Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
119
Lapor Hansip
16-06-2021 18:52

Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan

Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh Elly Fairytale dari Pexels


Artikel Ini Hanya Membutuhkan 5 menit untuk dibaca, setahu saya kaskuser adalah kumpulan orang yang suka baca juga jadi jangan di lewat - lewat ya. Karena kalau baca judulnya aja Bakalan Ketawan emoticon-Big Grin emoticon-Shakehand2

Saya akan berusaha bikin threadnya Seenak mungkin buat dibaca tapi karena saya udah lama gak nulis jadi di maklum ya juragan kalo Threadnya Mungkin gak punya kualitas yang oke di mata agan (kalau menurut agan bagus bisa diberi rating 5 biar saya makin semangat dan merasa dihargai untuk original konten ini) . Saya udah lihat soal Thread dengan pembahasan yang sama di kaskus dengan Tema Fake Friends namun karena udah lumaya cukup lama dan saya bakalan berusaha bikin Threadnya Sebeda mungkin,  jadi mungkin para Momod sekalian bisa mempertimbangkan kalo thread ini bukanlah thread Cloning yang tinggal Copy & Paste atau mencuri ide seseorang. Melainkan Riset yang dalam terutama dari pengalaman, emoticon-Big Grinemoticon-Shakehand2 

Manusia seperti yang agan tahu adalah Mahluk Sosial yang saling membutuhkan, bahkan seseorang yang mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup di Alam pun tetap akan mengalami gangguan psikologis jika terlalu lama tidak bertemu sesama manusia. Jika Agan dan Sista terlalu lama merasakan kesepian bisa menyebabkan Depresi, Meningkatnya Tekanan Darah, Kemampuan Kognitif yang menurun dan Menjadi penyebab Alzheimer emoticon-Takut (S) 

sementara itu, satu - satunya hal terbaik yang dapat membuat rasa kesepian agan hilang adalah Teman yang baik. Bukan melulu soal pacar, kekasih atau gebetan yang bisanya nyamber duit agan doang tapi sebenernya teman yang baik yang bisa bikin agan jauh lebih merasa hangat dibandikan pasangan. Mungkin ciri - ciri fake friends itu gak usah dikasih tahu apa aja, agan pasti udah bisa nebak dengan mudah. Tapi apakah agan ingat soal EQ? EQ Berperan penting dengan tindak laku seseorang, mungkin saja sebenernya teman agan itu peduli tapi gak tahu cara untuk menunjukanya atau teman agan itu lagi kesusahan dan gak mau ngasih tahu agan... jadi sebenernya ciri - ciri Fake Friends itu bukan berarti 100% penyebabnya itu - itu aja tapi bisa jadi ratusan bahkan ribuan. makanya kita bahas dulu kemungkinan penyebabnya.

Quote:Kemungkinan Penyebab seseorang bertingkah menyebalkan

Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh mohamed abdelghaffar dari Pexels



sebenernya kita gak butuh ilmu psikologis yang dalam untuk bisa memahami seseorang secara dasarnya saja. Agan bisa menggunakan teknik perspective seperti Dia Mungkin lagi punya masalah, Mungkin Lagi marah atau memang kemampuan sosial dia itu kayak gitu. intinya kita bersikap positif dulu. Enggak semua orang mempunyai kemampuan untuk menyembunyikan masalah, mungkin agan iya tapi beberapa orang itu baperan, butuh perhatian dan suka melampiaskan. mungkin teman agan adalah tipe pertama atau juga mungkin yang ketiga? 


poin yang lebih penting adalah saat saya bilang Memang kemampuan sosial dia itu kayak gitu, saya udah bicara mengenai EQ diatas, tapi kalau masih ada agan dan sista yang belum mengenal EQ mari kita bahas dulu secara singkat. EQ adalah Emotional Quotient sama seperti IQ yang menjadi tolak ukur kecerdasan agan namun bedanya EQ menghitung kecerdasan Emotional agan. Jadi seberapa baik agan mengontrol emosi, empati, pengertian dan seberapa efektifnya agan berkomunikasi itu bisa dihitung oleh EQ jadi sebenernya kalau agan punya pacar yang gak pengertian teman yang menyebalkan bilang aja "mereka itu EQ nya jongkok"  biar agan gak terlalu sakit hati emoticon-Big Grin  sama kasusnya jika teman agan itu cuma memanfaatkan disaat agan butuh mereka gak bisa bantu, itu berarti EQ teman agan terkait Empati nya beneran Busuk gan emoticon-Big Grin seharusnya orang dengan EQ Yang baik akan berpikir "dulu waktu saya butuh dia selalu ada, sekarang gue coba maksain deh kasian juga"  terkait Empati dan Perasaan agan. Sekali lagi, berarti jika ada teman agan yang cuma memanfaatkan agan itu berarti EQ NYA JONGKOKemoticon-Wakaka Ketawain aja, lagian disamain sama jungkook gak mirip yaudah jongkok.



Quote:
Ciri - Ciri Teman Palsu yang bisa Nusuk dari belakang!

ini pasti bagian yang paling ditunggu sama agan dan sista, karena mungking agan dan sista bakalan bilang dalam hati "TUHKAN si Ono kayak gitu sama Gua, dia itu fake friends sialan" jadi ya..... mungkin bakalan banyak yang dilewat - lewat sama reader bagian atasnya emoticon-Big Grin  tapi buat agan yang gak di lewat - lewat selamat agan salah satu dari sedikit orang yang baca full gak di skip. Minat baca indonesia soalnya semakin berkurang emoticon-Frown

1. Suka Cancel Acara secara Konsisten
Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan

Foto oleh Sofia Alejandra dari Pexels

   pernah gak gan waktu udah siap - siap mau berangkat traveling misalnya, kita udah gak sabar dan beneran antusias banget eh gak tahunya pas Hari - H dia bilang gak bisa. Mungkin satu dua kali its okay, tapi kalo udah terus - terusan itu artinya dia beneran gak bisa menghargai agan sama sekali. Seperti yang dibahas di atas EQ nya jongkok emoticon-Big Grin karena tidak bisa memahami perasaan orang.

2. Datang Hanya saat butuhnya doang
Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

ini mungkin kasus sejuta umat ya, banyak banget pasti dari agan dan sista mengalami hal tersebut Atau mungkin jadi salah satu orang yang nyebelin tersebut. Karena sebenernya yang namanya teman itu ya Teman untuk menemani, mau dia lagi butuh apa enggak harusnya loyal. Bukanya udah lama gak Ngomong sekalinya ngomong bukanya mempererat pertemanan eh malah Minjem duit, minta tolong kek dan semacam ciri - ciri yang bisa diblang Memanfaatkan tersebut. 

3. Lupa Diri

Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh Denx arman dari Pexels


Pernah ada yang curhat sama saya soal ini gan, dia punya temen deket dari SD sampai sekarang dia umur 24. Saya takjub deh pertemanan bisa selama itu, karena jujur saya gak punya teman seperjalanan seperti itu. Dia bilang kalau sebenernya dari dulu dia tuh udah ngerasa suka dimanfaatin dan sering dibikin sakit hati. Lah saya tanya dong ya kenapa masih ditemenin aja, Pertanyaan dia simpel banget "saya selalu nganggap dia teman dan gak tega buat nolak kalau dia minta tolong" disitu saya beneran kagum sama dia, coba aja saya punya temen kek dia yakan. Tapi akhir - akhir ini tuh orang tersebut makin gak sopan sama dia, Minjem uang buat Resepsi Nikah dan udah setahun gak dibayar alasanya "gak punya uang" tapi si dia tersebut cerita kalau temenya bisa Honey Moon yang lumayan Waw lah untuk orang kelas menengah keatas. Terakhir juga dia bisa beli sebuah SUV juga, alasanya kredit. Sampai saya bingung mau nanggepinya kaya gimana, yang saya tahu pasti kalau dia tuh sakit hatinya gak ketulungan. 

4. Tidak Punya Komitmen
Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh Kampus Production dari Pexels


seorang teman itu biasanya Solid dan berkomitmen, mau agan dan sista lagi suka ataupun duka mereka bakalan tetap support agan. Kalau agan punya tipe teman yang beneran gak berkomitmen, hati - hati itu mungkin cuma fake friends yang cuma ingin memanfaatkan agan aja.

5. Selalu Menjauh

Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh Keira Burton dari Pexels


teman yang baik akan selalu menghubungi agan, meskipun saat agan sedang berjauhan teman yang baik akan selalu menanyakan kabar mau itu menelepon, mengirim pesan atau berniat berkunjung. Fake friends bahkan selalu mencoba menjauh dari agan saat agan sudah tidak dibutuhkan. Bisa tidak menjawab pesan agan atau menjawabnya dengan lambat lalu beralasan secara konsisten secara terus menerus. Sekali dua kali mungkin bisa dipercara, tapi kalau teman agan terus menerus seperti itu mungkin dia cuma ingin menjadikan agan sebagai alatnya saja.

6. Ngomongin Dibelakang
Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh Keira Burton dari Pexels


pernah ada pepatah yang bilang " when they stop talking to you, they'll start talking about you!" yang kalau di alihbahasakan ke bahasa kita tercinta akan seperti  "saat mereka berhenti bicara padamu, mereka akan mulai berbicara tentangmu"  jujur kalau ini pasti agan pernah nemu kan yah, mau di etika dan etitut ataupun di agama ngomongin dibelakang itu Gak boleh ya gan apalagi ngomongin temen sendiri kebayang gak tuh kejamnya gimana. 

7. Agan Gak pernah merasa nyaman
Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
Foto oleh Rafael Barros dari Pexels


kita gak ngomongin saat agan lagi ngobrol ataupun lagi nongki misalnya, tapi saat overall waktu agan berteman. Karena fake friends itu biasanya jago bikin nyaman, itulah kenapa agan mau - mau aja dimanfaatin. Tapi agan selalu ngerasa tertekan, insecure dan semacamnya. Teman yang baik itu selalu bikin agan merasa nyaman dan seakan nunjukin kalau agan itu emang temen dia juga. sementara fake friends biasanya bakalan lebih memilih orang lain daripada agan, saat agan lagi sendirian fake friends akan memilih berbicara pada orang lain dibanding agan.


Quote:Solusi menanggapi Teman Palsu

saya bukan tipe penulis yang suka bikin topik, menawarkan solusi eh tahunya malah balik nanya ke pembaca emoticon-Big Grin saya bakalan coba ngasih daftar solusi sebaik mungkin yang saya bisa. Tapi kalau agan ingin menanbahkan akan saya apresiasi sebesar - besarnya. 

Kekerasan bukan Jawabanya
Mungkin kalau agan udah tahu teman agan itu fake agan selalu ngebayangin buat nampol sampai dia pingsan. Tapi sebenernya kekerasan itu bukan solusinya, bahkan gak pernah jadi solusinya. Kekerasan bikin agan terlihat sebagai pelaku sementara dia akan terlihat sebagai victim. Jadi lebih baik agan baca poin dibawah biar lebih tenang

Jangan Pernah Mau diperalat
Fake Friends itu selalu jago buat bikin agan ngerasa kasian dan gak bisa nolak permintaan dia. Dan kalau agan udah tahu jika temen agan itu fakes agan harus tancepin di dalam pikiran agan kalau agan itu cuma jadi alatnya doang. Coba inget waktu agan meminta tolong kepada dia, apakah dia ada buat agan? atau coba inget semua hal yang udah bikin agan sakit hati. Mungkin dia bakalan marah saat agan tolak permintaanya, tapi setidaknya agan mungkin akan mendapatkan teman yang jauh lebih baik daripada dia. 

Sebenarnya Kita gak pernah kehilangan Teman

kalau agan berpikir menolak satu permintaan dari dia bakalan bikin dia menjauh atau mungkin jadi musuh agan, itu salah. Berapa kali dia nolak agan dan berapa kali dia udah ngejauh dari agan. Kenapa dengan hanya satu penolakan dia menjauh sementara agan udah ditolak beberapa kali. Ingat ya gan "Agan gak pernah kehilangan seorang teman, jika seseorang meninggalkan agan itu sebenernya baik bagi agan. Karena agan bisa membedakan mana teman yang sebenarnya"



Selamat gan, agan jadi sedikit orang yang masih minat baca. Dari lebih 1.500 kata udah agan baca. Sebarkan minat baca dengan share ke medsos agan, siapa tahu temen agan ikut kesindir emoticon-Shakehand2 BTW Agan dan sista juga bisa Kasih TS cendol kalo setuju sama Thread, kasih rating 5 juga kalo agan dan sista berpikir threadnya Bagus.Suts dah lebih dari maks charemoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh vivianemeline
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan
17-06-2021 09:57
Sebenarnya mudah mendeteksi toxic-friend/people tapi kadang kita sendiri yg suka denied the fact karena butuh teman/tidak mau kesepian. Yg lebih sulit mendeteksi real-friend yg sebenarnya bisa mengorbankan anda at-some-point.

Karena pada akhirnya EVERYBODY HAVE THE PRICE....ketika seseorang melihat kebutuhan/keinginan/survival- nya lebih besar dari benefit pertemanan yg dia dapat, semua orang akan bisa sacrifice their friend....even their family!

Untuk membuktikan teori tsb, coba bayangkan dalam situasi ketika kapal yg anda tumpangi karam. Anda hampir tenggelam ditengah laut dan disekitar ada istri, anak, orangtua dan teman anda yg juga minta tolong karena hampir tenggelam. Lalu anda melihat ada sepotong kayu terapung yg hanya muat 1 orang. What will u do ?? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskuser
17-06-2021 10:16
Sebenernya itu Sama kaya Trolly Problem. Itu lebih ke decision si bukan friendship

Ciri dan Cara Menangani Teman Palsu yang Cuma Memanfaatkan Agan

Edit :

Si 5 orang yang ada di rel adalah Keluarga agan, sementara di rel lain adalah Teman agan. Apa yang akan agan lakukan? (Just the same question with a better case )
1
profile picture
kaskus addict
17-06-2021 10:16
Kasusnya terlalu jauh Gan. emoticon-Malu
0
profile picture
kaskus addict
18-06-2021 21:10
@vivianemeline

analogi TS tentang trolly problem sudah sangat benar

Ane sangat tergelitik untuk memberikan beberapa tambahan sebagai berikut:

Dalam hubungan pertemanan, perilaku toxic seorang teman baru dapat kita sadari cenderung di saat kita berada di posisi menunggu trolly, dimana sang teman berada di posisi decision maker dan membuat keputusan yang tidak sesuai dengan nilai pertemanan

Jika di kaji melalui hukum ekonomi atau hukum dagang, setiap hubungan, baik itu pertemanan maupun khusus/kekasih selalu memiliki nilai yang harus di bayarkan guna menjaga keberlangsungan hubungan tersebut

Dalam hal pertemanan yang bersifat toxic, artinya harga yang diminta temen ente jauh lebih tinggi daripada nilai pertemanan itu sendiri

Dalam hukum ekonomi sendiri berlaku hukum penawaran dan permintaan

Saat harga pertemanan yang di tawarkan sang teman kepada ente sudah mulai di rasa jauh dari nilai tersebut, anda berhak menolak

Dengan demikian pun hukum ekonomi akan berlaku, bahwa harga dari sebuah penawaran akan turun secara otomatis mengikuti turun nya permintaan

emoticon-Leh Uga
2
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia