa. atau bisa juga kayak kemaren, di hotel dan penginapan.

dan memang ini harus jadi tanggung jawab pemerintah buat nyediain dananya. sebagai konsekwensi dari lambatnya sejak awal bereaksi terhadap kopit.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 18 lainnya memberi reputasi
7 12
-5
Memuat data ...
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 11:33
@tukangbeling7
Quote:@The.Lord.of.Uni tau darimane lo ketularan di mall? mall itu sblm ppkm aja prokesnya ketat, masuk dibatasi, ada satpam yg nembak thermogun, disuruh cuci tangan dulu dgn hand sand, setidaknya itu yg gue alami di 7 mall...blon lg cleaning servis tiap jam ada, lha masjid? judulnya pake jarak shaf, praktek lain lagi, ada gitu yg nembak thermogun? emoticon-Wkwkwk
makanya klo lu mau berita ttg klaster masjid buanyak, klaster pengajian buanyak ... kebanyakan ngembat kotak amal masjid bikin otakmu tolol kek si gusrizal

lha, emangnya kan covid berawal dari cina, masuk ke Indonesia, pastilah melalui tempat umum, dari tempat umum akhirnya masuk ke mesjid.

thermogun itu kan bukan jaminan bebas dari virus, bisa aja virusnya udah ada di badan, tapi suhu badan belum naek, habis hand sanitisir, bisa aja kan orang yang udah kena itu virus, ngelap bibir atau hidung, abis itu pegang sana sini.

lagian juga, belum ada pernyataan, bahwa itu virus nggak bisa tersebar secara aerosol, belum ada pernyataan, berapa lama itu virus dapat bertahan hidup di benda mati.
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 11:38
@adm.kuznetsov
Quote:@The.Lord.of.Uni ini ngomongin lockdown apa tutup tempat ibadah sementara? point nya penutupan tempat ibadah sementara gan. stay focus ya, biar enak diskusi nya.

lha, postingan gua kan udah jelas, penutupan tempat ibadah,

percuma tempat ibadahnya di tutup, tapi tempat umum yang ngundang keramaian nggak ditutup. ini kan bisa nimbulkan sikap resistensi.
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 11:43
@tukangbeling7
Quote:@The.Lord.of.Uni makanya klo dikasih BLT dibelikan beras...bukan kuota, rokok, kopi buat nonton dakwah ustad-ustad dungu kek si gusrizal, somad dkk

kalo ustadz gusrizal, gua belum tau.
kalo UAS, kualitasnya udah nggak perlu diragukan lagi. bagi cebong kayak elu, tentu aja dia "musuh" elu sekauman.
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 11:47
@tukangbeling7
Quote:@shoso @The.Lord.of.Uni itu artinya memperbanyak klaster, goblog....,,gue tau lo sekampung dengan si gusrizal, tp jangan2 ikut2an goblog juga keuleus, Sumbarnistan dah zona merah drun, ntar lg item emoticon-Leh Uga
positivity rate dah > 10 % , goblog...,

dari dulu juga udah banyak kluster, naeknya kopit sekarang, dari mana asal dan prosesnya, jmasih jadi pertanyaan.

gua sekampung dengan si gusrizal? kenapa elu demen betul berhalusinasi yang bukan bukan.

cui, sumbar, dari sisi jumlah dan prosentasi yang meninggal karena covid jauh lebih kecil dari DKI, Jateng, dan Jabar, dan itu semua tempat di mana Jokowi menang pilpres.
1
profile picture
kaskus addict
08-07-2021 11:50
Dan di kampung ane banyak yg ga percaya Covid19 emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 11:53
@tukangbeling7
Quote:@The.Lord.of.Uni bukan hak..tp ketololan, wajar gue misuh, karena ketololan itu bisa membunuh, makanya selalu gue ingetin klo lu itu tolol, biar gak membunuh orang sekitar elu

udah lah, fakta datanya, saat ini yang banyak meninggal karena kopit, baik dari sisi jumlah maupun prosentasi, itu di DKI, Jateng, Jatim.

jadi kalo dari MUI Sumbar menolak penutupan mesjid karena alasan kopit, itu kan wajar dan hak mereka. biarlah itu jadi hak otonomi mereka.

kalo mesjid ditutup, tapi mall dibuka, sama aja toh, bakal terjadi penularan juga, nggak di mesjid, ketularan di mall.
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 11:58
@ss78
lha, makanya elu jangan dongok, kalo bisa isoman, kan nggak perlu nakes, yang penting pemerintah sediain fasilitasnya.

lagian juga, yang dibawa ke rumah sakit itu kan, masih banyak yang bisa bergerak, nggak dalam keadaan "lumpuh" sama sekali.

yang udah mau mau sembuh kan udah bisa gerak sendiri, tinggal diawasi pake tenaga relawan juga bisa.

dungu elu, cetek betul cara mikirnya elu.
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 12:01
@tukangbeling7
Quote:@The.Lord.of.Uni @ss78 positivity Sumbarnistan itu lebih dr 10% loh emoticon-Imlek
tunggu aja ntar lg

lha, gimana sih elu, angka positive itu kan diambil dari seberapa banyak yang ditest kopit?

yang efeknya nyata itu, seberapa banyak yang meninggal karena kopit?
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 12:04
@truff
Quote:@The.Lord.of.Uni gitu aja ga ngerti. itu pertanyaan pertama gua lah, solusinya gimana??

gak usah sok berpikir kritis kalo belom nyampe utekmu kak!

lha, elu nggak baca postingan gua yang elu reply ini?
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 12:08
@double.jump
permasalahannya cui, penutupan rumah ibadah, ini kan jelas akan menimbulkan resistensi. untuk apa mesjidnya ditutup, tapi tampat tempat umum yang bisa ngundang keramaian dan kerumunan nggak ditutup, sama aja toh resiko ketularan kopitnya.

nggak perlu lah penutupan rumah ibadah, cukup dihimbau, laksanain prokes secara ketat. itu aja sudah.

dan pemerintah sediain aja faskes gratis secara besar besaran. udah selesai.
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 12:10
@johanbaikatos
lha, kalo elu merasa gaji 15 jt bagi tenaga sukarelawan kopit itu kurang, minta tambah lagi ke pemerintah.

terserah elu lah mau minta berapa, intinya, tenaga sukarelawan digaji.
1
profile picture
kaskus maniac
08-07-2021 12:20
2
profile picture
kaskuser
08-07-2021 12:34
Di tempat saya mall di tutup, dan anjurannya memang mall harus di tutup yang boleh buka hanya swalayan yg menjual kebutuhan pokok
2
profile picture
kaskuser
08-07-2021 12:35
@wolfzmus @The.Lord.of.Uni itu pemda lu aja yang pekok, aturannya jelas mall harus tutup selama ppkm kecuali yang jualan kebutuhan pokok
2
profile picture
kaskus holic
08-07-2021 12:39
MUI Sumbar Tolak Peniadaan Ibadah di Masjid Selama PPKM

negara paok overacting gila anggaran
warganya lebih paok lagi waa
emoticon-Imlek
1
profile picture
kaskus holic
08-07-2021 13:06
@tukangbeling7

Quote:
klo tuh masjid membentuk tim satgas covid sendiri utk lingkungan masjid, ada pengawasan selama 24 jam, ada yg negor jamaah tak patuh prokes, ada yg nembak jamaah dgn thermo gun setiap saat, masuk masjid hny lewat satu pintu...gue baru percaya masjid itu aman, lha jangankan 24 jam...jeda antara zuhur, ashar jg emangnya ada yg ngawasin?


Nggak ada satgas satgasan. Di masjid daerah ane, setelah selesai jamaah langsung di kunci pintunya. Buka cuman disaat adzan aja. Udah biasa kayak gini di saat awal covid dulu. Seperti ane bilang, adzan, shalat 5 menitan, bubar. Wajib masker, gak ada contact fisik kayak salam salaman, gak ada yg transaksi uang jual beli juga.
Kajian pengajian juga udah tutup lama semenjak awal pandemi.
Kalo menurut ane malah kondisi di masjid tempat ane ini malah penerapannya lebih lebih teratur dari pada di mall atau pun tempat lain. Yg masih kerumunan dan saling tukar menukar uang
1
profile picture
kaskus addict
08-07-2021 13:08
@The.Lord.of.Uni nope, ngapain. emang lu punya power apa juga kasih solusi2 yang belum tentu juga efektif di lapangan.

pengen dianggep pinter ya akhi...?
1
profile picture
kaskus geek
08-07-2021 13:48
@The.Lord.of.Uni Tempat loe, itu kah walkot ente aja yg oon. Tmpt gw mall pada tutup cuman supermarket aja yg tetep buka. emoticon-Cape d...
1
profile picture
kaskuser
08-07-2021 14:42
@The.Lord.of.Uni orang dungu kayak loe gak usah sok2 kasih ide lah. kasian makin nampak dungunya
1
profile picture
kaskus addict
08-07-2021 15:28
@The.Lord.of.Uni 1 apa emang apa kerugiannya kalau dilarang ke masjid?
minimal peluang keluarga dirumah dan diri sendiri selamat dr covid meningkat krn minim kontak. why not? kan harga yang sepadan toh.
2 pahala berkurang?
Siapa kamu, kok berani mengkerdilkan Allah. Allah ya maha pengasih. Ngerti kalo manusianya ini lagi mendapat cobaan.
3 tapi kan ada dalilnya harus ke masjid kalo ibadah?
Coba cari ustad2 yg bilang boleh tidak ibadah di masjid. Ada dalilnya juga mereka. kenapa harus memaksakan?. Bodoh2an. Dalilnya loh ada 2. yang satu pilih ke masjid satu boleh ga ibadah di masjid. kenapa ga pilih ga usah ke masjid yg penting rajin ibadah?
4. ah kebijakannya bikin resisten. ntar resiten ini bikin gaduh, bikin semua ga enak, ngapain sih pemerintah bikin smeuanya ga enak?
pandemi ya bikin ga enak. ente kalau mau resiten terus, merasa ga enak terus dan abai anjuran buat kepentingan bersama. itu egois bukannya? masi banyak lo orang yg ga malsah kalau ibadah dirumah aja. anda yg bahagia, orang lain yg kena getahnya krn penularan covid menyebar terus. banyak orang mati loh kawan.
5 kan mall juga dibuka? Masjid ini kan kepentingannya jauh lebih mulia.
ente masih beranggapan mall pusat hiburan? mallnya aja ga berfungsi normal, semua pusat hiburan tutup. yg dihibur apanya. maksiat dan mudharatnya keluar dimana?
6. Mall kan sama berkerumun, bikin penularan
mall banyak yg tutup, kalaupun buka hanya sektor esensial (yg sangat dibutuhkan sekali kayak apotik yg jual obat). makanan pun take away (diambil, dibawa pulang), atau drive thru ( cukup di kendaraan, ga perlu masuk, bawa pulang).
penyebaran dan resiko tertular covidnya jauh lebih rendah daripada ke Masjid.
masjid uda pasti kiri kanan kepan belakang manusia semua. di mall saat ini bisa tanpa kontak.
7. Jangan tutup masjidnya, ini kan salahnya pemeirntah juga, kok pemerintah yg ga becus, masjid yg disalahkan
Pemerintah mana yg bisa ngambil keputusan tepat? Coba lihat di 2020, harunsya kita bersyukur, kita ga semengerikan spanyol dan itali. ga parah kayak amerika. ga banyak gonjang ganjing kerusuhan kayak di India atau amerika. Kalau mikirnya selalu negatif ya susah, semua negara ada negatifnya.
Dalam berneghara kan ya ada 2 pihak, pemerintah dan rakyatnya. Kalau pemerintahnya ga sanggup ya rakyatnya punya kewajiban membantu.
Ini kan pandemi, secara teori diatas kertas juga udah jelas, sebabnya inni lebih ke aktivitas pertemuan antar manusia. mustahil bisa selesai tanpa bantuan rakyatnya.
Pemerintah berusaha loh ini, buat menekan laju aktivitas pertemuan antar manusia. agar semuanya selamat.. covidnya ga menggila.
Disaat Pemerintah butuh bantuan gini, kamu tega kah sebagai rakyat yang baik, membiarkan pemerintahanmu kesulitan sendirian?
8. ngapain peduli sama pemerintah, pemerintah kita ga peduli kita, mereka itu antek2 kafir.
Ok ini tuduhan ya ga berdasar. Kalo pemerintah ga peduli, ngapain mereka berusaha menghentikan pandemi?
Bodoh2an deh. Di Islam juga di ajarkan, suka ga suka, patuhilah pemerintahanmu.
Quote:“Aku wasiatkan kalian agar bertaqwa kepada Allah, mendengar dan taat kepada pemimpin walaupun ia seorang hamba sahaya habasyah” (HR. At Tirmidzi)

Quote:Dengarlah dan ta’at kepada pemimpinmu, walaupun mereka menyiksa punggungmu dan mengambil hartamu. Tetaplah mendengar dan ta’at kepada mereka” (H.R. Muslim no. 1847)
.
Anda siapa kok mau melawan Hadits?


Coba gan counter 1 1 point ane.
4
Memuat data ...
41 - 60 dari 85 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia