News
Batal
KATEGORI
link has been copied
179
Lapor Hansip
17-06-2021 18:56

Epidemiolog: Jika Tak Ada Pengetatan, 1-2 Minggu Lagi Faskes Kolaps

Epidemiolog: Jika Tak Ada Pengetatan, 1-2 Minggu Lagi Faskes Kolaps


Keterisian tempat tidur (BOR) di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan di berbagai daerah saat ini semakin hari kian penuh oleh pasien COVID-19. Jika lonjakan kasus tidak bisa dikendalikan, maka dapat dipastikan bahwa rumah sakit tidak akan lagi sanggup merawat pasien.

Beberapa fasilitas bahkan telah terisi hingga lebih dari separuhnya. Contohnya saja di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran yang per Kamis (17/6) ini telah terisi hingga 77,5 persen. Sementara, angka kasus di Jakarta terus meroket.

"Jika tidak ada containment, pengendalian yang ketat, saya bisa katakan 2 minggu sampai 1 bulan lagi (Faskes) kita akan kolaps. Karena itu strategi mengatasi masalah ini tidak bisa hanya dengan menambah tempat tidur," ujar Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Dr Masdalina Pane, dalam diskusi virtual, Kamis (17/6).

Epidemiolog: Jika Tak Ada Pengetatan, 1-2 Minggu Lagi Faskes Kolaps

Ia juga menilai, penambahan kapasitas tempat tidur di berbagai rumah sakit bukanlah solusi satu-satunya. Masyarakat harus dapat mencegah penularan COVID-19 yang lebih luas.

"Karena ada satu titik di mana akan terjadi kapasitas lonjakan. Di mana rumah sakit dan tempat tidur sudah tidak bisa lagi mengatasinya. Makanya yang harus dilakukan adalah containment di hulu. Jadi bagaimana caranya agar masyarakat itu bisa tetap mematuhi protokol kesehatan tapi tracingnya tetap kuat," tambah Masdalina.

Epidemiolog: Jika Tak Ada Pengetatan, 1-2 Minggu Lagi Faskes Kolaps

Kondisi lonjakan ini sebenarnya sudah dapat dipelajari dari beberapa momen libur panjang sebelumnya. Bahkan pernah ada libur panjang yang tidak diikuti dengan kenaikan kasus. Maka dari itu, masyarakat sudah seharusnya mengurangi mobilisasi agar pola yang sama ini tidak terjadi lagi.

"Karena kita juga pernah mengalami libur panjang yang kasusnya tidak naik. Artinya model-model seperti itu yang harus kita lakukan, tentu peran serta masyarakat jadi faktor penting. Jadi pada saat ini pembatasan mobilitas bisa jadi solusi, tapi itu tidak bisa lama," tutup Masdalina.

https://kumparan.com/kumparannews/ep...xbPYGkOc3/full






emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dika110103 dan 24 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Epidemiolog: Jika Tak Ada Pengetatan, 1-2 Minggu Lagi Faskes Kolaps
17-06-2021 19:18
jadi solusinya apa ???

dari dulu jual ketakutan doang

congor udah dimaskerin, jaga jarak udah sekarang apa ???

mau lokdon sampe 2025 ??? elu aja sono makan tanah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoga111 dan 18 lainnya memberi reputasi
15 4
11
Memuat data ...
profile picture
newbie
18-06-2021 17:31
@indra051995 nggajauh beda gan dg di lingkungan sekitar saya..tapi sekarang lumayan bebarapa ada yg sadar itupum setelah ada korban meninggal dulu baru sadar ...dan parahnya lagi udah ada yg meninggal masih ada yg ngga percaya ada covid coba wkwk
2
profile picture
kaskus maniac
18-06-2021 17:41
@ykc30 vaksin juga konyol. Tuh ngadain vaksin BUMN dan PNS serta spesiesnya di senayan, itu mau vaksin ato mau nonton bola ???

Kalo otak cerdas tentu lebih baik datangi aja kantor2 BUMN. Suntikin satu2. Bikin jadwal giliran kantor per kantor.

Sisanya yg masyarakat umum bagi per kelurahan, urut lg per rw.

Ini kagak, di taro di satu titik coy.

Gw udah males sama budaya gini. Tujuannya bukan untuk vaksin tapi supaya anggaran keluar, supaya bisa bikin baliho segede gaban buat pamer. Indonesia itu yg penting balihonya gede, ada gambarnya, masuk TV. Itu yg penting, bukan vaccination rate nya


Kontlo lah sama semua !!!!!
8
profile picture
kaskus geek
18-06-2021 18:08
@anti.liberal Btw, belum tentu stok vaksin dosis keduanya aman. Moga2 aja datanya gak hilang.
0
profile picture
18-06-2021 18:16
@anti.liberal @ykc30 xixixi setuju emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus maniac
18-06-2021 18:42
Udah bre, nikmatin aja idup di negara +62 emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
18-06-2021 18:46
@lifi2ro sama ane juga sering bolak balik jakarta kaltim. Kelihatan beda banget sama jakarta. Di kaltim sana jarang banget maskeran. Kecuali dia tempat kerjaan yang K3 nya ketat atau di bandara dan rs. Selain itu mah jalan2 umum kaya ga ada covid aja. Klien ane di sono 1 kantor hampir 50 orang pernah kena covid. Dan yaa biasa aja gt.
0
profile picture
aktivis kaskus
18-06-2021 18:52
@lifi2ro @dikamaru itu kalo 1 org kena, satu kantor it goes BOOMM.

ati2 gan, stay safe. gara2 covid ini paman ane wafat emoticon-2 Jempol
0
profile picture
kaskuser
18-06-2021 18:58
Jaga jarak? Hah? Gw selama ini belanja pas lagi antri pada gak ada yang jaga jarak. Di belakang ojol tetep nempel sampe berasa ada yang keras di bool g. Yang gak pake masker juga banyak
0
profile picture
kaskus addict
18-06-2021 19:08
@anti.liberal @ykc30 vaksin di Jakarta sdh mulai per kelurahan bre... Dan dareah lain sdh ada yg mulai ngikutin juga
0
profile picture
kaskus addict
18-06-2021 19:14
Yg patuh prokes 40%...sisanya sampai goblok ngasih tau bakal ngeyel...gmn cara pemerintah edukasi dan gamparin yg bandel gak terapin prokes..liat di tv jd kesel bgt masa mau di vaksin harus diberi reward dlu baru mau..wes angel temen..
0
profile picture
kaskus geek
18-06-2021 19:16
@ijobanter Pemerintahnya dulu juga gak percaya covid kok.
0
profile picture
newbie
18-06-2021 19:18
@anti.liberal @ykc30 mungkin tenaga kesehatannya terlalu banyak jadi ngga door to door wkwkwk..kalo tenaga kesehatan sama satgas covid pemikirannya kayak agan semua mungkin cepet selesai gan negara kita ditangani covid 19 wkwkwk
0
profile picture
aktivis kaskus
18-06-2021 19:20
Solusinya tetep konsisten menjalankan prokes gan sambil ga nolak klo dpt undangan vaksin...agree..
0
profile picture
kaskus addict
18-06-2021 19:22
@kaiserwalzer lah lu hdup dulu apa skr??apa pemerintah saat ini gak ada langkah utk pencegahan/pengendalian???weh2 hidup kok DULU gan..wkwkwkwk...
-2
profile picture
kaskus maniac
18-06-2021 19:23
@ykc30 @Ndaru4u apaan. Di tempat gua masih kecamatan. Dan gak digilir alias daftar cepet2an. Yak dan hasilnya apa ??? Ngumpul rame2 sodara2. Mantap mari kita mati bersama.

Sama aja kayak vaksin BUMN. Percuma probaik kesehatan, toh sampe parkiran ketemu "ehhh bapak anton ya ampun lama gak ketemu, dah dimana pak" yak mati lageee



emoticon-Leh Uga
2
profile picture
kaskus geek
18-06-2021 19:25
@ijobanter Itu namanya konsekuensi. Rakyat kan mengikuti pemerintah.
0
profile picture
aktivis kaskus
18-06-2021 19:37
@ijobanter @kaiserwalzer ahh..masa sih.. bukannya di bln jan 2020 orang mau masuk indon di cek suhu dulu. bukannya di bln feb lab indon jg udh ready utk tes covid...
0
profile picture
kaskuser
18-06-2021 19:45
@Ndaru4u @anti.liberal wah mungkin beda ya gan. Share aja ane baru aja dapet vaksin, di RPTRA deket kantor ane, tempatnya mayan luas kok, jadi masih ada space antar orangnya. Per hari dibates 50 aja jadi ngumpul banyak pun prokes dan jarak dijaga. Dikasih obat juga kok. Jadi kl scr pelaksanaan menurut ane bagus, cuman mungkin kurang nakes jd gak bisa ngegas vaksinnya.
1
profile picture
kaskus addict
18-06-2021 19:47
yang penting bantuan cair emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
18-06-2021 19:50
@anti.liberal @ykc30 semoga apa yg jadi uneg2 agan didengar orang nakes dan dpt terealisasi.... Kapan ya Indonesia bisa kaya penonton liga uefa? yg berkerumun dan tdk pakai masker ...
0
Memuat data ...
21 - 40 dari 50 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia