News
Batal
KATEGORI
link has been copied
89
Lapor Hansip
19-06-2021 07:35

Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi

Pakar ekonomi Rizal Ramli menilai proyek infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering merugi.

Hal itu disampaikan Rizal Ramli saat diwawancara oleh Karni Ilyas di kanal Youtube Karni Ilyas Club yang diunggah pada 12 Juni 2021.

Menurutnya, penyebab seringnya proyek infrastruktur era Jokowi merugi disebabkan oleh kurang matangnya perencanaan.

"Hampir semua proyek infrastruktur itu merugi. Kenapa? Karena slopy planning, perencanann yang ngasal," tutur Rizal Ramli.


"Jokowi berkunjung ke mana terus bilang, 'Bangun, nih, jalan ini.' 'Yes, sir!' Dibangunin (jalan)," ucapnya menambahkan.

Hal itu menurutnya sangat berbeda jika dibandingkan dengan era presiden-presiden sebelumnya, termasuk zaman Presiden Soeharto.

"Zaman dahulu Indonesia, dari zaman Sohearto, zaman kita (Presiden Abdurrahman Wahid), perencanaan itu betul-betul matang. Prospeknya kayak apa, return kayak apa, bukan berdasakan daftar keinginan presiden," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu kemudian mencontohkan beberapa proyek infrastruktur era Jokowi yang merugi.

Contohnya, monorail yang di Palembang itu hancur-hancuran. (Bandara) Kertajati, banyak lagi yang lain. Itu mubazir."

Sebelumnya, Rizal Ramli menyinggung dana haji yang disebutnya digunakan pemerintah untuk infrastruktur.

"Itu masuknya ke mana? Masuknya ya ke APBN, dan itu ada semua bukti video di mana Presiden Jokowi katakan, ‘Ini bisa kita pakai kok buat infrastruktur.’ Ada video wakil Presiden Ma’ruf katakan, ‘Ini udah Rp35 triliun kok di dalam infrastruktur’,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu memastikan dana haji yang dikelola lembaganya aman.

"Perlu kami jelaskan bahwa seluruh dana yang kami kumpulkan aman. Dana tersebut saat ini ditempatkan di bank syariah," ucapnya dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman resmi Kemenag pada 3 Juni 2021

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...ng-rugi?page=2

Yg penting duitnya ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 08:05
Untung g mesti uang lho ya.
G cape di jalan, hemat waktu, lebih banyak waktu buat keluarga...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 09:03
Tol? Lo pake buat mudik doang 1 tahun sekali

Truk? Kemahalan tarif, tarifnya naik trs

LRT palembnag? Buat wisata doang sih
0
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 10:36
@accelero

Gw g ngomongin tol doang.
Tapi jalan secara umum.
0
profile picture
kaskus addict
19-06-2021 11:08
@accelero @nontonyukahhh jalan secara umum? Yg sekarang dikebut rejim jalan tol, dan itu berbayar, pengguna nya terbatas. Tolong di bedakeun ya
0
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 11:10
@verstappen

Terus?
Klo yg dibangun cuma jalan tol, pernyataan gw salah gitu?
0
profile picture
kaskus addict
19-06-2021 11:19
0
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 11:22
@verstappen

Tetep aja om, argumen loe g bisa matahin argumen gw.
0
profile picture
kaskus addict
19-06-2021 11:31
@nontonyukahhh si rizal menyoroti untung rugi dari sisi keuangan negara, why? Karena dana nya pakai hutang, jelas berbahaya kedepannya kalau ga feasible. Dan yg dibangun rejim (mostly) jalan tol. Yg lu bilang itu keuntungan untuk masyarakat, dengan catatan bukan jalan tol, tapi arteri atau jalan tol yg jelas feasible, atau jalan tol dan ga feasible untuk jangka pendek aja. Dalam konteks berita itu, jelas argumen lu ga tepat
1
profile picture
kaskus geek
19-06-2021 11:34
Klo infrastruktur model bangunan bisalah kagak berguna klo jalan tol,bandara dan semua akses biar tersambung antar wilayah kagak bakal ada ruginya bagi negara karna cepat atau lambat pasti di butuhkan dan terpakai.
Karena jumlah penduduk makin berkembang.
Jadi mau bangun saat urgen aja gitu.
Itu kerjaannya ibu rumah tangga bkn negara.
Tolong klo tolol jgn di pamerin dongemoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 11:36
@gabener.edan

Makanya gw bilang. Untung g mesti uang.
Ya klo ngomongin feasible, cuma bangun di jawa doang.
Bangun di jawa, investor cuma ke jawa, urbanisasi, lingkaran setan.
Itu yg mau diputus.
Daripada nuduh macem2, mending belajar baca dulu om.
1
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 14:40
Proyek semacam jalan itu berbanding lurus dengan pertumbuhan bisnis lain. ambil contoh dulu, bisnis properti.

Kalau jalan tol ada, bisnis properti bakal tumbuh disitu.

Kalau bisnis properti tumbuh disitu, otomatis pemasukan pajak bertambah dong.

Dengan adanya jalan tol juga ada akses dong buat transportasi industri.
emoticon-Traveller

Yg kawasan industri karawang saja terhubung kan sama jalan tol?
Masa yg diurus karawang doang. emoticon-Cape d... (S)

Kalau rakyat dapat kerjaan kan pajak bertambah juga.

Daerah lain juga harus dapat lah biar rakyatnya gak perlu jauh-jauh buat dapat kerjaan. emoticon-Cape d... (S)

Pertambahan ruas jalan juga berbanding lurus dengan perkembangan bisnis otomotif.

Jadi jangan cuman lihat jalan tol sebagai jalan yg dipakai buat mudik doang.

emoticon-Cape d...

Ingat! Jalan tol jagorawi juga dulu sepi. Cuman 2 lane. Sekarang? Udah 4 lane.

emoticon-Cool
0
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 16:07
infra ada yg pasti rugi, kyk bendungan & irigasi
trus gmn, ga dibangun gitu? dibangun waktu sdh kepepet & harga tanah naek tinggi? artinya bakal utang lebih banyak lg?
padahal menurut standar dunia, infra kita sangat kurang emoticon-Bingung
0
Memuat data ...
1 - 11 dari 11 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia