News
Batal
KATEGORI
link has been copied
91
Lapor Hansip
21-06-2021 16:08

Lengkap! Aturan Terbaru Penguatan PPKM Mikro dari Pemerintah Pusat

Lengkap! Aturan Terbaru Penguatan PPKM Mikro dari Pemerintah Pusat

Pemerintah Indonesia menilai telah terjadi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Untuk itu, ada penguatan dan perubahan aturan ketentuan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.


"Perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan tren kenaikan setelah lima pekan pasca liburan Idul Fitri, terutama di beberapa daerah yang sudah masuk Zona Merah. Untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19, Pemerintah melakukan tindakan yang cepat, dengan melakukan penguatan PPKM Mikro serta mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi," tulis Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, dalam keterangannya, Senin (21/6/2021).

Jumlah kasus aktif virus Corona di Indonesia per 20 Juni 2021, sebanyak 142.719 kasus. Angka tersebut mengalami tren peningkatan sebesar 51 persen dibandingkan 3 Juni yang hanya 94.438 kasus.

"Peningkatan Kasus Aktif tersebut meningkatkan Bed Occupancy Ratio (BOR); per 20 Juni 2021 BOR Nasional sebesar 64% (TT Isolasi dan TT ICU). Terdapat lima provinsi dengan BOR ≥ 70%, yaitu DKI Jakarta (86%), Jawa Barat (84%), Jawa Tengah (82%), Banten (80%), dan D.I. Yogyakarta (79%)," katanya.

"Juga masih terdapat empat provinsi dengan BOR antara 50% - 70% dan 25 Provinsi dengan BOR < 50%. Sedangkan, di tingkat Kabupaten/Kota, terdapat 87 Kabupaten/Kota dengan tingkat BOR >70%, dan sebagian besar berada di Pulau Jawa," ujarnya.

Berikut ketentuan penguatan PPKM Mikro:

1) Kegiatan Perkantoran/Tempat Kerja: Perkantoran Pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah)
Perkantoran BUMN/BUMD/Swasta

- Zona Merah: WFH 75% dan WFO 25%.
- Zona Lainnya: WFH 50% dan WFO 50%.

- Penerapan protokol kesehatan lebih ketat, pengaturan waktu kerja bergiliran, saat WFH tidak melakukan mobilisasi ke daerah lain.
- Pengaturan lebih lanjut dari K/L terkait dan Pemerintah Daerah.

2) Kegiatan Belajar Mengajar: Sekolah, Perguruan Tinggi, Akademi, Tempat Pendidikan/Pelatihan:

- Zona Merah: dilakukan secara Daring.

- Zona Lainnya: sesuai pengaturan dari Kementerian DikbudRistek, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

3) Kegiatan Sektor Esensial: Lokasi sektor esensial, industri, pelayanan dasar, utilitas publik, proyek vital nasional. Tempat pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat (pasar, toko, swalayan, super market), baik yang berdiri sendiri maupun di Pusat Perbelanjaan/Mall

- Dapat beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

4) Kegiatan Restoran: Warung makan, Rumah makan, Restoran, Kafe, Pedagang Kaki lima, Lapak jajanan, baik yang berdiri sendiri maupun di Pusat Perbelanjaan/Mall

- Makan/minum di tempat, paling banyak 25% kapasitas.

- Pembatasan jam operasional s.d. Pukul 20.00.

-Layanan pesan-antar/dibawa pulang sesuai jam operasional restoran.

-Penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.


5) Kegiatan di Pusat Perbelanjaan/Mall: Pusat perbelanjaan, Mall, Pusat Perdagangan

- Pembatasan jam operasional s.d. Pukul 20.00.

- Pembatasan pengunjung paling banyak 25% kapasitas.

6) Kegiatan Konstruksi: Kegiatan Konstruksi
- Dapat beroperasi 100% dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

7) Kegiatan Ibadah: Tempat Ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Tempat Ibadah lainnya)

- Zona Merah: ditiadakan sementara sampai dinyatakan aman.

- Zona Lainnya: sesuai pengaturan dari Kementerian Agama, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

8) Kegiatan di Area Publik: Area publik (Fasilitas umum, Taman umum, Tempat Wisata umum, area publik lainnya)

- Zona Merah: ditutup sementara sampai dinyatakan aman.

- Zona Lainnya: diizinkan dibuka paling banyak 25% kapasitas, pengaturan dari Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

9 ) Kegiatan Seni, Budaya, Sosial Kemasyarakatan: Lokasi kegiatan seni, budaya dan sosial kemasyarakatan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan

- Zona Merah: ditutup sementara sampai dinyatakan aman.
- Zona Lainnya: diizinkan dibuka paling banyak 25% kapasitas, pengaturan dari Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. Kegiatan hajatan (kemasyarakatan) paling banyak 25% kapasitas, tidak ada hidangan makanan di tempat.

10) Rapat, Seminar, Pertemuan Luring: Lokasi Rapat/Seminar/Pertemuan, di tempat umum yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan

- Zona Merah: ditutup sementara sampai dinyatakan aman.

- Zona Lainnya: diizinkan dibuka paling banyak 25% kapasitas, pengaturan dari Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

11) Transportasi Umum: Kendaraan umum, Angkutan massal, Taksi (konvensional dan online), Ojek (online dan pangkalan), Kendaraan sewa/rental

-Dapat beroperasi, dilakukan pengaturan kapasitas dan jam operasional oleh Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

https://news.detik.com/berita/d-5614449/lengkap-aturan-terbaru-penguatan-ppkm-mikro-dari-pemerintah-pusat/3 

KALO PENGUATAN PPKM MIKRO GAGAL

APAKAH AKAN LOCKDOWN???

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Lengkap! Aturan Terbaru Penguatan PPKM Mikro dari Pemerintah Pusat
22-06-2021 11:57
makin di goreng

biar apa???? pundi2

btw ane percaya ya covid ada, tp situasi skr spt malah makin digoreng2 utk tujuan tertentu emoticon-Traveller

ciee ada yg ngebata ane. kenapa lu? di endorse covid? merasa udah kena covid trus hrs nya prokes jgn komen sembarang? ane udah prokes sejak awal januari 2020 di tanggal 10an jauh sblm ente pake masker yg mulainya dipake pas februari 2020 gara2 who blunder nyuruh yg sehat aja pake masker emoticon-Traveller

ape lu msh gak setuju? noh mentri nya aja korupsi ceban emoticon-Betty
Diubah oleh terjengkang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dadangbatu dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 12:49
Ngorbanin nyawa rakyat demi duit, lu pikir film superhero? emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 12:53
@areszzjay yg penting duit. duit. duit. mentrinya aja korupsi ceban , manajer kimiafarmanya aja korupsi swab bekas emoticon-Traveller nakes bikin surat swab palsu emoticon-Traveller orang mati didatangi keluarganya utk ttd meninggak krn covid (ini kasus tetangga ane) emoticon-Traveller

duit duit duit. hore pandemic bisa bikin banyak duit emoticon-Traveller
0
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 12:59
@terjengkang Ente belum pernah ngerasain ada temen/keluarga yg wafat krn covid beneran makanya bisa koar2 gini emoticon-Leh Uga
-1
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 13:02
@areszzjay lu kira ane gak percaya covid? orang2 dirumah sdh disuruh prokes keras jg. gmn klo teman dan keluarga ente yg wafat itu rupanya akal2 oknum? seorang jenazah honor petugasnya nyampe 30-50jtaan lho buat yg ngurusin emoticon-Leh Uga

0
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 13:20
@terjengkang Intinya ente gak percaya klo belum kena sendiri kan? Oke2 ane paham emoticon-Leh Uga
-1
profile picture
kaskus freak
22-06-2021 13:22
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

@terjengkang Ga perlu digoreng lagi,
udah gosong.

Mau bilang covidnya dilebih2in laporannya?
Menurut ane malah kondisi riilnya lebih parah ketimbang laporan resmi.

Kalau ada oknum yg mengambil kesempatan dalam kesempitan sih ane ga heran,
cuman kalo sengaja digorang goreng secara masif terstruktur sistematis, ane meragukannya. Malah kecenderungannya didownplay alias dikecil2kan.
3
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 13:46
@areszzjay maksud lu? hanya krn ane prokes dan blm kena ane gak percaya? kok lu ngatur? lu aja sana yg kena, sorri yee udah prokes garis keras!!
0
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 13:47
[MENTION]widya poetra[/MENTION] iya udah gosong eh makin di goreng2 lagi
0
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 14:04
@terjengkang Sori ye ane ud pernah kena pdhal ud prokes ketat emoticon-Leh Uga
-2
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 14:07
@areszzjay nah lu kena , tanya kenapa di diri anda knp bisa kena. emoticon-Traveller
0
profile picture
kaskus addict
22-06-2021 14:42
Sorry gan.. temen2 dan kenalan ane yg sebelumnya sehat2 aja mulai tumbang.. jadi memang bener varian2 baru ini lebih nyata
3
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 14:53
@kaiharis iya gan, percaya dgn covid serta varian2nnya, tp makin kesini kok skr spt malah spt agenda terselebung gitu. gpp dong klo orang lain skeptis dgn realita yg ada. curiga dan waspada kan perlu.
1
profile picture
kaskus maniac
22-06-2021 16:50
udah udah,
jangan pada berantem,
nnti diendors covid lho,
1
profile picture
kaskus geek
22-06-2021 16:52
@cah.elekz horee dapat duit. pandemik aja terooos biar dpt duit endorse covid emoticon-Betty
0
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia