Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
263
Lapor Hansip
21-06-2021 17:48

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

[ HT# 742 ]

Masih hangat dan selalu ramai perihal cara ambil alih kendaraan yang dilakukan secara sepihak di jalan oleh sekelompok yang dikenal sebagai Debt Collector bahkan dalam aksinya mereka sampai berani ke rumah customer yang dianggap menunggak cicilan dengan ancaman dan kekerasan.

Tidak sampai disitu juga, korban salah ambil kendaraan atau gesekan pun sering terjadi di masyarakat termasuk korbannya tak main-main adalah tentara. Cara-cara Debt Collector yang sudah nekad bahkan sampai jatuh korban jiwa seolah tidak pandang bulu ini benar-benar sudah kelewat batas.

Debitur sebagai korban menurut saya pastinya mereka memiliki alasan kuat mengapa mereka sampai menunggak kewajiban membayar dan memiliki hak menolak apabila Debt Collector tidak melengkapi beberapa dokumen dari perusahaan leasing seperti cuplikan berikut :


Quote:... dalam UU Jaminan Fidusia ini, saat melakukan eksekusi (penarikan) perusahaan leasing harus melengkapi diri dengan sertifikat jaminan fidusia. Dalam prosesnya pihak perusahaan pembiayaan atau leasing dapat bekerja sama dengan pihak ketiga (debt collector atau tenaga jasa penagihan) yang sudah tersertifikasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).


"Syarat untuk mengeksekusi ini adalah sudah didaftarkan fidusianya, sudah dibayarkan PNPB-nya, kemudian sudah juga keluar sertifikat fidusianya. Jadi selama belum didaftarkan, dan sertifikat fidusianya (tidak ada) maka ia tidak bisa mengeksekusi sendiri, ini juga termasuk hak konsumen kalau tidak ada sertifikat maka tidak bisa dieksekusi,"
Sumber


Lucu atau anehnya kejadian ini seolah terus saja terjadi dan berulang tapi belum ada tindakan tegas dan memiliki hukum yang kuat untuk menjerat perlakuan atau menghilangkan Debt Collector ini. Dan yang lebih parah ada Debt Collector main ambil paksa kendaraan yang jelas-jelas sudah lunas atau tidak ada tunggakan sama sekali, bahkan pemilik berani menunjukkan BPKB nya... sungguh aneh!

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

Namun debitur atau konsumen yang menunggak jangan menganggap di posisi tidak berdaya karena ternyata masih memiliki kekuatan perlindungan di mata hukum, sikap, dan hak kemanusiaan. Sampaikan keluhan dan hal yang tengah dihadapi dan mintalah solusi agar 5 perusahaan keuangan ini bisa menengahi permasalahan tersebut, minimal meredam aksi Debt Collector untuk beraksi lebih jauh. Sikap dan hak yang bisa di dapatkan diantaranya adalah:


Telepon ke: 021-131
Adalah contact center BICARA milik Bank Indonesia (BI).
Bank Indonesia sebagai lembaga tertinggi keuangan yang jarang kita tahu adalah memiliki kewajiban memberikan perlindungan konsumen dalam hal pembayaran  (penarikan dana, transfer dana, kegiatan alat pembayaran menggunakan kartu ATM/debet/kartu kredit, uang elektronik, dan lainnya).


Telepon ke: 157 (Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB, kecuali hari libur)
Adalah nomor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dimana lembaga ini ternyata juga wajib melindungi konsumen atau masyarakat soal keuangan karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah pengawas industri jasa keuangan yang keberadaannya resmi diketahui oleh pemerintah.

Telepon ke : 021-7981858 atau 7971378
Adalah nomor contact Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) adalah tempat bernaungnya konsumen untuk berhak mendapatkan perlindungan dan biasanya aduan atau keluhan konsumen akan akan diteruskan lagi kepada OJK maupun BI untuk segera ditindaklanjuti.

Telepon ke: 021-3929840
Adalah nomor contact Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dimana konsumen nantinya memiliki perlindungan berupa kekuatan hukum sebagaimana haknya dalam Undang-Undang Konsumen yang berlaku.

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

Telepon ke: 110 
Adalah nomor layanan kantor Polisi pusat yang tentu saja kita sudah tahu benar tugas Polisi untuk mencegah hal tidak diinginkan terjadi. Namun ada baiknya konsumen menyimpan nomor pengaduan Polisi di daerahnya masing-masing atau yang terdekat agar petugas bisa dengan cepat menuju TKP.


Dari kelima nomor telepon penting tadi diatas menurut saya ada cara yang tidak kalah sakti saat kejadian adalah dengan menggiring Debt Collector ini ke tempat keramaian atau ke kantor Polisi terdekat lalu kantongi kunci contact kendaraan atau titipkan ke petugas saat itu.

Pelajaran dari hal diatas yang bisa diambil adalah misalkan kita sebagai debitur atau pemilik kendaraan harus benar-benar menyadari adalah memiliki KEWAJIBAN membayar sesuai ketentuan.

Jika belum mampu membeli kendaraan ada baiknya tidak memaksakan diri. Agar tidak terjadi menunggak di tengah jalan hitunglah pemasukan keuangan anda setidaknya 3x lipat biaya yang harus dibayarkan setiap bulan ke pihak Leasing.

Berhutang memang paling tidak enak, tapi jika benar-benar terpaksa pikir lagi matang-matang agar tidak rugi berlipat dan kehilangan kendaraan kesayangan di tengah perjalanan.

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, TKPeh! | img : gugel 

'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caduceus22 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
'5 Nomor Telepon Sakti' Mencegah Debt Collector Songong Beraksi Nekat, CATAT!
22-06-2021 03:42
Debt Collector itu SAMPAH. Nyari makan dari masalah org lain demi perutnya. Gak peduli dia benar/salah. Sampah bukan itu?

Soal Hutang-Piutang itu urusan Debitur dgn Kreditur. Bukan urusan DC !!!

DC hanya bisa menghimbau, menasehati atau memberi saran. Bukan MEMAKSA!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
levi.hikaru dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
profile picture
KASKUS Plus
22-06-2021 20:41
Uda pernah tau tekanan terhadap DC itu gimana?
Gak tertagih,ancaman sanksi sampai pemecatan menunggu.

Gak mau berurusan sama DC?,,hutang dibayar atau gak usah ngutang.

Lu pikir DC senang gitu klo ada yg nunggak?
Dia pusing juga,,justru DC berharap gak ada debitur yg nunggak.

Gw disini pernah kerja difinance tapi posisi gw bukan DC ,dan gw tau penderitaan teman2 gw bagian DC itu gimana.
Disini gw bicara DC yg memang karyawan resmi dri perusahaan finance tersebut.

Setiap pagi gw selalu menyaksikan DC dimaki2 ama kepala bagiannya klo debiturnya gk bisa dia tagih atau dia tarik kendaraan yg ditunggak.
2
profile picture
kaskuser
22-06-2021 20:46
dan kalo DC nya kaga MEMAKSA nanti yang ngutang sok" an
3
profile picture
kaskus maniac
22-06-2021 20:48
Jangan disamakan DC resmi sama preman2 yg jd DC emoticon-Ngakak (S)
1
profile picture
kaskus maniac
22-06-2021 20:51
Mungkin emang brandingnya kudu gitu gaaan hahaha
1
profile picture
kaskus addict
22-06-2021 21:00
@tokoalshop kan yg dimaki2 temen lu yg DC ngapa lu sok2an peduli? Klo gw jadi elu udh gw ketawain depan mukanya emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
22-06-2021 21:36
@tokoalshop
Itu disebut RESIKO SENSORjaan. Ya klo gak mw dimarahi atau takut dipecat jangan jadi DC. Simple. Semua pekerjaan ada resikonya, termasuk pemecatan.

Sekali lagi, urusan Hutang Piutang itu antara Debitur dgn Krediturnya. Dan kalo gak ada yg ngutang sama sekali, lu pada termasuk elu bagian Finance mw makan apa? Justru bos lu malah myari org yang mw ngutang karena itu ranah pekerjaan lu, tempat lu nyari duit dari org² yang mgutang itu.

Gak perlu sok suci, negara pun berhutang kok. Dan ente pasti Juga punya hutang ke org lain.

0
profile picture
kaskus addict
22-06-2021 21:59
DC vs Marvel
0
profile picture
kaskus freak
22-06-2021 23:00
Intinya kalo UTANG ya BAYAR

Kl DC yg tagih, brarti udah nunggak
1
profile picture
kaskuser
23-06-2021 00:43
Ane rasa kalau profesi DC kgk ada gak bakal ada Bank/lembaga/Perusahaan yang berani minjemin duid

Menurut ane sah2 aja kalau si DC nagih asalkan sesuai aturan dan bukan sistem kejar target

Sistem kejar target itu kayak menghimbau nasabah untuk gali lubang tutup lubang pas nagih buat lunasin utangnya sama perusahaan DC itu dulu

atau pakai cara2 terror dan ambil paksa di jalan menurut ane sih itu salah banget yah

Sebenernya nasabah nunggak pun udah masuk blacklist BI kok seumur hidup gak akan dapet pinjaman kecuali utang dilunasin dlu

gak bisa KPR, KTA, dll
2
profile picture
kaskus freak
23-06-2021 05:47
@cotonbad
Masalah nya, kalo nagih baik2 trus CS nya bayar, pihak Leasing / Bank gak bakalan pake DC bro

Mereka pake DC karena nasabahnya dinilai udah ada niatan mangkir
Pihak Leasing / Bank pasti udah berusaha nagih sendiri, tp karena tidak ada itikad dari nasabah utk menyelesaikan pembayaran, akhirnya dipakai lah jasa DC

Pihak DC pun pasti dikejar ama pihak Leasing maupun Bank

Dan mengapa mereka menggunakan jasa DC dan tidak menempuh jalur hukum?
Masalah biaya dan waktu emoticon-Hammer
1
profile picture
kaskus maniac
23-06-2021 05:51
@kyurenjo @cotonbad

Imi Pinter Jawabannya. Ngerti masalah berarti 👍🏽

Berarti memang DC itu gak bisa dibenarkan dari sisi hukum manapun Juga. Kecuali DC Internal ya. Itu lain cerita.

Disini yang sering sekali bermasalah itu DC external. Sampah² itu ya para external ini. Cari duit dari masalah org lain.
0
profile picture
kaskuser
23-06-2021 07:26
@tokoalshop [mention]Rico_99[/mention] kalo ngga mau dikejar DC ya bayar hutang harus lancar, itu resiko berhutang.
2
profile picture
kaskus freak
23-06-2021 07:40
[MENTION]Rico_99[/MENTION]
Ya situ tahu sendiri
Kadangkala yg ngutang malah jauh lebih galak
emoticon-Hammer

Ditagih baik2 ama DC, malah disiram air
Digalakkin ama DC, malah teriak2 dizholimi
emoticon-Hammer

Dillematis bro jadi DC
2
profile picture
kaskuser
23-06-2021 07:47
@kyurenjo ya betul gan menurut gua adanya pekerjaan DC itu karena adanya peminjam yang galak ketika ditagih banyak alasan ketika ditagih ngga ada itikad baik.
2
profile picture
kaskuser
23-06-2021 07:49
ngga usah jauh jauh orang yang minjam ke temannya saja kalo ditagih suka ngga bayar, ngga tau diri waktu dia mau minjam ngemis ngemis giliran ditagih banyak alasan dan kadang malah lebih galak daripada yang ngutangin
2
profile picture
kaskus freak
23-06-2021 07:57
@levi.hikaru bener bro
Pihak Leasing / Bank gak bakalan pake jasa DC kalau nasabahnya ngerti tanggung jawab

Mereka pake jasa DC itu karena nasabahnya sulit dimintai kerja sama nya aja

Gak mungkin ada asap kalo gak ada api
2
profile picture
kaskus addict
23-06-2021 08:06
yg resek emg DC dari eksternal biasanya. Klo dari DC internal msh ikut kode etik dr perbankan. ane pernah diceritain temen ane dr bagian kredit, dia pernah sampe ditodong pistol pas nagih ke rumah nasabah, pernah juga mobil ops kantor mau dilemparin batu. emoticon-Cape d... (S)
1
profile picture
23-06-2021 10:57
Kalo konsumen kridit ngutang kagak bayar itu sampah bukan bre?
1
profile picture
kaskus addict
23-06-2021 11:38
@cekakak.cekikik Ya diliat dlu gan, si nasabah gak bayar krn apa. Klo msh coll 1 ya msh fine aja. Yg aneh2 biasanya yg udh msuk coll 3-5
1
profile picture
KASKUS Plus
23-06-2021 13:21
@nvidiator ya klo lu teman laknat ya emang begitu.
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 122 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia