News
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
Lapor Hansip
16-06-2021 15:48

Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus sama China

 Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus sama China

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menilai China memiliki berbagai keunggulan di dunia, termasuk di sektor kesehatan.

Sebab kata Luhut, China merupakan penghasil obat-obatan terbesar di dunia yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, dia meminta agar keakraban antara Indonesia dan China tak perlu dipersoalkan.

"Kita juga jangan marah-marah terus sama China itu. Ternyata dua per tiga obat-obat dunia itu diproduksi di China. Apa yang namanya MIT, Harvard, namanya gel segala macam itu pesannya juga ke China," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Bakal Kena PPN Sembako, Ini Perbandingan Harga Beras Shirataki dengan Rojolele

"Jadi kita sendiri kadang-kadang merasa bahwa China ini (negara) kelas dua, (ternyata) tidak. Karena itu sudah masuk pada high end sekarang," kata dia.


Dengan menjalin keakraban dengan China, Indonesia dinilai akan mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya dalam hal transfer teknologi, mendapatkan bahan baku obat-obatan dengan mudah, serta menambah nilai investasi.


"Kebetulan hubungan kita dengan mereka sangat baik. Kita manfaatkan itu teknologi transfer, mereka investasi ke kita sehingga bahan baku dasar obat itu kita dapat," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia memperkuat hubungan dengan pemerintah China. Hal ditandai dengan disepakatinya sejumlah hal dalam kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke China pada Sabtu (5/6/2021).

Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan strategi penanganan kasus Covid-19, kepada para Epidemiologi secara virtual, Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Dalam kesempatan itu Luhut menghadiri acara Tete-a-Tete (pertemuan antara dua orang) yang diikuti dengan penandatanganan MoU Establishing a High Level Dialogue and Cooperation Mechanism bersama Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

Penandatanganan nota kesepahaman itu secara resmi menandai pembentukan High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) antar kedua negara. Luhut dan Wang Yi pun bertindak sebagai Co-Chair HDCM.

Melalui keterangan resminya, Luhut menyatakan, Indonesia dan China sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi perkembangan kondisi global, isu-isu strategis, serta tantangan global.

Beberapa topik strategis kedua negara dibahas, mulai dari politik dan keamanan, kesehatan, sinergi dan strategi pengembangan proyek kerja sama prioritas, perdagangan dan ekonomi, investasi, serta maritim dan aeronautika.

https://money.kompas.com/read/2021/0...rus-sama-china
profile-picture
aqua600ml memberi reputasi
-1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus sama China
16-06-2021 16:01
Ane gk marah ame mengleng. Ane marah ame ente hut. Soalnya semakin ente deket ame mengleng. Maka ente semakin kaya. Yg laen gak kebagian kaya krn ente udh kuasai semuanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
profile picture
kaskus maniac
16-06-2021 16:11
komen ente bikin emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia