News
Batal
KATEGORI
link has been copied
273
Lapor Hansip
23-06-2021 08:23

Mengendap di Gudang Farmasi, Ribuan Vaksin AstraZeneca Nyaris Kedaluwarsa

Mengendap di Gudang Farmasi, Ribuan Vaksin AstraZeneca Nyaris Kedaluwarsa

SuaraJogja.id - Puluhan ribu vaksin mengendap di Gudang Farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Parahnya, ribuan vaksin tersebut akan memasuki kedaluwarsa tanggal 30 Juni 2021 dan bulan Oktober 2021 mendatang.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengungkapkan pihaknya mendapat laporan dari Komandan Kodim 0730 Gunungkidul tentang 37.000 vaksin yang masih mengendap di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Vaksin tersebut nyaris kedaluwarsa dalam waktu dekat ini.

Dari hasil pendataan di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan Gunungkidul diperoleh data sebanyak 3.150 vaksin AstraZeneca dengan tanggal kedaluwarsa 30 Juni. Lalu sebanyak 19.450 vaksin Sinovac yang kedaluwarsa Oktober.

"Ini tentu mengagetkan kami. Karena bertolak belakang dengan keterangan Kepala Dinkes pada rapat paripurna lalu," terangnya, Selasa (22/6/2021) usai rapat Forkompinda.
Menurut Endah, adanya stok vaksin ini tidak sejalan dengan statement kepala Dinkes saat rapat kerja pengawasan penanganan covid-19 pada 17 Juni 2021 yang ditegaskan hanya menyimpan sedikit vaksin untuk kepentingan perorangan yang mendesak vaksinasi. Sedangkan untuk layanan umum dilakukan sistem order langsung ke Dinkes DIY saat akan pelaksanaan vaksinasi.
Bupati Gunungkidul Sunaryanta pun menyayangkan adanya stok vaksin yang nyaris kedaluwarsa tersebut sebab pada rapat koordinasi sebelumnya telah diungkapkan jika tidak ada stok vaksin. Namun ternyata Senin malam ditemukan fakta masih banyak stok vaksin yang nyaris kedaluwarsa.
"Saya menyayangkan itu. Kenapa seperti itu, nanti saya panggil yang berkompeten untuk koordinasi," ujar Sunaryanta.Oleh karenanya kami meminta agar vaksin itu segera digunakan sebelum kedaluwarsa nanti,"ujar Komandan Koramil Wonosari ini.

Kendati demikian jumlah tersebut bisa berubah karena belum semua tempat didata. Kemungkinan jumlah stok vaksin akan bertambah atau berkurang tergantung penggunaannya. Namun data tersebut menerangkan kondisi riil adanya stok vaksin yang nyaris kedaluwarsa.

TNI sendiri sudah berusaha turut serta dalam melakukan percepatan vaksinasi terhadap berbagai golongan masyarakat. Vaksinasi tersebut mereka selenggarakan bekerjasama dengan petugas Dinas Kesehatan setempat mulai bulan Maret 2021 yang lalu.
Kita dorong agar vaksinasi segera diselesaikan untuk menambah daya tahan tubuh,"terangnya.

Sumur :https://jogja.suara.com/read/2021/06/23/071611/mengendap-di-gudang-farmasi-ribuan-vaksin-astrazeneca-di-gunungkidul-nyaris-kedaluwarsa

Lockdown/PPKM ??
3.M ??
Drama nyapres saja kalian ,gubernur se jawa!
Vaksin tersedia pun sia sia !!
Diubah oleh deabatam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meooong dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Masuk untuk memberikan balasan
Mengendap di Gudang Farmasi, Ribuan Vaksin AstraZeneca Nyaris Kedaluwarsa
23-06-2021 08:46
pada ngeri divaksin pake ini, termasuk ane... gak laku tp terlanjur beli pake ngutang emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakbims dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
profile picture
kaskus freak
23-06-2021 09:12
Vaksin dari AZ kan dapat gratis, bukan beli.
Kalau dari Sinovac emang beli.
0
profile picture
aktivis kaskus
23-06-2021 09:20
@shinhikarugenji https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5314843/tok-indonesia-resmi-beli-50-juta-vaksin-covid-19-astrazeneca-novavax
0
profile picture
kaskus freak
23-06-2021 09:24
@steinberger https://www.merdeka.com/uang/indonesia-terima-117-juta-vaksin-covid-19-astrazeneca-gratis.html
0
profile picture
kaskus addict
23-06-2021 09:27
@steinberger @shinhikarugenji
Mau Gratis/beli/utang itu belakangan,Gan..
Yang penting sudah tersedia dan siap dipakai.
Memangnya ada vaksin lokal pilihan lain??
Kenapa masih saja tak dimaksimalkan penyerapan vaksin yg tersedianya?!
0
profile picture
kaskus maniac
23-06-2021 17:41
@shinhikarugenji beli juga Astra bray, emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus maniac
23-06-2021 19:37
Ane udah vaksin pake Astra gak ada efek sampingnya gan
0
profile picture
kaskus addict
23-06-2021 19:43
aman kok ane vaksin AZ juga... ga usah ikut2 hoax lah...

AZ udah dipake inggris salah satu negara paling maju. Terbukti kok disana covid udah berhasil di tekan.

lihat hasil nyata lebih baik
3
profile picture
kaskus maniac
23-06-2021 20:34
Sya mlh blm divaksin.ini mlh vaksinnya blm dgnakanemoticon-Cape d...
0
profile picture
kaskus freak
23-06-2021 21:00
@MUF0REVER Vaksin dari AZ yang sudah datang itu gelombang dari vaksin gratisan.
1
profile picture
kaskus addict
23-06-2021 21:23
Besok giliran ane di Vaksin .. emoticon-Traveller
0
profile picture
kaskus addict
23-06-2021 21:34
@PlanetEarth vaksin ga terlalu ngaruh gan, pola pikir masyarakat yang berpengaruh kalo udah divaksin tapi masih abai protokol sama aja boong
3
profile picture
Education Enthusiast
23-06-2021 22:14
@PlanetEarth Kl di vaksin bisa milih2 ga sih vaksin nya?
Sy kan jadwal vaksin besok jumat, nah ga tau nih vaksin nya pake sinovac atau AZ. denger2 sih katanya AZ lbih baik.
1
profile picture
kaskus maniac
23-06-2021 22:24
@Andriana7 @PlanetEarth lebih baik atau enggak itu tergantung orangnya juga gan kalau masih gak mau pake masker dan hobinya kelayapan tetep aja bisa ketularan. Setau ane dua2nya sama aja tapi efek sampingnya lebih banyak AZ soalnya ane disuntik Sinovac biasa2 aja twmen ane yg disuntik AZ banyak yg meriang atau pegal2
0
profile picture
kaskus addict
24-06-2021 07:38
@MUF0REVER
tergantung kondisi fisik, ane n bini suntik AZ gejala sangat ringan kok hanya di h+1 setelah suntik badan jadi lemes serasa akan demam tapi ngak jadi demam. minum sebutir panadol langsung reda kok.

adik saya n suamimya suntik sinovac teler seharian malah .... emoticon-Leh Uga



0
profile picture
Education Enthusiast
24-06-2021 07:46
@PlanetEarth @MUF0REVER nah kan beda2 emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskuser
24-06-2021 08:29
Kalo bagi kalian AZ tidak ada efek sampingnya yaa bagus. Tapi bukan berarti Bagi orang lain juga tidak ada efek samping.
0
profile picture
kaskus addict
24-06-2021 08:35
Ayo Kaskuser yg belum divaksin,segera daftar dan vaksin!
Salam sehat utk kaskuser semua!
0
profile picture
aktivis kaskus
24-06-2021 10:11
@satmofri cari daftar gan ane yakin di deket kelurahan ente ada yg buka vaksinasi
0
profile picture
kaskus maniac
24-06-2021 20:55
@berbohong semua vaksin pasti ada efek sampingnya gan tergantung kondisi fisik si penerima vaksin tapi lebih baik kita di vaksin mau pake jenis apa juga karena lebih baik daripada gak di vaksin sama sekali
0
profile picture
kaskus addict
24-06-2021 22:02
Ane udh barusan di Vaksin pakai Sinovac acara'ny Polri di Blok M ..
Alhamdulillah gk knp²
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 23 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia