News
Batal
KATEGORI
link has been copied
252
Lapor Hansip
22-06-2021 05:28

Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati


Tim detikcom - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 21:30 WIB
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5614969/debat-panas-anggota-komisi-vi-ini-minta-direksi-garuda-mati/2 URL telah disalin

Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda MatiAnggota Komisi VI Nusron Wahid
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati

Jakarta - 
Rapat antara direksi PT Garuda Indonesia Tbk dengan Komisi VI DPR berjalan panas. Salah satu anggota Komisi VI bahkan meminta para direksi ikut mati jika perusahaan mati.
Debat panas itu dilakukan oleh Anggota Komisi VI Nusron Wahid dengan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Perdebatan berawal karena perbedaan pilihan dari 4 opsi penyelamatan Garuda Indonesia.
Nusron lebih memilih opsi 1 yakni pemerintah terus menyokong penyelamatan garuda dengan memberikan suntikan ekuitas atau pinjaman. Sementara Irfan lebih condong ke opsi 2 yakni restrukturisasi utang Garuda yang sudah jatuh tempo sekitar Rp 70 triliun tahun ini dengan cara mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).






[table][tr][td]Baca juga:Bos Garuda Bakal Pilih PKPU Selamatkan Keuangan Meski Berisiko Pailit[/td]
[/tr]
[/table]
Nusron pun meminta Irfan untuk berjanji dan menyatakan konsekuensi jika pilihannya itu tidak tepat, hingga akhirnya dia meminta direksi Garuda Indonesia ikut mati jika perusahaan mati.
Berikut transkrip debat antara Irfan dan Nusron:
Nusron:
Kan tadi bapak sanggup dan harus menyelamatkan Garuda ini dengan pilihan opsi 2 atau opsi 3. Andai nanti bapak ambil opsi 2, kalau saya nggak yakin opsi 2, saya tetap opsi 1 baru yakin. Karena Anda yakin opsi 2, berapa lama ini masalah bisa selesai dan apa konsekuensinya ternyata nggak selesai? Mungkin reputasi anda hancur tapi kan ujung-ujungnya Garuda mati juga. Karena kita semua nggak ingin Garuda mati.

Nusron:
Justru itu yang saya pertanyakan, dua langkah itu dilakukan, pada satu sisi negosiasi dengan lessor, sisi lain adalah negosiasi utang lama yang dipilih oleh pak dirut yang sanggup dan optimis itu kira-kira sampai kapan selesai? Supaya saya ini bisa tidur nyenyak, bahwa nanti saya bangun eh Garuda masih hidup. Ini kapan kira-kira saya bisa tidur nyenyak, dan apa konsekuensinya kalau dari lack of time tadi ternyata gagal, ternyata garua kadung mati? Negosiasi utang lama gagal, kemudian Garuda mati, apa kompensasi yang bisa bapak berikan kepada kami pencinta Garuda agar bisa Garuda hidup kembali?
Irfan:
Penghitungan kita proses negosiasi misalnya lewat PKPU ataupun tidak lewat PKPU, kita tidak bisa lagi lewat dari tahun ini. Ini yang kita targetkan bersama internal kita.


Nusron:
Oke jelas, berarti ketemu Desember. Ketua saya usul sampai bulan Desember kita nggak usah rapat lagi dengan Garuda, kita tunggu Januari.
Irfan:
Sebentar pak, seperti yang saya sampaikan tadi adalah di dalam proses ktia melakukan proporsal kepada kreditur kita untuk utang-utang masa lalu maupun kepada para lessor kita untuk ke depan, ini ada kemungkinan besar kita memang mengajukan proposal dimana ada konsekuensi finansial dan ada konsekuensi debt to equity. Nah ini kami mohon izin apabila proposal itu membutuhkan dukungan politik dari DPR, kami mohon izin untuk bisa mempresentasikan proposal itu terlebih dahulu ke Komisi VI apabila diperlukan sejauh itu. Kalau tidak bisa diselesaikan secara korporasi tentu saja kita lakukan upaya secara korporasi.
Nusron:
Saya kira oke saja, tapi gini, saya sudah percaya ini, silahkan ambil dua langkah itu kalau yakin tahun ini dilakukan. Tapi kami nggak mampu menjamin apakah yang di debt equity swap itu mau, apakah Pertamina mau, apakah Himbara itu mau.
Irfan:
Maksud saya ini kan membutuhkan keputusan politik dari DPR karena punya implikasi terhadap jumlah saham pemerintah di Garuda.
Nusron:
Oh kami nggak masalah yang penting selamat, jangankan punya pemerintah, saham minoritas yang lain hilang pun saya nggak menangis. Tapi yang penting sekarang gini aja, Garuda hidup, Desember selesai sebagaimana janji bapak tadi, Januari kita ketemu. Kalau Garuda selamat saya appreciate sama bapak-bapak di sini. Tapi kalau sampai Garuda mati, bapak-bapak harus ikut mati.
Karena apa, saya cinta Garuda, nyawanya nggak ketolong, itu karena bapak-bapak yang janji menyelamatkan dengan opsi itu ternyata nggak mampu. Kalau saya mendingan saya pesimis, saya nggak sanggup saya minta opsi 1 kepada pemerintah. Tapi bapak nggak mau untuk itu, silahkan, itu hak saya hormati, kita ketemu Januari.
Irfan:
Enak juga jadi Nusron ya, tahun depan saya apply


Irfan:
Ya pak Nusron kalau nggak percaya sama kami tolong disampaikan kepada pak Menteri bahwa saya nggak percaya sama direksi sekarang, tolong diganti.
Nusron:
Bukan, saya nggak percaya dengan pilihan opsi 2. Kalau saya pribadi saya opsi 1 mendorongnya, saya yakin opsi 1 100% bisa selamat. Tapi kalau anda yakin dan Anda yakin bisa dengan opsi 2, saya tanya berapa lama dan apa konsekuensi logisnya kalau ternyata gagal? Anda sanggup menghidupkan Garuda lagi kalau sudah kadung mati?
Wakil Direktur Garuda Indonesia Dony Oskaria memotong perdebatan dan menjelaskan mengenai harga sewa pesawat. Setelah itu Nusron kembali lanjut berbicara.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Debat Panas, Anggota Komisi VI Ini Minta Direksi Garuda Mati
22-06-2021 17:28
debatnya unik ya.

pihak DPR bersikeras pilih opsi 1: garuda dikasih suntikan dana ekuitas pemerintah.

pihak garuda bersikeras pilih opsi 2: garuda minta restrukturisasi utang, minta diundur kewajiban bayar utangnya.

bayangan ane kirain DPR bakal minta opsi 2, garuda minta opsi 1.
profile-picture
profile-picture
pekokpekok dan Kranevitter memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
22-06-2021 17:48
Aneh yaa ada apaan dibaliknya nih sampe bsa bsanya DPR maksa nyuntikin dana lagi emoticon-Hammer2
0
profile picture
aktivis kaskus
22-06-2021 22:21
@n.y.a kalau berusaha positive thinking sih bisa aja saking sayangnya DPR sama garuda, takut bangkrut jadi dikasih duit aja.

ibaratnya orang tua yg sayang banget sama anaknya, takut kenapa napa, nawarin ngasih duit.

si anak nggak enakan sama orang tua, mau nyoba usaha sendiri dulu lagi.

mungkin ya~
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia