News
Batal
KATEGORI
link has been copied
52
Lapor Hansip
09-06-2021 11:38

Ngerasa Udah Berlebihan Pake Sosmed? Nih, Cara Biar Gak Jadi Toxic!

Siapa sih zaman sekarang yang gak pake medsos? Rasanya cuma 2 dari 10 orang deh yang masih anti-sosial media. Kemajuan teknologi memang memudahkan berbagai aktivitas bahkan meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Dengan melihat celah yang ada, fungsi medsos sendiri bisa lebih banyak lagi kalau kita mau eksplor.

Mayoritas yang ane temuin, pemakaian sosmed masih sebatas scrolling dan menjadi hiburan aja, malah kadang mengganggu aktivitas utama. Waktu berjam-jam yang rela dihabisin buat sosmed biasanya bertolak belakang sama kewajiban kalau udah keasikan. Mengulur waktu, gagal fokus, cuma perhatiin apa yang jadi trending di dunia online, bisa jadi efek kebanyakan mantengin sosial media.

Dari semua efek yang mengganggu itu, sebenarnya gimana sih cara mengatur diri supaya gak terjebak dalam dunia online? Gimana supaya bisa tetap maksimal mengikuti teknologi, bukan malah dimakan teknologi? Mungkin, beberapa hal di bawah ini bisa bantu GanSis supaya melek teknologi tapi gak terjebak apalagi ketergantungan di dalamnya!

Ngerasa Udah Berlebihan Pake Sosmed? Nih, Biar Cara Gak Jadi Toxic!

Photo by ROMAN ODINTSOV  from Pexels

Batasi Waktu Penggunaan

2 jam dalam 1 hari bisa dibilang waktu yang cukup banget buat berkelana dan mencari informasi. Jangan sampai bablas seharian cuma scrolling aja. Buat GanSis yang ketagihan banget untuk bermain medsos, coba deh dikurangin dikit-dikit, gak harus langsung berhenti kok. Karena sebenarnya yang dibutuhin adalah proses itu sendiri, dengan itu GanSis bisa tau gimana cara ngurangin dan aktivitas apa untuk ngegantiin. Sekarang beberapa smartphone juga udah mendukung pembatasan dengan fitur canggih mereka, bisa banget nih dicoba.

Ngerasa Udah Berlebihan Pake Sosmed? Nih, Biar Cara Gak Jadi Toxic!

Photo By Kompas.com

Inget Tujuan Main Medsos

Kenapa ya kita yang awalnya cuma mau ngepost kerjaan malah jadi ketagihan ngescrol yang lain sampe berjam-jam? Wah, berarti GanSis udah termasuk #GenerasiScrolling nih! Emang zaman sekarang ini gak asing lagi kalau para pekerja membutuhkan sosial media, selain ngegali info, ada pekerjaan yang membutuhkan platform ini. Harus diingat nih apa tujuan awalnya biar gak kebablasan. Embel-embel “nyari temen” atau “ya kan hiburan” juga harus banget diwaspadai, GanSis. Biasanya alesan ini yang bikin lupa diri hahahha

Fokus Ke Aktivitas Utama

Jangan lupain kewajiban GanSis cuma karena keasikan liat kehidupan orang lain apalagi yang numbuhin rasa iri dan gak bersyukur. Sering banget orang jadi salah fokus atau bahkan menomor duakan kewajibannya karena lupa waktu. 

Menggunakan SosMed Secukupnya

Jangan terlalu berlebihan dalam bergaul dunia online atau mencari hiburan di dalamnya. Perlu diingat bahwa kita masih memiliki kehidupan nyata yang harus dijalani. Sosial media memang membuat segalanya lebih mudah, tapi jangan berlebihan ya GanSis. Sesungguhnya apa yang berlebihan itu gak baik, lho hehehe. Pakai untuk hal yang penting aja, boleh lah intip konten menghibur tapi jangan sampai ketergantungan, ya. 

Jangan Sembarang Ngepost

GanSis tau gak sih kalau apapun yang kita post bisa berdampak besar dalam kehidupan sehari-hari? Mungkin itu cuma sekedar posting aja, tapi siapa sangka kalau beresiko tinggi? Skenario terburuk adalah ada orang yang udah hafal apa yang kita lakuin tiap harinya, kemana kita pergi, naik apa, dan lainnya, cuma karena terlalu sering posting. Jadi, perlu dipikir 2 kali nih kayaknya sebelum menyebar informasi tentang kehidupan pribadi.

Ngerasa Udah Berlebihan Pake Sosmed? Nih, Biar Cara Gak Jadi Toxic!

Photo By boldomatic.com

Memfilter Akun Yang DIikuti Atau Mengikuti

Waspada GanSis dengan akun yang terlihat mencurigakan atau gak dikenal. Kalau jauh hubungannya dengan pekerjaan atau kewajiban, mending manfaatin fitur lock akun yang udah ada di berbagai platform supaya lebih aman. Buat Gansis yang pekerjaannya berhubungan dengan sosmed, butuh keamanan ekstra jadi jangan sembarang posting yah!

Menurut GanSis tips di atas udah cukup belum nih? Atau ada lagi mau ditambahin? Cusss… tulis di bawah biar ngebantu kaskuser lainnya juga. 


Diubah oleh adindaptrarn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viqririatra dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ngerasa Udah Berlebihan Pake Sosmed? Nih, Biar Cara Gak Jadi Toxic!
17-06-2021 08:07
Wah, ane hny bk medsos setiap hari, gan..... Gimana jadinya ane, donk...... emoticon-Frown
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia